30 teknik jualan laris 4

9. SURPRISE
‚BERIKANLAH KEJUTAN KEPADA CALON PEMBELI ANDA. MEREKA PASTI SUKA‛
Ketika calon pembeli sudah terlihat ciri-ciri siap untuk diclosing, coba beri mereka sesuatu yang tak terduga di luar ekspektasi mereka. Kasih mereka 'Surprise' yang menyenangkan, bisa berupa HADIAH atau BONUS Spesial. Buat mereka berkata dalam hatinya: "Wah, asyik nih.. Saya harus beli ini sekarang".
Misalnya...
 “Khusus bapak, kalau memang serius mau beli Motornya, GRATIS helm dan jas hujan senilai Rp 500.000. Asyik?”
 “Khusus untuk Anda, Saya akan memberikan Powerbank secara GRATIS! Tolong jangan cerita ke yang lain ya…”
 “Saya akan kasih ekstra baterai untuk setiap pembelian Blackberry tipe xxxx...”
 “Karena mba sudah jadi customer kami, untuk pembelian berikutnya FREE Ongkos kirim deh…”
 “Karena ibu sering belanja disini, kami akan berikan sesuatu Khusus untuk ibu…”
 “Pak Budi ini orang spesial bagi perusahaan kami. Saya akan berikan BONUS Spesial khusus untuk bapak…”
Teknik SURPRISE ini akan membuat rasa bahagia kepada calon pembeli. Rumusnya sebenarnya sangat sederhana:
BAHAGIA = EKSPEKTASI + 1
Ketika mereka mau beli, mereka punya ekspektasi. Tugas Anda adalah menambahkan satu hal sederhana yang membuatnya semakin bahagia. Efeknya kalau sudah bahagia, bisa menyebabkan Viral, WOMM (Word of Mouth Marketing), ngomong kemana-mana, dan lain-lain.
30 teknik jualan laris
Ingat, tujuan Anda saat jualan tidak hanya Closing, tapi juga memastikan pembeli balik lagi dan mereferensikan produk Anda ke teman-temannya. Karena itu Anda perlu memuaskan dan MEMBAHAGIAKAN mereka yang sudah jadi customer Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik ini.

10. ABC
‚TEMUKAN APA YANG MENJADI KEBUTUHANNYA, KEMAS DALAM BENTUK PENAWARAN‛
Apa itu ABC?
ABC adalah singkatan dari Always Be Closing (Selalu Closing). Namun dalam teknik ini, Saya menggunakan istilah lain, yaitu Apa Butuhnya Customer.

Pada prinsipnya, teknik ini memanfaatkan kebutuhan dasar dari pria dan wanita saat membeli sesuatu. Adapun kebutuhan mereka adalah sebagai berikut...
 Pria
Ingin diterima
Butuh pengakuan
Butuh kekaguman
Butuh kepercayaan
Butuh motivasi
Butuh penghargaan
 Wanita
Butuh pengertian
Butuh perhatian
Butuh kesetiaan
Butuh penghormatan
Butuh pembenaran
Butuh jaminan
Teknik ABC ini akan membantu Anda saat menjelaskan kepada calon pembeli mengenai produk yang Anda tawarkan. Misalnya ketika Anda menjual produk ke calon pembeli pria, katakanlah bahwa Anda kagum kepadanya. Sering-seringlah berkata, “Wah Anda memang Dahsyat..!”, “Saya kagum sama Bapak”, “Anda ini orang LUAR BIASA!!...”, dan lain-lain. Atau ketika Anda menjual ke calon pembeli wanita, berikanlah perhatian khusus kepadanya. Spesialkan mereka. Sering-seringlah berkata, ”Saya mengerti perasaan ibu...”, “Ibu terlihat lebih cantik dengan jilbab ini...”, “Produk ini dijamin tahan lama bu...”, dan lain-lain.
Coba hafalkan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Jika Anda sudah menghafalkannya dan mempraktikkannya, maka hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dasar calon pembeli saat Anda jualan kepada mereka.

11.UBAH KATA
‚KATA-KATA AKAN MENGGERAKAN HATI CALON PEMBELI UNTUK MENGELUARKAN UANG DAN MEMBELI PRODUK ANDA‛
30 teknik jualan laris
Walaupun kata-kata hanya memiliki 7% pengaruh saat berkomunikasi, tapi kata-katalah yang akan menggerakkan hati calon pembeli untuk mengeluarkan uangnya dan membeli produk Anda. Apalagi jika Anda jualannya menggunakan media, alias Online, maka teknik UBAH KATA akan sangat POWERFUL untuk menghasilkan sebuah penjualan.
Mulai sekarang, ubahlah kata-kata yang Anda gunakan saat menawarkan dan menjual prroduk Anda. Misalnya...
Harga  Investasi
Murah  Terjangkau
Bonus Khusus  Bonus Spesial
Beli  Miliki
Produk  Solusi
Mahal  Tinggi
Potongan Harga  Penawaran Spesial
Menjual  Menawarkan Solusi
Penurunan Harga  Penyesuaian Harga
dan masih banyak lagi
Selain itu, hindari terlalu dominan menggunakan kata “SAYA”. Gunakanlah bahasa mereka. Ubah kata “SAYA” menjadi “ANDA”. Misalnya...
 Menurut saya, Anda akan...
Sebaiknya: Anda akan tertarik...
 Saya pasti...
Sebaiknya: Anda pasti...
 Saya akan uraikan kepada Anda sesuatu yang baru...
Sebaiknya: Hal ini pasti akan menarik Anda untuk mengetahui...
 Apa yg saya sampaikan kepada Anda adalah sebuah fakta
Sebaiknya: fakta ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda...
Disadari atau tidak, penggunakan kata “ANDA” lebih menarik hati calon pembeli dari pada penggunaan kata “SAYA”
Contoh lain yang menggunakan kata “SAYA”:
 Saya mengharapkan...
 Menurut pendapat Saya...
 Menurut Saya...
 Pengalaman saya...
Contoh penggunaan kata “ANDA”:
 Hal ini menguntungkan bagi Anda...
 Pendapat Anda....
 Pengalaman anda...
 Bagaimana menurut Anda...
 Anda tepat sekli..
 Anda akan mendapat manfaat..
Jika Anda ingin lebih mendalami teknik UBAH KATA, atau Saya sering menyebutnya dengan istilah COPYWRITING

 30 teknik jualan laris 5
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment