Penargetan Untuk Facebook Ads

Penargetan Untuk Facebook Ads

Banyak orang kesusahan dalam penargetan untuk produknya, padahal banyak yang bisa kita explorer.
Tidak hanya terhadap interest-interest yang berhubungan langsung, tapi juga berhubungan tidak langsung.
Tidak hanya terhadap demografi yang langsung menjadi sasaran, tapi juga demografi yang berhubungan tidak langsung.

jadi intinya disini adalah....
Ada 2 yang bisa kita explorer untuk penargetan, yaitu :
INTEREST
DEMOGRAFI (Jenis Kelamin, Umur, Status, slll)
Dan masing-masing, ada 2 bagian yang kita targetkan yaitu :
Sasaran yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Sasaran yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Mari kita bongkar satu persatu..
Penargetan berdasarkan INTEREST

Interest yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Ini maksudnya interest-interest yang kita masukkan itu terkait langsung dengan produk yang kita jual. Semua yang terkait langsung bisa jadi pilihan. Beberapa diantaranya adalah :
Interest tentang produk
Interest merk produk sejenis
Interest jenis-jenis produk turunan
Interest tempat2 yang berhubungan dengan produk
Interest siapa yang membutuhkan produk
Interest yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Kalau ini maksudnya, interest-interest yang kita masukkan itu jika digunakan atau dibeli, maka akan menunjang / mendukung atau menambah pengaruh dengan membeli produk yang kita jual. Beberapa diantaranya adalah :
Interest tentang produk pendukung
Interest tentang merk produk pendukung
Penargetan Berdasarkan DEMOGRAFI

Target yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Ini maksudnya, market yang akan mempergunakan atau benar-benar memerlukan produk yang kita jual.
Target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk

Dan kalau ini maksudnya adalah market yang tidak membutuhkannya secara langsung tapi bisa membelinya untuk orang lain. Bisa karena hubungan keluarga, bisa karena hubungan cinta, bisa juga karena hubungan pertemanan.

Ambil Contoh
Biar menjadi jelas, saya kasih contoh jika yang dijual itu adalah produk KOSMETIK. Dari keterangan2 diatas, maka penentuan interest masing-masing jenis dapat kita buat seperti ini :
Interest yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk :
- Interest tentang produk  
  kosmetik, kecantikan, perawatan diri, salon kecantikan, skin care, beauty care,  
  pemutih kulit, dll
- Interest merk produk sejenis 
  Lore'al, Garnier, Pond's, Revlon, Olay, Maybelline, MAC Cosmetik dll

- Interest jenis-jenis produk turunan 
  Toner, Mascara, Lotion, Cleanser, Moisturizer, Lipstik, Wringkle, dll 

- Interest tempat2 yang berhubungan dengan produk 
  Natasha Skin Care, Sariayu Martha Tilaar, Facial Care Centre, dll

- Interest siapa yang membutuhkan produk  
  Pekerjaan yang memakai kosmetik : sales / marketing, sekretaris, administrasi  

Interest yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk :
- Interest tentang produk pendukung 
  jilbab, tas, sepatu, baju, kacamata, soft lens, parfum, dll

- Interest tentang merk produk pendukung
  Bata, Gucci, Luis Vitton, Armani, dll
Dan untuk target demografinya, misalkan :
Target yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Gender : Female
Age    : 22-50
Status : Menikah

Target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Hubungan keluarga (Suami)
Gender : Male
Age    : 25-60
Status : menikah

Hubungan Keluarga (Ibu)
Gender : Female
Age    : 45+
Tapi  yang perlu diperhatikan disini adalah :
TARGET yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk, harus diikuti dengan INTEREST2 yang BERHUBUNGAN LANGSUNG atau TIDAK LANGSUNG dengan produk tersebut.
Untuk target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk, tidak ada keharusan.
Gimana, udah mulai tercerahkan?

Apa yang saya sampaikan disini hanya contoh-contoh saja, silahkan teman-teman coba dengan produk yang teman-teman jual. Bisa jadi nanti malah teman-teman akan menemukan klasifikasi interest yang berbeda. :)
Terus bagaimana dari interest-interest yang sudah didapatkan untuk diletakkan dalam sebuah iklan di Facebook Ads?

Nanti akan saya buatkan di lain waktu... Ngeliat dulu tanggapan teman2 soal note ini :)
Kalau banyak yang suka, semangat saya untuk buatkan lebih cepat ^_^

Wassalam,

Andi Ikhrom Abi-ny Imam
Founder RevToCBBlueprint.com dan FBtoCBBlueprint(dot)com (Tunggu Updatenya)
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment