Teknik Promosi Shoutout for Shoutout di Instagram

Jujur saja, saat ini saya belum memiliki follower sebanyak 1M. Tiga akun saya jika semuanya dijumlah pun, totalnya paling hanya separuhnya.

Follower 3 akun saya berkisar antara 100K. Namun saya yakin, dengan teknik yang saya jabarkan di sini, memiliki follower sebanyak 1M atau 2M, bahkan 3M, hanya tinggal menunggu waktu.

Bagaimana cara mendapatkan lebih banyak follower ketika kita sudah mencapai limit following?

Ada beberapa cara. Berikut penjabarannya:

Cara #1: Shoutout for Shoutout

Shoutout for shoutout adalah metode promosi saling menguntungkan antara dua akun atau lebih. Pertama, Anda harus mempromosikan akun lain terlebih dulu (atau melakukan hal-hal yang diminta oleh akun tersebut), baru kemudian akun tersebut akan mempromosikan Anda.

Kadang Anda tak perlu melakukan shoutout, namun hanya follow sebuah akun. Setelah itu Anda diminta untuk melakukan direct message (DM) dengan satu kata: DONE, dan Anda akan mendapatkan satu shoutout.

Ada pula yang mensyaratkan Anda untuk memberi shoutout terlebih dulu. Cara untuk melakukan shoutout sangat mudah. Saya akan menjelaskan lebih rinci pada bab berikutnya. Prinsipnya, Anda mengambil screenshot pada akun yang akan Anda shoutout. Hasil screenshot tersebut akan berupa gambar. Posting gambar tersebut, beri caption menarik, dan mention akun yang Anda promosikan.

Anda tinggal melakukan DM pada akun tersebut, menjelaskan bahwa Anda sudah melakukan shoutout. Selesai. Tak berapa lama, akun tersebut akan memberi Anda shoutout balik. Mudah, bukan?

Pertama-tama, Anda HARUS mendapatkan 3.750 follower terlebih dulu (simak bab sebelumnya untuk mencapai angka ini). Pastikan akun yang akan Anda ajak “kerjasama” memiliki follower yang lebih banyak.
Tujuannya, jelas agar lebih banyak orang yang mem-follow Anda.

Sekarang lakukan pencarian pada Instagram dengan kata kunci ini:
1. #shoutoutforshoutout
2. #shoutout4shoutout
3. #shoutoutback
4. #sfs
5. #s4s

Perhatikan hasil pencarian. Cek satu per satu postingan tersebut. Lihat profil utama akun tersebut. Profil seperti di bawah ini yang kita cari:
Shoutout for Shoutout di Instagram
Untuk mendapatkan free shoutout dari akun ini, yang perlu kita lakukan adalah melakukan repost salah satu gambar, memberi like pada beberapa gambar, lalu DM dengan teks berupa S4S.

Selanjutnya, Anda harus melakukan shoutout terlebih dulu, baru kemudian akun ini akan melakukan shoutout untuk Anda.

Mungkin hal itu sedikit menghabiskan waktu. Tapi mengingat 69.9K follower yang dimiliki, saya rasa semua itu layak untuk dilakukan.

Selanjutnya, cek juga akun ini:
Instagram
Untuk mendapat free shoutout dari akun di atas, Anda harus mem-follow, memberi like pada 20 gambar, dan bersabar :D

Akun tersebut memiliki 140K follower. Jika 1%-nya saja menjadi follower kita, itu sama dengan tambahan sebesar 1.400 follower. Sudah mulai antusias?

Sekarang, perhatikan juga akun ini:
 Teknik Promosi Shoutout for Shoutout di Instagram

Yang perlu Anda lakukan adalah mem-follow akun ini, melakukan shoutout, mem-follow akun yang terakhir di-shoutout akun ini, melakukan like untuk 3 gambar, dan mengirim gambar Anda (yang ingin dijadikan
materi shoutout) melalui DM.

Sebagai catatan, postingan berupa shoutout tidak boleh menjadi postingan permanen. Artinya, dalam kurun waktu tertentu, Anda harus menghapus postingan berupa shoutout tersebut.

Seberapa lama? Tunggu sampai Anda mendapat shoutout dari akun bidikan. Jika mereka menghapus shoutout untuk Anda, itu saatnya Anda melakukan hal yang sama.

Bagaimana kalau Anda mendapat shoutout permanen? Saran saya, tetap hapus postingan shoutout untuk akun tersebut dari akun Anda. Beri waktu maksimal satu hari, lalu hapus. Cara ini akan membuat akun kita
tetap berkesan profesional.

Untuk Anda tahu, harga shoutout permanen sangat mahal. Tarifnya memang tergantung seberapa banyak follower dan tingkat engagement yang Anda miliki. Order shoutout yang sering saya terima biasanya hanya
berkisar antara 1 sampai 24 jam saja. Lewat dari itu, saya hapus shoutout tersebut, dan kembali posting seperti biasa.

Sekarang, yang perlu Anda lakukan adalah berburu akun semacam itu setiap hari. Ada begitu banyak akun semacam itu. Selain itu, Anda juga harus tetap posting konten berkualitas secara rutin. Kalau Anda
konsisten, dalam beberapa bulan saja jutaan orang siap menjadi follower Anda.

Cara #2: Buat akun khusus Shoutout
 
Ini adalah metode yang paling saya suka. Kalau pada metode pertama kita mencari akun shoutout, pada metode ini kita justru membuat akun shoutout.

Ada begitu banyak akun dengan follower sebatas ratusan yang mencari shoutout gratisan. Mereka mau melakukan apa pun yang kita minta untuk mendapat shoutout.

Bagaimana caranya?

Langkah #1: Buat E-mail Baru
Untuk membuat akun baru, jelas Anda harus membuat e-mail baru. Anda tidak bisa memakai e-mail yang sudah ada. Buat nama e-mail profesional semacam:
1. igpromotion@gmail.com
2. shoutoutpromotion@gmail.com
3. igmediapromo@gmail.com
E-mail ini nantinya bisa Anda pakai sebagai e-mail utama, ketika Anda sudah mempunyai puluhan akun. Ketika ada orang berminat membeli shoutout dari network Anda, Anda bisa cantumkan daftar akun Instagram yang Anda punya, plus harga per shoutout-nya.

Langkah #2: Buat Akun dengan kata ShoutOut
Contohnya seperti ini:
1. @shoutouts_4_every_shoutouts
2. @shouting.you
3. @picture.shoutout
4. @shoutout_account175
5. @shoutoutsgroups
Catatan, saya bukan pemilik salah satu dari kelima akun tersebut :)

Langkah #3: Buat Bio
Bio di sini berbeda dengan bio pada akun utama kita. Bio pada akun ini harus menjelaskan langkah-langkah untuk mendapatkan shoutout gratis.

Anda bisa melihat bio akun ini sebagai inspirasi:
 Teknik Promosi di Instagram
Gunakan template ini untuk bio Anda:
Free shoutout for you!
1 Follow this page
2 Follow the host page @AkunUtama
3 Comment on its last post: FINISHED
Atau Anda bisa gunakan template ini untuk bio Anda:
Want a free SHOUTOUT? Read below!

Ya, hanya sebaris kalimat tersebut sudah cukup. Informasi lebih detail bisa Anda berikan pada postingan nantinya.

Langkah #4: Pasang Profile Picture
Anda bisa memasang gambar apa pun sebagai profile picture, selama itu menarik. Anda bisa memakai logo Instagram, foto perempuan cantik, mobil mewah, anak anjing lucu, apa pun.

Alternatif lain: lakukan pencarian pada Google Images dengan kata kunci “shoutout images.” Pilih salah satu gambar (utamakan yang berbentuk persegi/kotak), dan jadikan sebagai profile picture.

Langkah #5: Mulai Posting
Mungkin Anda bertanya, “Apa yang harus diposting?”
Anda bisa posting apa pun, namun tetap usahakan seluruh postingan berada dalam satu tema, atau satu niche.

Sebagai contoh, Anda bisa posting tentang:
1. Selebriti
2. Mobil mewah
3. Rumah mewah
4. Model seksi
5. Hewan peliharaan lucu
Gunakan imajinasi Anda. Pikirkan apa yang kira-kira disukai orang banyak secara umum.

Langkah #6: Cari 500 Follower
Itu adalah jumlah minimal. Lakukan semua metode yang sudah saya jabarkan dalam e-book ini. Untuk akun baru, 500 follower harusnya bisa Anda dapatkan hanya dalam waktu kurang dari sebulan.

Prinsip yang sama masih berlaku: posting konten berkualitas, posting secara rutin, dan follow duluan orang-orang yang punya ketertarikan pada postingan kita.

Langkah #7: Mulai Umumkan ShoutOut
Langkah ini baru boleh Anda lakukan kalau Anda sudah memiliki setidaknya 500 follower.
Gunakan template gambar yang sudah saya sediakan pada folder TEMPLATES > Template Posting Shoutout.

Pilih yang Anda suka:
Promosi Shoutout for Shoutout di Instagram
Anda juga bisa membuatnya sendiri kalau Anda mau. Atau Anda bisa memakai gambar dari akun lain. Alternatif lain, coba lakukan pencarian di Google Images dengan kata kunci “shoutout images.”

Beri caption di bawah gambar tersebut. Gunakan teks berikut:
Follow @AkunUtama and comment FINISHED on its most recent post.

Beri hashtag yang berhubungan dengan shoutout. Dalam waktu singkat, follower pada akun utama Anda akan meningkat. Jangan lupakan bahwa akun shoutout ini pun akan mengalami peningkatan jumlah follower.
Langkah terakhir, Anda harus memberi shoutout pada akun yang sudah mem-follow Anda.

Langkah #8: Berikan Free Shoutout
Lihat daftar orang yang memberikan komentar “FINISHED” pada akun utama Anda. Pastikan mereka benar-benar mem-follow kedua akun Anda, bukan cuma sekadar berkomentar.

Caranya, kunjungi akun yang ingin Anda beri shoutout. Screenshot halaman tersebut. Posting hasil screenshot pada akun shoutout Anda. Beri caption seperti ini:
Follow @AkunYangAndaPromosikan. Want a free shoutout? Follow
@AkunUtama and comment FINISHED on its most recent post.


Contoh:
Follow @sexybelle. Want a free shoutout? Follow @animeguitar_
and comment FINISHED on its most recent post.

 
Catatan, @sexybelle adalah akun yang kita beri shoutout gratis, sedangkan @animeguitar_ adalah akun utama milik kita.

Beri hashtag yang relevan pada postingan itu, seperti:
1. #shoutoutforshoutout
2. #shoutout4shoutout
3. #shoutoutback
4. #sfs
5. #s4s
Buat minimal 3 akun shoutout semacam ini. Semua mengarah pada 1 akun utama Anda. Dengan melakukan ini, peluang mendapatkan ratusan ribu, bahkan jutaan follower semakin besar.

Cara #3: Membeli Shoutout

Cara terakhir ini mungkin cara yang kurang populer. Alasannya, kita membutuhkan modal. Dan modal yang dikeluarkan tidak sedikit. Namun jujur saja, di antara ketiga cara, ini adalah cara yang paling efektif.

Membeli shoutout jauh lebih efektif daripada membeli follower. Dengan membeli shoutout, follower yang kita dapatkan adalah follower aktif, real, dan tertarget. Kebalikan dengan follower yang didapat dengan membeli.

Besarnya uang yang Anda keluarkan sangat relatif, tergantung jumlah follower dan tingkat engagement akun yang Anda bidik.

Untuk mengetahui harga per shoutout, Anda bisa mengirim e-mail pada pemilik akun. E-mail untuk shoutout biasanya tercantum pada bio.

Gunakan template ini:
Hi there,
I’m interested in purchasing a shoutout for my Instagram account.
My niche is [sebutkan niche Anda]. What are your price-points?
I look forward to your reply,
Nama Anda


Tunggu beberapa saat, e-mail balasan akan datang. Biasanya e-mail tersebut berisi daftar harga, langkah-langkah membeli shoutout, dan alamat Paypal untuk melakukan pembayaran. Anda tinggal melakukan
pembayaran, dan melakukan langkah-langkah yang disebutkan.

Sebelum membeli shoutout, pastikan akun yang Anda bidik memiliki niche yang sama, dan jumlah follower jauh di atas follower Anda.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment