30 juta Lebih Dalam 20 Hari Dari Olshop Lokal

 Haloo semuanya, izinkan newbie ikut saring dihari terakhir ditahun 2015 ini, barangkali ada sedikit manfaat yang bisa diambil dari thread ini, terutama untuk temen2 yang masih newbie dan masih kebingungan dalam proses mencari rupiah di ranah IM.

Di thread ini saya akan memberikan sebuah studi kasus dari hasil percobaan saya terjun ke Olshop lokal dengan berjualan produk pakaian muslim dan metode promosi menggunakan FB Ads.

Ok langsung saja tunjep point ya

PRODUK
Untuk produk saya memilih pakaian muslim wanita (gamis syar'i) karena menurut saya, saat ini produk ini sedang trend di masyarakat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya wanita Indonesia yang saat ini mengenakan hijab, dan jumlah penduduk di Indonesia yang mayoritas muslim, potensinya tentu sangat besar. Dan saya lihat saat ini pakaian syari sudah menjadi tren tersendiri dikalangan wanita muslimah.

Untuk produk saat ini saya blm nyetok sendiri alias masih dropship dari suplier. Oh iya sebelum temen2 memutuskan untuk men-dropship suatu produk, saya sarankan untuk mencoba produknya terlebih dahulu, biar kita bisa mempelajari dan menguasai detail produk yang kita jual. Selain itu juga untuk menghindari "menjual kucing dalam karung" dimana kita menjual barang yang kita sendiri tidak tahu bagaimana kualitasnya.

Harga jual produk saya berkisar antara 150rb - 200rban, harga dari suplier antara 90rb-150rban, profit yang saya ambil antara 50rb-60rb/produk.

METODE PROMOSI
Untuk metode promosi saya menggunakan FB Ads dan untuk landing page nya saya hanya menggunakan Fanpage facebook. Saya pribadi memang cenderung lebih suka menggunakan metode promosi berbayar karena lebih cepat mendatangkan hasil (dalam 1-2 hari sudah kelihatan hasilnya), dari pada menggunakan metode gratisan seperti SEO yang bisa berbulan2 nunggu traffic datang.

Untuk jenis iklannya saya menggunakan PPE (post page engagement) dan budget iklan yang saya keluarkan antara 30rb - 200rb sehari. Untuk hari2 dimana biasanya dagangan sepi seperti sabtu minggu dan tanggal merah, atau hari2 dimana saya lagi ada halangan untuk berjualan, biasanya iklan saya matikan atau kecilkan budget.
Untuk biaya iklan sebenarnya masih belum efektif dikarenakan kesibukan saya yang lain, jadi tidak sempat men-split test iklan. Prinsip saya selama ini, asalkan campaign nya bisa menghasilkan untung, berarti campaign tersebut layak dilanjutkan. Total biaya iklan yang saya keluarkan selama masa promosi tsb sekitar 2.5jt rupiah.

Untuk targeting iklannya biasanya saya cenderung memilih rentang umur 24-35 karena di usia ini biasanya orang sudah punya penghasilan sendiri dan sdh terbiasa dengan transaksi online. Untuk umur 18-23 saya kurang rekomendasikan karena berdasarkan pengalaman saya selama ini, direntang umur tsb statistik iklannya cukup bagus tapi sayangnya konversi pembeliannnya kecil sekali, karena mungkin kbnyakan umur segitu belum punya penghasilan sendiri dan kebanyakan yang invite BBM masih anak2 alay.

Khusus produk yang saya jual ini, saya setting dari umur 27-40 karena berdasarkan hasil riset saya kebanyakan pembeli produk ini adalah mahmud (mamah muda). Riset sederhana yang biasanya saya lakukan sebelum membuat iklan adalah saya bertanya langsung kepada si supplier tentang karakteristik kebanyakan customer, mulai dari jenis kelamin, umur berapa sampai berapa, single atau sudah menikah, kota mana yang paling banyak pembeli, produk mana yang paling laku dan lain sebagainya. Modal informasi ini bisa jadi acuan kita dalam menentukan targeting iklan.

Untuk ads copy iklan, jangan lupa mencantumkan no kontak kita (BBM, WA, Line, SMS). Di ads copy biasanya saya mencantumkan beberapa produk sekaligus, untuk awal2 biasanya saya pilih produk2 yang best seller.
30 juta Lebih Dalam 20 Hari Dari Olshop Lokal
Setting iklan selengkapnya seperti digambar
30 juta Lebih Dalam 20 Hari Dari Olshop Lokal
HASIL JUALAN
Hasil yang saya peroleh dari jualan produk ini selama kurang lbh 20 hari (start tgl 7 des - 31 des, dipotong beberapa hari libur natal dan beberapa hari yang saya berhalangan jualan) adalah sebagai berikut:
30 juta Lebih Dalam 20 Hari Dari Olshop Lokal
Total Omset: Rp 31.625.000
Profit Kotor: Rp 11.232.000
Profit bersih= Profit Kotor-biaya iklan = Rp 11.232.000-Rp 2.500.000 = Rp 8.732.000
Lumayan lah untuk hasil kerja newbie selama 20 hari, masih bisa sambil main sama anak dan bobo siang sama istri dirumah 


Update Questions & Answer


Q: Gan tekniknya pasti udah ga work ya makanya di share
A: Tekniknya sampai detik ini masih work buat ane, ga tau kalau buat ente. Beda tangan beda hasil, walaupun tekniknya sama plek!

Q: Ko sharenya blak2an banget, ga takut banyak saingan gan?
A: Ah ga perlu mikirin yang begituan, tiap orang udah ada jatah rezekinya masing2. Lagian tuhan ane maha kaya ko, kekayaannya ga bakal abis ane makan tujuh turunan. Lagian ini bisnis sampingan ane, bisnis utamanya beda lagi. 

Q: Kalau mau minta diajarin boleh gan?
A: Silahkan aja selama ane bisa bantu, tapi ga janji soalnya saya juga banyak kesibukan yang lain.


Semoga thread sederhana ini bisa memberi sedikit manfaat buat temen2 disini. Kata pak ustadz, banyak temen banyak rezeki. Buat temen2 yg ingin silaturahmi, sharing2, atau sekedar say hello dengan saya, bisa add FB saya di hxxps://www.facebook.com/jupri.jouna
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment