Sebelum membahas segudang teknik ampuh untuk meledakkan omset bisnis Anda, ada baiknya Anda terlebih dahulu memikirkan alasan dibalik pentingnya aktivitas jualan.
Saya yakin, setiap orang ingin rezekinya mengalir deras. Tapi sayang, tidak banyak dari mereka yang mau bekerja keras. Banyak pengusaha yang ingin bisnisnya jalan. Sayang, mereka tidak suka jualan. Hoaaamm... Cape dech...
Salah satu penyakit yang membuat pengusaha gagal kaya adalah ALERGI JUALAN. Kebanyakan dari mereka malas kalau sudah diminta untuk menjual sesuatu. Alhasil, kalau sifat ini tetap dipertahankan, wajar saja bisnisnya tidak bertahan lama dan cepat bangkrut. Boro-boro kaya, yang ada malah merana.
Coba Anda bayangkan, seandainya Anda sudah memiliki karyawan yang berkualitas, sistem operasional yang handal, dibantu tenaga akuntan yang bagus, namun tim penjualan Anda loyo, apa yang bakal terjadi pada sumber daya Anda yang hebat itu?
- SDM berkualitas nganggur karena tidak ada yang bisa dikerjakan
- Operasional melamun bosan, bingung apa yang mau diatur dan diselesaikan
- Bagian keuangan hanya bisa pasrah sambil jantungnya dag-dig-dug karena setiap harinya hanya menghitung di bagian pengeluaran saja, tanpa ada pemasukan
Berbeda halnya jika Anda suka jualan dan penjualannya laris manis tanjung kimpul...
- SDM berkualitas diberdayakan maksimal sehingga mereka terus tumbuh seiring dengan tantangan pekerjaan baru
- Operasional sibuk bekerja, menguji sistem yang telah dibuat serta mecari pola kerja paling efektif dan efisien
- Bagian keuangan juga ikut sibuk dalam membuat laporan yang terstruktur, mudah dipahami serta mampu menganalisa kebocoran-kebocoran arus kas perusahaan
Masih mau Alergi Jualan? Udah tahu kan risikonya?
Bukan rahasia lagi bahwa uang dari sebuah perusahaan datang karena aktivitas jualan. Masih belum yakin?
Begini... Ada 4 pilar utama dalam bisnis, yaitu:
1. Pemasaran (Marketing & Sales)
2. Sumber Daya Manusia (SDM)
3. Keuangan
4. Operasional
Menurut Anda, dari keempat pilar tersebut, pilar manakah yang dapat menghasilkan uang?
- Apakah saat SDM melakukan perekrutan dan pembinaan karyawan?
- Apakah saat Operasioanal membuat produk?
- Apakah saat bagian Keuangan membuat laporan keuangan?
Perusahaan bisa terus hidup jika ada CASH, alias Duit. Hal itu bisa terwujud saat terjadi penjualan. Perlu Anda ketahui, dalam bisnis Cash is a Blood (Darah). Apa akibatnya jika tubuh Anda kekurangan darah? Lemes, pucat, dan tidak bergairah bukan? Apalagi kalau sudah kehabisan darah? Matilah sudah... Begitu pula dalam bisnis.
Begitu pentingnya penjualan untuk menggerakkan pilar-pilar lain dalam sebuah bisnis. Sadarilah, uang datang karena aktivitas jualan, bukan hanya duduk diam menunggu pelanggan.
0 comments:
Post a Comment