5 Faktor Kunci Keberhasilan Broadcast

5 Faktor Kunci Keberhasilan Broadcast

Banyak teman BB yang bertanya kepada Saya, “Coach, gimana sih caranya supaya Broadcast kita dibaca orang? Soalnya kalau Coach Dewa yang Broadcast, Saya pasti selalu baca, bahkan Saya save di notes”. Walah segitunya…. Hihihi..

Mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti itu terlontar, membuat Saya penasaran sebenarnya apa yang membuat Broadcast Saya jadi menarik bagi orang lain. Karena penasaran, akhirnya Saya memutuskan untuk melakukan riset kecil-kecilan. Nah dari hasil riset tersebut (bukan berdasarkan data, tapi berdasarkan pengalaman),Saya menemukan bahwa ada 5 faktor kunci yang menentukan keberhasilan sebuah Broadcast.
5 Faktor kunci tersebut adalah:
 Market
 Who
 Timing
 Headline
 Copywriting
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu…

MARKET
Market yang dimaksud adalah “SIAPA TEMAN BB ANDA?”. Apakah mereka sangat targeted atau tidak. Apakah teman BB Anda adalah orang-orang yang menaruh minat pada Anda atau tidak. Karena bagaimanapun, kualitas kontak BB Anda akan berpengaruh terhadap seberapa besar % Closing dari Broadcast Anda. Semakin targeted, semakin bagus.
“Target market Anda 10x lebih penting daripada copywriting Broadcastnya itu sendiri”
Walaupun copywriting dan penawaran Anda bagus, tapi kalau orang-orang di kontak BB Anda tidak membutuhkan produk Anda, tetap saja mereka tidak akan tertarik untuk beli. Solusinya? Pastikan orang-orang yang ada di kontak BB Anda adalah target market ideal bisnis Anda.

Tips dari Saya:
 Pisahkan BB pribadi dengan BB bisnis
 Cantumkan nama pribadi Anda dalam Display Name BB bisnis Anda
 Biarkanlah orang lain yang invite pin BB Anda. Teman BB mu = Target Marketmu
 Jika Anda menggunakan jasa promote pin BB, pastikan kontak yang didapat dari jasa promote pin BB tersebut ada hubungannya dengan bisnis Anda.

WHO
Who yang dimaksud adalah “SIAPA ANDA DI MATA MEREKA?”. Sadar nggak sadar, siapa diri Anda akan sangat berpegaruh pada % Closing di setiap Broadcast Anda. Ini mengapa siapa Anda di mata mereka menjadi sangat penting.

Ingat, untuk bisnis skala UKM, siapa yang menjual LEBIH PENTING daripada merek produknya itu sendiri. Mereka akan beli produk Anda karena mereka merasa dekat dengan Anda. Karena ada kedekatan,
mereka percaya. Karena mereka percaya, mereka memutuskan beli ke Anda, bukan ke yang lain. Alurnya:
DEKAT - PERCAYA - BELI
Coba Anda pikirkan, apa sebenarnya yang membuat customer Anda yakin bahwa mereka harus beli ke Anda bukan ke yang lain? Jawabannya adalah KEPERCAYAAN….

Tips dari Saya:
 Empatilah pada teman BB Anda. Sering-seringlah tanya teman BB Anda, misal dengan memberikan komentar pada recent update mereka
 Jadilah orang yang positif. Berikan broadcast edukasi minimal 1 minggu sekali. Berikanlah sesuatu yang membuat mereka berpikir bahwa Anda adalah orang yang bermanfaat
 Semakin orang merasa bahwa Anda bermanfaat, semakin mereka mengecap dalam benak mereka bahwa Anda adalah orang yang positif. Semakin positif, semakin dekat, semakin percaya, dan semakin mudah untuk beli “Orang lain beli ke Anda tidak ke yang lain, semata-mata bukan karena produk Anda, melainkan karena siapa Anda di mata mereka”

TIMING
Timing disini maksudnya “WAKTU ANDA SAAT MENYEBARKAN BROADCAST”. Timing bisa dikategorikan menjadi 4 hal:
 Frekwensi : seberapa sering Anda melakukan Broadcast
 Tanggal : tanggal berapa Anda menyebarkan Broadcast
 Hari : hari apa Anda menyebarkan Broadcast
 Waktu : jam berapa Anda menyebarkan Broadcast
Walaupun target marketnya bagus, tapi timingnya tidak pas, akan sulit bagi orang lain untuk merespon Broadcast Anda.

Tips dari Saya:
 Jangan melakukan Broadcast terlalu sering. Dalam 1 bulan, lakukan Broadcast maksimal 8x. Artinya, Anda hanya memiliki kesempatan 2 hari dalam seminggu untuk menginfokan sesuatu yang sifatnya massal melalui Broadcast
 Lakukan Broadcast pada saat tanggal muda. Intinya pas target market Anda punya duit. Misalnya di pekan pertama atau pekan terakhir setiap bulannya
 Hindari menyebarkan Broadcast pada hari dimana orang-orang atau target market Anda sedang sibuk. Misal hari Sabtu malam (malam mingguan), Minggu pagi (family time), Kamis malam (yasinan), dan lain-lain
 Waktu yang Saya sarankan untuk menyebarkan Broadcast adalah jam 6, 7 pagi, dan 7,8,9 malam. Tolong jangan tanya kenapa! Panjang penjelasannya. Heheh….

HEADLINE
Headline yang dimaksud adalah “JUDUL UTAMA DALAM BROADCAST”. Jika headlinenya bagus, penjualannya pun akan bagus. Walaupun sebenarnya tujuan headline itu sendiri bukanlah untuk menjual, tapi
untuk membuat si penerima broadcast Anda “MAU BUKA”. “Headline adalah iklannya iklan Anda”

Tips dari Saya:
 Buat headline menarik, emosional, penasaran, dan atau kontroversi
 Buatlah 10 headline, dan pilihlah 1 headline terbaik yang menurut Anda benar-benar powerful
 Ujicobakan headline Anda kepada rekan atau tim bisnis Anda sebelum Anda menggunakannya dalam Broadcast Anda
 Gunakanlah pola Headline yang akan Saya berikan pada penjelasan berikutnya

COPYWRITING
Copywriting yang dimaksud adalah “ISI NASKAH BROADCAST ANDA”. Saya seringkali mendengar istilah, “Isi Broadcast itu jangan terlalu panjang, nanti orang malas bacanya!”. Apakah Anda sependapat?
Kalau Saya pribadi ditanya, Saya sangat TIDAK SETUJU! Broadcast bukanlah masalah panjang atau pendeknya. Justru, Broadcast yang panjang sering kali memberikan % Closing yang tinggi, asalkan TAHU
CARANYA.
“Broadcast bukan masalah panjang atau pendeknya, tapi masalah COPYWRITINGNYA”
Tips dari Saya:
 Tulislah Broadcast seperti Anda berbicara kepada satu orang, bukan massal
 Buatlah cerita yang menarik di setiap penawaran yang Anda berikan dalam Broadcast Anda
 Pelajari 7 Anatomi Broadcast berikut ini…


7 Anatomi Penting dalam Broadcast
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment