Cara Cerdas Jualan di Facebook

Tidak semua barang dagangan dapat dijual dengan metode ini, karena konsumen yang akan kita bidik adalah konsumen yang masih awam sekali dengan jual beli online. Bahkan anda nantinya akan banyak menemui calon-calon konsumen yang belum pernah sama sekali melakukan pembelian secara online.
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan barang dagangan :

1. “Buat apa beli barang secara online kalau bisa beli di toko sebelah”
Carilah barang yang benar-benar jarang dijual di toko-toko konvensional, karena nanti para calon pembeli anda mempunyai pola pikir “buat apa beli barang secara online kalau bisa beli di toko sebelah”. Misal, anda berjualan kaos atau sepatu KW dengan design yang biasa-biasa saja, dapat dipastikan barang anda tidak akan laku satu pun karena calon pembeli yang anda bidik dapat membelinya di dekat rumah, bisa mencobanya sebelum membeli dan langsung mendapatkan barang setelah membayar. Perlu diingat bahwa salah satu faktor yang mendorong orang Indonesia untuk membeli barang secara online adalah karena barang yang diinginkan tersebut tidak dapat dibeli di toko-toko terdekat.

2. Harga
Pilihlah barang yang memiliki harga jual yang sesuai dengan calon pembeli yang akan kita bidik dengan metode ini. Misal, anda akan berjualan jam tangan dengan harga 800 ribu ke atas, dapat dipastikan barang dagangan anda tidak akan laku. Kenapa? Pertama karena calon pembeli yang nantinya kita bidik adalah golongan ekonomi menengah dan kedua karena hanya sedikit sekali orang Indonesia yang mau mengeluarkan uang senilai 800 ribu rupiah hanya untuk sebuah jam tangan. Maka dari itu, carilah barang dengan harga yang sesuai dengan calon pembeli, sebagai contoh anda ingin menjual sepatu, maka sepatu yang tepat adalah sepatu yang memiliki harga antara 100 ribu hingga 300 ribu.

3. Berat dan volume barang
Perhatikan berat dan volume barang yang akan anda jual, karena semakin berat atau pun besar barang dagangan anda tentu ongkos kirim akan semakin mahal. Ingat calon pembeli anda nantinya adalah orang yang awam dalam membeli barang secara online, mereka akan membatalkan niat untuk membeli barang dari anda bila ongkos kirimnya terlalu mahal.

Hal yang harus dipersiapkan….
Cuma satu hal yang harus dipersiakan, yaitu akun facebook. Anda dapat menggunakan akun facebook pribadi anda sendiri atau pun membuat sebuah akun baru. Namun yang perlu anda ingat adalah calon pembeli akan selalu memeriksa informasi dari akun facebook anda sebelum melakukan pembelian.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan akun facebook yang akan anda gunakan untuk berjualan :
1. Gunakan foto profil anda sendiri atau paling tidak foto profil seseorang. Hindari menggunakan gambar kartun atau pun foto artis sebagai foto profil akun facebook anda, hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan dari calon pembeli.
2. Memiliki beberapa foto diri yang diupload sehingga akun facebook nampak natural, sekali lagi jangan mengupload foto-foto artis ke dalam album facebook anda.
3. Isi profil dengan lengkap, hal ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli.
4. Memiliki banyak teman. Bagi anda yang akan memulai berjualan dengan membuat akun facebook baru, hal ini harus diperhatikan. Akun facebook yang tidak memiliki teman atau memiliki teman namun hanya sedikit, sangat tidak dipercaya calon pembeli, mereka akan beranggapan bahwa akun tersebut merupakan akun palsu yang dibuat secara sengaja untuk melakukan penipuan.
Empat hal di atas wajib terpenuhi sebelum anda memulai berjualan, akan sangat percuma bila anda memiliki barang dagangan yang bagus namun tidak dapat membuat para calon pembeli memiliki rasa percaya kepada anda. Saran saya, gunakan akun facebook pribadi anda, kalau mau jualan jujur kenapa harus takut.

Ini lah metodenya….
Sebenarnya sangat simpel, kita hanya akan memanfaatkan grup jual beli kedaerahan di facebook yang memiliki anggota hingga ribuan. Saat ini hampir setiap kota di Indonesia mempunyai grup jual beli sendiri, mulai dari Jakarta hingga kota-kota seperti Purwokerto. Para anggotanya pun sangat aktif, bahkan dapat saya katakan group-group tersebut lebih ramai dan potensial dari pada kaskus maupun tokobagus. Kenapa saya katakan demikian, karena tidak semua orang mengenal dan memiliki akun kaskus atau pun tokobagus, namun dapat dipastikan hampir semua orang kini memiliki akun facebook dan sebagian lagi bergabung dalam grup jual beli tersebut.
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah bergabung ke dalam grup-grup tersebut satu per satu. Pilihlah grup yang memiliki anggota minimal 3000. Berikut ini cara bagaimana mencari dan kemudian bergabung ke dalam grup jual beli yang memiliki banyak anggota.
1. Buatlah daftar kota yang menurut anda memiliki prospek bagus untuk berjualan dan kemudian buka akun facebook anda. Lakukan pencarian dengan kata kunci “jual beli (kota yang anda inginkan)” semisal saya akan mencari grup jual beli di kota Samarinda maka saya akan menggunakan kata kunci “jual beli samarinda”. Ketik kata kunci tersebut lalu klik di See more result untuk menampilkan hasil yang lebih banyak.

Cara Cerdas Jualan di Facebook
2. Kemudian pindah ke tab grup agar hasil pencarian hanya berupa grup saja. Setelah muncul hasilnya, pilih grup yang sesuai dan memiliki jumlah anggota yang lebih dari 3000.
Cara Cerdas Jualan di Facebook
3. Kunjungi grupnya lalu, catat nama grup dan URLnya, dan join group. Pencatatan nama grup dan URL akan mempermudah kerja selanjutnya, baik untuk memantau barang dagangan maupun untuk menandai grup mana saja yang sudah dikunjungi. Langkah selanjutnya adalah menunggu anda disetujui oleh admin untuk masuk ke dalam grup tersebut.
Cara Cerdas Jualan di Facebook
Gabunglah ke dalam grup jual beli kedaerahan sebanyak mungkin. Apabila satu grup memiliki 3000 anggota saja dan anda bergabung ke 20 grup, sudah beberapa calon konsumen yang mengetahui produk anda.
Setelah disetujui masuk ke grup, proses selanjutnya adalah memposting barang dagangan anda dan rutin melakukan sundulan, misal sehari dua kali dijam-jam premium. Sedikit tips, buat satu lagi akun facebook yang gunanya untuk melakukan like di setiap postingan barang dagangan anda, hal ini dimaksudkan agar anda tidak sulit mencari postingan barang dagangan, tinggal masuk notifications dan cari pemberitahuan like yang dilakukan oleh akun lain anda tersebut.
Cara Cerdas Jualan di Facebook
Perlu diingat….
Ada beberapa hal yang perlu diingat saat anda sudah mulai berjualan di grup jual beli kedaerahan.
1. Jangan nyepam atau pun ngejunk, cukup posting sekali saja pada setiap grup dan kemudian lakukan sundulan. Sundulan pun jangan terlalu sering cukup dua atau tiga kali sehari saja yang penting lakukan sundulan pada jam-jam premium.
2. Jawab pertanyaan pembeli dengan sabar, biasanya para calon pembeli akan banyak sekali bertanya sebelum membeli bahkan setelah banyak bertanya ada yang tidak jadi membeli. Tanggapi saja dengan sabar.
3. Respon pertanyaan secepat mungkin.
Penutup…
Lakukan secara konsisten, bila belum ada pembeli dalam beberapa hari jangan begitu saja menyerah. Kesimpulannya, bila anda sudah menerapkan cara dalam artikel ini, namun masih belum ada saja pembeli berarti anda salah dalam memilih barang dagangan.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment