Strategi Twitter Marketing, Mengirim DM Otomatis dan Twitt Sambutan Direct Message

Lebih sering disingkat DM. Ini adalah fasilitas pribadi yang bisa digunakan oleh para pemilik akun twitter. Karena hanya pengirim dan penerima yang bisa membacanya.

Anda bisa mengirim DM kepada follower (akun yang sudah follow Anda), jika belum maka DM tidak bisa dikirimkan. Nah fasilitas ini bisa kita gunakan untuk strategi customer engagement.

Prinsip kerjanya lagi lagi sangat sederhana, akun twitter Anda akan secara otomatis mengirimkan DM kepada orang yang beru saja follow. Tujuannya adalah agar follower Anda merasakan adanya sapaan secara pribadi. Inilah yang diharapkan bisa meningkatkan customer engagement.

Bagaimana cara membuatnya agar bekerja secara otomatis? Tentu saja ini akan memudahkan tugas Anda, tidak perlu mengirim DM secara manual. Kita akan menggunakan aplikasi gratisan dari unfollowers.com

Menariknya, fitur dari unfollowers ini bukan hanya bisa digunakan untuk mengirim auto DM, tapi juga untuk mengirim twit langsung kepada follower baru.

Isi twittnya bisa sekedar ucapan terima kasih karena mereka sudah memfollow Anda atau bisa juga diberikan penawaran langsung mengenai produk dan jasa yang Anda jual. Sudah cukup jelas pengenalan cara kerjanya?

Yuk sekarang kita mulai membuatnya!
1. Pada tab baru, kunjungi http://unfollowers.com
http://unfollowers.com
Silahkan signin melalui akun twitter Anda
akun twitter Anda
signin melalui akun twitter Anda
 Pada gambar diatas, klik tab menu “Automate”
Lalu dapat Anda lihat tampilan settingan auto DM, seperti di bawah ini
settingan auto DM
Notification type = Notifikasi mengenai statistic akun twitter Anda. Email me = Notifikasi melalui email mengenai statistic akun twitter Anda.

Untuk kedua settingan diatas, saran saya lebih baik jangan di centang. Jika Anda ingin mengetahui jumlah follower cukup lihat pada profile akun twitter Anda saja.

Welcome DM = Pengaturan DM otomatis. Di kotak itulah Anda bisa mengisi pesan apa yang ingin disampaikan kepada follower baru. Silahkan Anda centang kotak kecil untuk mengaktifkan fitur ini.

Welcome Tweet = Fitur ini fungsinya untuk memposting twit otomatis ketika ada follower baru. Anda bisa mention sekedar mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang baru saja memfollow twitter Anda. Silahkan centang pada kotak kecil untuk mengaktifkan fitur ini.

Available variable = Ini variabel kode untuk isi DM Anda agar terlihat lebih natural. Anda bisa menuliskan di pesan beberapa variable:
- {screen_name} = Fungsinya untuk menuliskan screen name akun twitter yang akan Anda kirim DM
- {name} = variable pengganti, fungsinya akan menyebutkan nama lengkap akun twitter yang akan Anda kirim DM
- {firs_name} = Fungsinya hanya menyebutkan nama depan akun twitter
- {last_name} = Fungsinya hanya menyebutkan nama belakang akun twitter

Saya contohkan agar lebih jelas,Misalnya Anda mengisi draft pesan seperti ini:

“Hai {last_name}, makasih banget yaah udah follow. Semoga bisa menyambung silaturahmi dengan {last_name} di twitter”

Ketika ada akun twitter dengan username @AliMahmud, dengan nama lengkap twitternya Ali Mahmud, draft pesan diatas akan berubah menjadi seperti ini:

“Hai Mahmud, makasih banget yaah udah follow. Semoga bisa menyambung silaturahmi dengan Mahmud di twitter”

Tergantung pilihan variable yang Anda gunakan. Jika ingin menyebutkan username @AliMahmud maka Anda bisa membuat draft pesan seperti ini:

“Hai @{screen_name}, makasih banget yaah udah follow. Semoga bisa menyambung silaturahmi dengan @{screen_name} di twitter”

Anda bisa membuat tiga format draft yang berbeda, silahkan tambahkan dengan klik tombol “Add more” yang berwarna biru.

Begitu juga untuk membuat welcome tweet, Anda bisa menggunakan 4 variabel tadi. Untuk welcome tweet saya sarankan menggunakan variable @{screen_name} agar twit yang terposting menyebutkan username akun yang baru saja follow Anda.

 Setelah semua pengaturan sudah selesai, silahkan klik tombol “save”
settingan auto DM
Sampai disini semua proses penggunaan aplikasi unfollowers.com untuk mengirim DM dan tweet otomatis sudah selesai.

Sekedar informasi, aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mengetahui akun twitter mana yang tidak memfollow Anda. Bahkan Anda bisa juga mengetahui siapa saja yang sudah unfollow. Silahkan Anda eksplor lebih dalam lagi mengenai fitur lainnya.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment