Membuat Artikel Yang Baik

Artikel Yang Baik

Menulis artikel, banyak orang yang cukup bingung apabila diminta untuk menuliskan sebuah artikel . Alasannya adalah karena tidak bisa mengarang kata-kata,tidak bisa berimajinasi dan lainnya. Akhirnya kebanyakan dari mereka malah stuck dan tidak memperdulikan artikel pada website yang mereka miliki. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang-orang tersebut menutup diri untuk mau belajar menuliskan sebuah artikel. “Saya kan bisa menggunakan jasa penulis artikel saja mas?”. Walaupun anda menggunakan jasa penulis, anda wajib belajar menulis artikel yang baik!. Bagaimana anda akan menilai artikel yang anda beli, “apakah artikel tersebut sudah cukup baik untuk pembaca yang datang ke website anda?”, jika anda sendiri
tidak mengetahui cara menuliskan sebuah artikel? hmm...

Pada pembahasan ini saya ingin berbagi bagaimana cara menulis artikel yang baik (tapi belum fokus pada seo). “Mengapa tidak langsung membahas penulisan artikel dengan seo yang sangat baik?”, karena saya ingin memunculkan kreatifitas anda dulu, percuma saja saya menjelaskan langkah-langkah dalam menuliskan artikel yang seo jika anda sendiri tidak memiliki semangat atau tidak tahu bagaimana cara memulai menulis sebuah artikel.

Ok, saya ingin anda langsung mengikuti percobaan menuliskan artikel sambil membaca tips yang saya berikan ini. Jangan mengeluh dulu dan jangan tanyakan “berapa kata minimal untuk artikel yang akan saya tulis ini?”, ikuti saja tips dan langkah-langkahnya hehe.

Berikut adalah beberapa tips dalam menulis artikel...
- Langkah pertama bagi anda yang tidak terbiasa atau tidak mau menulis sebuah artikel adalah, buka dulu pola pikir anda, ingatlah niat anda bahwa anda ingin maju dan ingin membahagiakan orang-orang yang anda sayangi, motivasilah diri anda untuk mau terbuka.
- Biasakan merasa tenang ketika akan menulis. Kebanyakan dari mereka yang tidak mau menulis atau yang mengatakan "saya tidak bisa menulis artikel" adalah mereka yang selalu diam atau pikirannya tiba-tiba blank ketika diberikan secarik kertas untuk menulis. Nah, ingat sebenarnya pikiran anda tidak blank, tapi andalah yang membuat pikiran anda tersebut menjadi bingung!. Hal tersebut biasanya disebabkan karena anda gugup, tidak merasa percaya diri dan lainnya.
- Ketika akan menuliskan artikel bayangkanlah seperti apa cerita atau tulisan yang anda inginkan. Akan banyak kata-kata yang melintas di pikiran anda, belajarlah untuk merangkai atau menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat yang baik.
- Gunakan imajinasi anda, gunakan emosi anda, pikirkanlah seakan anda sedang berbicara dengan orang-orang secara langsung.
- Berkomunikasilah pada diri anda sendiri mengenai apa kata-kata yang akan digunakan sudah cukup baik, apa cerita yang ada akan disampaikan sudah mewakili tulisan anda dan lainnya.
- Baik saya rasa tips secara teorinya sudah cukup, sekarang mari ambil buku dan pulpen dan kita lanjutkan bagian praktek (lakukan praktek ini karena latihan ini secara tidak langsung juga akan merubah pola pikir anda). Langkah-langkah yang harus anda ikuti (praktek menulis)…
- Ambil buku dan pulpen, ayo ambil buku dan pulpen anda jangan diam saja dan terus membaca tulisan ini!. Mengapa tidak langsung menggunakan microsoft words saja?, karena saya ingin anda melatih jari dan pikiran dari tahap dasar dulu. Sudahkah diambil buku dan pulpennya?
- Ok, jika sudah, silahkan tuliskan kata-kata pada di bawah ini pada buku yang anda bawa secara lengkap dan ikuti langkah-langkah yang ada, no protes ya hello nama saya adalah (tulis dengan nama anda), pekerjaan saya saat ini adalah (tulis dengan pekerjaan anda saat ini). Saya bercita-cita untuk membahagiakan orang-orang yang saya sayangi walau saat ini saya belum mampu tapi saya yakin saya akan bisa dan saya akan mampu meraih apa yang saya dan keluarga saya cita-citakan. Saya sudah bekerja mencari uang lebih selama bertahun-tahun tapi belum ada hasil yang maksimal, mungkin karenakesalahan saya juga. Saya orangnya sebentar rajin dan sebentar malas, kalau sudah kesulitan baru saya buru-buru untuk bangkit, ya itu lah saya, saya memiliki mimpi yang sangat tinggi tapi ingin kerja yang sesantai-santainya. Saya pemalas-saya pemalas, saya pemalas...

*(yang ini jangan ditulis) > wow ketika menuliskan kata-kata "Saya pemalas-saya pemalas, saya pemalas" ada kata-kata yang berkecamuk di pikiran anda ya?. Jangan berhenti ayo lanjutkan, tulis lagi tulisan yang ada di bawah ini tepat setelah kata-kata Saya pemalas-saya pemalas, saya pemalas.

Mulai dari sekarang saya harus berubah karena banyak orang yang mengharapkan saya, banyak orang yang menanti saya, banyak orang yang bersandar di pudak saya. Saya yakin saya mampu untuk berubah!
Pembahasan : Sekarang mari kita bahas sedikit mengapa timbul rasa yang kurang enak ketika
anda menuliskan kata-kata saya pemalas, saya pemalas, saya pemalas tadi.

Saya sengaja memprovokasi pikiran anda, setelah anda mengetahui kelanjutan tulisan yang akan ditulis maka perasaan anda pun mendadak berubah lebih tenang bukan?. Nah seperti itu juga ketika anda akan memulai menulis sebuah artikel, provokasilah diri anda dengan hal-hal negatif agar pikiran dan tubuh melakukan hal-hal positif. Provokasi bisa dilakukan dengan memikirkan bagaimana kehidupan anda jika anda tidak berusaha?, atau yang lebih extremenya lagi “bagaimana jika nanti pekerjaan yang anda jalani saat ini tiba-tiba mengalami hal buruk, apa bisa terus-terusan bersantai saja?”.

- Sekarang mari kita lanjutkan lagi dengan langkah kedua, silahkan lihat di bawah ini. Silahkan pikir dan gunakan imaginasi anda untuk kata-kata di bawah ini (saya harap anda menggunakan imajinasi anda dengan serius, akan ada cerita yang muncul di pikiran anda dan setiap orang akan memikirkan cerita yang berbeda-beda). Tuliskan cerita tersebut pada buku anda.
  • Cantik
  • Menangis
  • Di jalan
  • Tanpa
  • Baju
  • Celana
  • Polisi
  • Melihat
  • Merah
  • Hitam
Sampai disini dulu, apa yang anda pikirkan tadi tolong jangan lupa untuk dituliskan pada buku anda. Jika sudah, mari kita lanjut...Imajinasikan kata-kata di bawah ini dan tuliskan cerita yang ada di pikiran anda sebagai sambungan dari cerita sebelumnya.
  • Cantik
  • Bercerita
  • Laki-laki
  • Membawa
  • Memaksa
  • Berlari
  • Ke rumah
  • Kosong
  • Sambil menteskan air mata
  • Menceritakan
Jika sudah selesai, silahkan baca tulisan yang telah anda tulis tadi. Selamat anda sudah bisa menulis haha. Apa sebenarnya cerita yang saya gambarkan?, hmm...tidak ada, ya tidak ada, kata-kata di atas hanyalah kata-kata biasa saja. Saya tidak memberikan anda teka-taki yang harus ditebak dengan benar. Tulisan yang anda tulis adalah awal bagi anda untuk terus memaksa, memprovokasi diri anda agar anda semakin mahir dalam berimajinasi dan menulis.

Ingin lihat bagaimana cerita yang saya tulis berdasarkan kata-kata di atas?, silahkan lihat di bawah ini...

Seorang anak kecil berparas cantik terlihat menangis di jalan tanpa mengenakan alas kaki. Sepertinya anak tersebut tersesat atau kehilangan orang tuanya, lokasi ia ditemukan adalah di dekat toko baju dan celana milik pak haji Dani. Polisi sudah melihat anak tersebut dan membawa anak kecil berparas yang mengenakan baju berwarna merah dan celana panjang berwarna hitam ini ke kantor polisi terdekat. Di kantor polisi diketahui anak yang berparas cantik ini bernama fitri, terlihat seorang polisi wanita menemaninya sambil bercerita. Ketika sedang bercerita, terlihat seorang laki-laki datang menghampiri para polisi sambil membawa sebuah tas kecil.

Ternyata laki-laki ini adalah ayah dari fitri, ia mengatakan bahwa fitri sudah dicari kemanamana, tadinya fitri memaksa ingin membeli boneka baru dan akhirnya berlari meninggalkan orang tuanya yang sedang berbelanja. Poliisi yang mendengar cerita dan bukti-bukti dari ayah fitri mengizinkan fitri di bawa pulang ke rumah. Ketika diperjalanan fitri melihat kotak kosong yang ada di sebelah pengemis tua, fitri pun berjalan ke arah pengemis tersebut dan memberikan beberapa lembar uang yang dimilikinya. Sang pengemis tersebut terdiam dan mengatakan "terima kasih ya nak, kamu baik sekali", kata pengemis tadi sambil meneteskan air
mata, mungkin ia kagum dengan kebaikan fitri.

Melihat hal tersebut ayah fitri pun tersenyum dan memberikan sandal fitri kepada fitri, mereka
pun berjalan menuju mobil. Ketika sampai di rumah, fitri menceritakan kejadian yang
dialaminya kepada ibu dan ayahnya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
The end...

- Sekarang mari kita lanjut lagi dengan tahap selanjutnya Lanjutkan tulisan di bawah ini dengan tulisan anda sendiri, harus diingat bahwa ini berbeda dengan tahap sebelumnya (minimal kata adalah 20 kata atau lebih untuk kata-kata pada titiktitik tersebut).
 hari ini kegiatan saya akan membuat...
 besok saya akan mendapatkan...

Memang cukup sulit untuk menuliskan 2 tulisan di atas, tapi jika anda mencoba maka anda akan terbiasa. Silahkan dicoba, akan ada tulisan yang berbeda-beda tiap orangnya nanti.
*kebanyakan orang akan menuliskan apa yang mereka inginkan beradasarkan cita-cita mereka. Hal itu sangatlah normal dan juga sangat baik.

Yang harus dihindari ketika menulis
Setelah kita melakukan sedikit praktek, saya rasa anda akan sedikit terbuka dan bersemangat untuk menulis haha. Silahkan lakukan langkah-langkah diatas secara berulang-ulang agar anda lebih mahir.

Sekarang mari kita lihat apa saja yang harus kita hindari ketika menulis,
- Terlalu banyak diam dan berpikir, yang seharusnya anda lakukan pada kondisi ini adalah belajar untuk membuat pikiran dan tangan serta jari anda seirama. Tangan atau jari anda akan langsung menulis kata-kata yang tepat yang ada di pikiran anda.
- Dalam penulisan artikel, hindari penggunaan kata-kata singkat seperti yg, dmn dan lainnya. Anda juga harus menghindari penggunaan kata-kata yang tidak lazim seperti kata-kata yang katanya gaul dan lainnya.
- Ketika menulis jangan sampai kehilangan fokus, hal ini akan berdampak pada alur cerita tulisan anda
- Hindari dan cegah rasa jenuh karena dapat membuat pikiran dan tubuh anda merasa terbebani.

Saran dari saya ketika anda menulis adalah
- Selalu konsumsi air putih yang cukup karena air putih dapat melancarkan peredaran oksigen ke otak.
- Jika tiba-tiba pikiran blank ketika menulis, maka pejamkan mata anda dan jangan memikirkan apa-apa dulu, buatlah diri anda merasa tenang. Biasanya ada kata-kata yang mengganggu di pikiran anda, dengan memejamkan mata dan tidak memikirkan apa-apa, diri anda akan merasa lebih tenang. Jika sudah tenang, barulah anda melanjutkan tulisan tersebut.
- Perasaan juga dapat berpengaruh ketika anda menulis, kendalikan perasaan anda, bisakah? ya tentu saja bisa karena anda yang punya perasaan tersebut :D. Salah satu hal yang akan membuat anda menjadi lebih bisa mengendalikan perasaan anda adalah dengan mendengarkan musik ketika menulis.
- Selalu jaga kondisi tubuh dan pikiran anda. Perbanyak berolah raga dan melakukan sharing dengan teman-teman atau orang terdekat anda. Hal ini telah terbukti dapat meningkatkan kreatifitas seseorang.

Semua bisa dilakukan apabila sudah terbiasa, Selamat mencoba


Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment