Cara Dahsyat Berjualan di Facebook Untuk Pemula (2)

4. Mengkonversi Silent Reader Jadi Buyer

Bagaimana caranya membuat silent reader menjadi buyer?
Tidak sedikit saya melihat orang yang berjualan online: Jual Mahal, Cuek, Judes, Kurang menanggapi /merespons komentar orang-orang di statusnya dan mengharapkan bahwa dengan membuat Status Promosi dia langsung dapat transferan orang beli produk atau jasanya…
ITU SALAH bukan berarti saya menyalahkan orang yang bersikap seperti itu, Itu hak mereka, tetapi bisnis mereka akan sulit menjangkau lebih banyak orang.

Baik di bisnis Offline maupun Online, kita perlu memiliki Seni dalam Membina Hubungan dengan Orang
Bagaimana orang bisa lebih mengenal kita jika kita sendiri Jual Mahal… Seringkali orang beli bukan karena memang sedang butuh produk tersebut, tetapi karena suka dengan Cara Anda dalam bertutur kata, bersikap dan berperilaku di Facebook.

Bagaimana cara Membina Hubungan di Facebook ?
Nah disini saya bukan menyampaikan tentang Aturan Baku dalam bertata karma di Facebook, saya hanya sharing apa yang saya lakukan dalam membina hubungan dengan teman-teman Facebook saya. Sehingga bukan hanya menjadi buyer bagi produk dan jasa saya, tetapi juga menjadi pelanggan loyal.

PERCAYALAH:
Meskipun Anda belum pernah kopi darat dengan Teman Facebook Anda, tapi jika Anda sudah begitu akrab dengan mereka, mereka ga akan keberatan untuk membeli, join atau menerima apapun penawaran dari Anda meskipun Anda menawarkan produk atau jasa yang berbeda.

Itu Artinya Anda sudah memenangkan hatinya…
Ini bukan hanya berlaku di dunia online tetapi juga berlaku di dunia offline. Anda akan menemukan orang yang akan ikut apapun kegiatan bisnis yang Anda lakukan. Karena mereka sudah benar-benar TRUST kepada Anda.

Apa yang saya lakukan?
Ini hanya hal-hal yang sederhana, karena dulu saya sangat suka buku-bukunya Dale Carnegie dan buku-buku lain tentang “Seni Membina Hubungan” maka beberapa prinsip-prinsipnya saya terapkan di bisnis Online dalam membina hubungan dengan pelanggan saya. Salah satu prinsip yang saya gunakan adalah:
“Pada dasarnya manusia suka diperhatikan dan dihargai”

Bagaimana bentuk aplikasinya di Facebook ?
Berikut contoh-contoh penerapannya:
1. Anda pasti sering melihat notifikasi dari status-status Anda.
Dimana akan ada orang yang selalu Like status Anda (mungkin sesekali dia berkomentar)=> Nah sesekali kunjungi statusnya. Berikan Like atau kalau bisa komentar. Jika Anda benar-benar sudah melakukan branding dengan tepat, komentar yang Anda berikan akan memberi makna yang lebih buat dia… Rasanya seperti dibalas mention oleh Artis Pujaannya… hehehe Lebay ya.. Tapi coba aja, nanti lihat perbedaannya :D

2. FAST RESPON
Fast Respon adalah salah satu kunci larisnya bisnis online Anda. Jika Anda dapat comment atau chat dari teman FB Anda apalagi berkaitan dengan produk Anda, segera balas. Jangan sampai tertunda lama. Apalagi sampai lupa membalasanya. Kadangkala karena kita lambat merespon, si calon buyer akhirnya mengurungkan niatnya untuk membeli.

3. Berikan Solusi
Seringkali ketika kita membuat status sharing tentang Tips-Tips, mereka kemudian menanyakan hal yang lebih detail berkaitan dengan tips tersebut baik melalui chat maupun komentar.
=> Jawablah sebisa Anda dan berikan solusi terhadap pertanyaannya. Anda bisa minta bantuan mbah Google jika merrasa kesulitan menjawabnya :D
Mungkin solusinya bukan tentang produk Anda. Ga Masalah…
Anda sedang menanam benih respek saat itu yang akan memberikan buah yang sangat lezat di kemudian hari

4. Berikan Perhatian lebih untuk Pembeli Anda
Jika Silent Reader pun Anda perhatikan, apalagi dengan Orang yang sudah membeli Produk atau Jasa Anda. Lakukan chating, meski hanya sekadar say hello. Lakukan like dan comment di status mereka sebagai support terhadap aktivitas yang mereka lakukan.

5. Kirimkan status ucapan selamat ulang tahun kepada orang yang sering berinteraksi dengan Anda. Anda bisa lihat di bagian kanan atas FB, siapa teman Anda yang hari ini sedang berulang tahun. Kirim ucapan yang berbeda dengan lainnya. Tambahkan gambar-gambar yang menarik atau semakin mencerminkan diri mereka semakin baik.

6. Hindari membuat status atau berkomentar di status yang mudah memicu kontroversi. Hal ini akan membuat beberapa orang yang awalnya respek dengan Anda tiba-tiba menjadi Haters. Saya bukan membatasi Anda dalam berinteraksi di FB, tetapi jika Anda menggunakan Akun FB itu untuk membangun bisnis, maka hindarilah hal-hal yang memicu kontroversi. Lebih baik Anda melakukannya di FB pribadi Anda, bukan di Akun bisnis Anda.

JANGAN LUPA UNTUK MEMPOSTING STATUS TESTIMONI
Kalau hal ini saya yakin Anda sudah sering melakukannya :D
Posting testimony, gambar pengiriman produk, atau hal-hal yang bisa meningkatkan Trust orang terhadap bisnis Anda.
“Tidak Ada bentuk promosi yang lebih baik selain menunjukkan BUKTI aktivitas bisnis kita.”

Cara Dahsyat Berjualan di Facebook Untuk Pemula
Cara Dahsyat Berjualan di Facebook Untuk Pemula

5. Meniru Strategi Kompetitor yang Berhasil
Sebagai seorang pebisnis, kita perlu memiliki figure/ panutan orang yang sudah berhasil di bidang Anda.
Karena orang yang sukses selalu memiliki pola pakem dalam menjalankan bisnisnya. Melalui Facebook, Anda perlu segera menemukan figure tersebut dan bagaimana dia menjalankan businessnya. Jika dia menggunakan FB Ads, Anda perlu segera temukan Fanpage-nya. Bagaimana bentuk iklan yang dia buat, dari segi angle, cara dia menghandle calon buyer, dll.

Jika dia menggunakan Akun FB Personal, Anda perlu segera Add Friend agar tidak ketinggalan aktivitas bisnis yang dia lakukan. Bagaimana cara dia membuat sebuah status yang menarik, Bagaimana jenis posting status yang dia buat dll. Begitu juga jika dia menggunakan Twitter untuk mendukung bisnisnya.

Jika dia menggunakan List Building, Anda perlu menjadi subscriber dia. Selain mendapat materinya, Anda juga mempelajari bagaimana teknik penulisan emailnya, bagaimana cara dia mem-follow up melalui email,
bagaimana cara dia mengumpulkan list dll.

Saya pribadi saat ini juga sedang menekuni List Building. Saya banyak berlangganan newsletter para Master List Building. Itu adalah cara belajar langsung dari Case-nya. Dari situ saya dapat banyak referensi strategi tentang List Building Jika dia menggunakan BBM Marketing, Anda bisa invite BBMnya dan pura-pura menjadi pembelinya. Tanya ini Tanya itu, dari sini Anda bisa melihat bagaimana sistem CS BBMnya menghandle pembeli dan kecepatan responnya. Jika Anda sudah tahu channel promosi apa yang dia pakai dan itu Works, segera Amati –Tiru- dan Praktekkan…

Nah Bagaimana jika saya belum menemukan Figure/ panutan untuk meniru strateginya? Anda bisa cari di Facebook. Manfaatkan kolom pencarian di Facebook Misal: Disini saya menjual Produk Pelangsing
Di Tabs Posts, Anda akan menemukan Akun-akun FB Personal yang berkaitan dengan keyword yang
Anda masukkan. Anda juga bisa pilih Tab Pages untuk mencari Fanpage yang ramai. Tolak ukurnya disini adalah dari jumlah Like, Comment, Share di statusnya. Terutama dari Commentnya, Anda bisa melihat seberapa kualitas figure tersebut. Setelah itu segera Amati – Tiru cara berbisnisnya dan Praktekkan di Bisnis Anda
Cara Dahsyat Berjualan di Facebook Untuk Pemula
6. Memastikan Promosi Anda dilihat Banyak Orang
Biasanya jika kita membuat status promosi, Like,Comment dan Sharenya sedikit…. Beda dengan ketika kita membuat status Sharing.

Jika sudah begitu bisa dipastikan view-nya sedikit. Anda perlu membuat viralitas untuk meningkatkan Edgerank status Anda, sehingga status Anda bisa terus nongol di Newsfeed banyak orang tanpa menggunakan FB Ads. Caranya dengan melakukan Bump Thread Fenomena Bump Thread ini sebelumnya populer di Kaskus (Sundul gan) Jika di Facebook, status akan tersundul jika Like,Comment dan Share-nya besar. Semakin tinggi Edgerank-nya semakin lama Status Anda bertahan di newsfeed teman-teman Anda dan semakin menyebar ke banyak orang Jadi yang perlu Anda lakukan adalah Membuat Status yang besar Aktifitas Like,Comment,Share-nya. Lebih bagus lagi jika bertahan lama, bisa behari-hari.

Ini salah satu Bump Thread yang saya lakukan ketika membuka Kelas Online “Twitter Marketing Coaching” Angkatan Pertama pada bulan Februari 2015 yang lalu.

Cara Dahsyat Berjualan di Facebook Untuk Pemula
Cara Dahsyat Berjualan di Facebook Untuk Pemula
Hasilnya cukup lumayan. Dari 320 lebih peserta Twitter Marketing Coaching kemarin, Sekitar 200 peserta saya dapatkan dari hasil Bump Thread di Facebook ini. Dan ini gratis, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk Ads, saya bisa dapat 200 List hanya dari 1 status.

Bump Thread di status ini memang saya gunakan untuk memperkuat Branding saya. Saya memiliki Bisnis di bidang Jasa Optimasi Twitter dan efek setelah Coaching tersebut memberikan hasil yang cukup subur untuk bisnis saya ^_^ Dan juga efek lain dari Bump Thread tersebut adalah saya kebanjiran Add Friends.
Jumlah Friends saya langsung meningkat tajam dalam beberapa hari tersebut tanpa harus Add duluan seperti di awal tadi. Dan juga semakin memperkuat nilai brand saya di teman-teman FB saya.

Berarti kita melakukan Bump Thread bukan untuk promosi? Siapa bilang ini tidak promosi… Itu promosi tidak langsung Anda perlu bersabar untuk memetik buah yang Indah. Anda perlu berbagi dulu sebelum Anda Menjual. Jika Anda langsung menjual, orang biasanya akan enggan. Ini yang perlu Anda Hindari
Jika Anda melakukan Bump Thread, mengatakan akan menawarkan sebuah solusi, membuat orang penasaran kemudian inbox Anda, dan Anda membalas inbox dengan penawaran produk Anda (langsung Jualan), itu akan membuat mereka menjadi tidak respek kepada Anda.

Didalam benak mereka seakan-akan sudah tersugesti bahwa kalau ada Bump Thread berarti ada bagi-bagi Gratis. Meskipun di status Anda tidak menyebutkan kata Gratis. Ini akan membuat mereka enggan untuk terlibat lagi dalam Bump Thread Anda berikutnya.

Jadi yang perlu Anda siapkan adalah:
PERMEN-nya… Sesuatu Gratis yang bernilai bagi Target Market Anda. Semakin Manis permennya, itu akan berimbas positif di penjualan Anda nantinya. Jika kita melihat banyak penulis buku terkenal, sebelum mereka menerbitkan bukunya, mereka terlebih dahulu membagikan Ebook secara gratis. Jadi semacam tester perkenalan kepada Target Mereka agar mereka membeli buku barunya.

Variasi Bump Thread
Jika Anda bingung, PERMEN yang bagaimana yang akan dibagikan gratis, Anda tinggal buat sayembara.
Misalnya: Anda akan membagikan 5 buah produk unggulan Anda. Tetapi dengan syarat status tersebut mencapai 500 shares misalnya. Atau Setiap 100 shares akan Anda bagikan 1 produk dan itu akan diundi.

Maka siap-siap Anda akan mendapat serbuan Add Friends dari banyak orang dan tentunya status tersebut bakal nongol selama berhari-hari di newsfeed ribuan orang, Tanpa Iklan Lho… Sedaaappp??? ^_^

Sebenarnya saya masih ingin membahas lebih banyak lagi, Tetapi melihat Ebook ini sudah cukup panjang , saya memutuskan untuk membahasnya di kemudian hari dalam materi updates yang akan saya kirim melalui email. Jadi jangan ketinggalan melihatnya email-email dari saya yah…
Okay,
Sekarang kita masuk dalam Kesimpulan dari Ebook “Trik Jitu Jualan dengan Facebook” ini.

Dalam berjualan / berbisnis online di FB Personal kita, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan:
1. Melakukan setting dasar di akun FB Anda untuk memastikan status Anda bisa cepatterviral / menyebar ke lebih banyak orang
2. Lakukan Add Friends tertarget, ini akan memudahkan aktivitas bisnis Anda. Penjualan
akan lebih mudah dan cepat Anda lakukan, jika Friends Anda tertarget dan sedang
“Lapar”.
3. Jika sudah memiliki banyak Friends yang Tertarget, lakukanlah branding dengan membuat status
status Tips / informasi yang meyakinkan mereka bahwa Anda Expert di bidang tersebut dan layak untuk menjadi Seller yang dipercaya mereka.
4. Tidak hanya di Bisnis Offline, cara berperilaku kita juga berpengaruh besar di bisnis Online.
Bagaimana cara kita membuat status, berkomentar, membalas chatting, akan semakin memunculkan buyer-buyer baru yang selama ini hanya menjadi silent reader Anda.
5. Anda membutuhkan sebuah figure / panutan / contoh yang perlu Anda tiru dalam bisnis Anda. Cari
segera Figure tersebut di Facebook dan segera temukan channel promosi apa yang dia pakai. Pelajari
cara berbisnisnya. Segera Amati-Tiru dan Praktekkan….
6. Membuat Status yang memiliki Edgerank yang tinggi / Viral, sangat menguntungkan kita. Itu membuat promosi kita dilihat banyak orang dalam waktu singkat, tanpa kita harus mengeluarkan biaya untuk beriklan.

Buatlah Status yang Viral dengan Bump Thread yang elegan. Itu dapat menambah jumlah Friends baru Anda dengan cepat, semakin memperkuat branding bisnis Anda dan membuat promosi Anda lebih cepat dilihat banyak orang.
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment