Test dan Ukur Efektifitas Iklan

Test dan Ukur Efektifitas Iklan

Iklan yang efektif adalah iklan yang dapat menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk dan jasa
yang dipasarkan.

Iklan yang baik memahami bahwa orang-orang tidak membeli produk, tapi membeli keuntungan
dari produk tersebut dan lebih dari itu iklan yang efektif adalah iklan yang mendapat perhatian dan
diingat serta membuat orang-orang bertindak untuk melakukan pembelian. ( Shultz and Tannenbaun dalam Shimp, 2000) Disatu pihak iklan dapat dipakai untuk membangun kesan jangka panjang suatu produk
atau merek dan di pihak lain memicu penjualan yang cepat.

Suatu iklan yang cenderung tidak mempunyai pengaruh utama pada perilaku konsumen maka akan diragukan bila iklan tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu merek.

Oleh karena itu agar merek produk dapat diterima oleh masyarakat maka iklannya harus dibuat seefektif mungkin, kreatif, menarik sehingga bisa menimbulkan pengaruh positif dan menciptakan keputusan pembelian konsumen.

Ada beberapa metode formal untuk mengukur efektifitas sebuah iklan. Namun secara personal, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengevaluasi apakah iklan tersebut efektif atau tidak:
1. Apakah pesan dalam iklan yang disampaikan tepat sasaran marketnya? Kepada siapa Anda memasarkan? Apakah keyword interest dan demografi sudah sesuai dengan criteria pembeli produk Anda?
2. Apakah iklan Anda JELAS ‘menempel’ di ingatan audience? Apa pesan yang ingin Anda tuturkan? Cukupkah sekali saja orang membaca dia akan mengerti? Mungkinkah gambar dan text di iklan Anda terlalu rumit sehingga sulit dibaca apalagi diingat?
3. Apakah iklan tersebut berhasil mendatangkan Lead (calon pembeli)? Berapa PIN BB yang bertambah? Berapa sms yang masuk? Berapa follower yang baru? Berapa pembeli yang closing dari iklan?
4. Kapan Anda memasang iklan? Jam berapa anda memasang iklan? Pernahkah anda membandingkan hasilnya jika ditayangkan siang atau malam?
5. Dimana Anda memasang iklan? Apa media yang anda gunakan? Mengapa menggunakan media tersebut?

Apakah ada jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut? Sayangnya, tidak ada jawaban yang pasti karena jodoh market bagi produk anda bisa saja berbeda dari orang lain.

Namun tanpa mencoba anda tidak akan pernah tahu hasilnya. Sukses selalu untuk Anda!
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment