Mungkin ada diantara anda bertanya: “Apa yang harus saya tulis di iklan saya supaya menarik minat pembeli?”
Ada 2 hal yang harus diperhatikan. Yaitu Headline dan Story Telling.
HEADLINE
Kunci dari iklan adalah terdapat headline di dalamnya. Yaitu berupa kalimat utama yang akan membuat target tertarik dan membaca kalimat berikutnya.
Target akan memikirkan sebuah produk dari BENEFIT yang dihasilkan dari MASALAH yang ditemukan.
Maka masukkan hal tersebut ke dalam headline yang anda buat.
Kata-kata yang bermakna BENEFIT:
Lezat, Kaya, Enak, Cantik, Laris, Pandai, Mewah, Hebat, Unik, Gak pasaran, Awet, Bebas, Multifungsi, Tampil Beda, Kelebihan, Fashionable dll.
Kata-kata yang bermakna MASALAH:
Ragu, Gak laku, Sepi, Kucel, Miskin, Gak Pede,Mudah Rusak, Basi, Gagal, dll.
Berikutnya Anda harus memasukkan PUNCHLINE didalamya. Sebuah frase yang membuat penekanan pada Headline sehingga target menjadi lebih ingin mengetahui lebih lanjut produk Anda. Penulisan punchline bisa menggunakan huruf capital.
Contoh PUNCHLINE:
WOW!, Sempurna, Kapan Lagi, Terbatas, Jangan samapai ketinggalan, Heboh, Pertama kalinya,
Praktis, Diskon, Untung besar. Luar Biasa, Penting, Satu-satunya, Hanya, Dijamin dll
Contoh HEADLINE:
“PERTAMA KALI hadir di Indonesia, tampil CANTIK dengan accessories local kualitas Internasional. Yuk Add BBM aku sis xx23445”
“Rasa ENAK gak ada duanya.Risol Moncrot DIJAMIN pengen nambah terusss.”
STORY TELLING
Social media menyukai cerita. Cerita yang menarik berpotensi viral. Tersebar rata kemudian menjadi
tren. Itulah mengapa baik di Facebook ataupun Twitter ada istilah Trending Topic.
Begitupun dengan iklan. Sebuah survey oleh Adobe (tahun 2012) menyatakan bahwa 74% responden menyukai sajian iklan yang berisikan cerita (storytelling) ketimbang iklan yang terus terang membujuk untuk membeli.
Story telling ini dapat anda terapkan ketika anda beriklan di Facebook dengan ‘Page Post Engagment.’
Kapasitas karakter dengan jumlah yang banyak dapat membuat ada membuat narasi lebih panjang dari pada di Twitter.
Masukkan beberapa hal berikut di narasi story telling anda:
1. Headline
2. Benefit Produk/Jasa apa yang anda jual.
3. Siapa dan bagaimana reputasi online shop Anda.
4. Call to Action
5. Kontak
Contoh
Untuk memudahkan membuat iklan di Facebook bisa ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) timeline Fanpage Lazada Indonesia (fb.com/LazadaID).
- Blogger Comment
- Facebook Comment
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 comments:
Post a Comment