Rahasia Google Adsense : Agar AdSense Bisa Berfungsi Di Tengah Komunitas Internet

Bab 10: Maksimalkan pendapatan AdSense Anda dari Forum Internet, Message Boards Dan Kelompok Diskusi!
 
Pada bab 8, saya menyebutkan bagaimana menghasilkan pendapatan dari blog. Namun blog tentu saja bukanlah satu-satunya tipe konten online atau satu-satunya tipe yang dapat menggunakan AdSense.
Dalam suatu Komunitas Internet, para user menghasilkan hampir semua/sebagian besar konten. Anda tak dapat sepenuhnya mengontrol kata kunci atau topik, yang berarti bahwa ada kemungkinan AdSense bisa
muncul membawa kejutan dengan iklan yang ditampilkannya. (Oleh sebab itu, persiapkanlah selalu Iklan Alternatif, bila sewaktu-waktu AdSense memunculkan serangkaian iklan layanan masyarakat.)

Tak seperti para surfer pasif yang suka menjelajahi situs web Anda untuk mencari informasi yang relevan, para anggota forum sangat fokus pada pesan-pesan dan tanggapan yang mereka posting. Kebanyakan publisher yang menjadi host di Komunitas Internet mengeluhkan kecilnya CTR, banyaknya kata kunci yang tak karuan (relevansi konten yang rendah) dan rendahnya cost per click. Apa yang tak mereka sadari adalah bahwa Komunitas Internet adalah tambang emas tersembunyi yang menginspirasikan loyalitas fanatik, kunjungan yang berulangkali, konten yang unik dan tingginya tingkat keterlibatan user dengan konten tersebut.

Merek besar seperti Apple dan Harley Davidson dibangun atas fondasi yang sama – dalamnya rasa keterikatan pribadi, tingginya keterlibatan dengan produk tersebut dan strong referral. Anda dapat memperoleh hasil yang sama dengan situs web Anda!

Sementara tak semua Komunitas Internet sama, namun mereka punya kekuatan kunci yang sama. Anda hanya perlu mengenali mereka dan menemukan cara-cara baru agar bisa menghasilkan uang dari mereka –
sebagaimana yang selama ini sudah dilakukan oleh para web publisher yang pintar!\

Pada halaman berikutnya akan Anda temukan beberapa ide untuk
memancing imajinasi Anda:

10.1 Para anggota Forum sangat fokus pada topik diskusi mereka. Iklan yang muncul di bagian paling atas, paling bawah atas margin samping tak akan mengalihkan perhatian utama mereka – yaitu membaca dan menulis posting

10.2 Cara terbaik untuk menangkap perhatian mereka adalah dengan meletakkan iklan Anda di akhir postingan paling atas pada setiap halaman. Postingan yang muncul di bagian paling atas lebih sering
dibaca, dan biasanya mewarnai diskusi berikutnya. Banyak web publisher yang mengandalkan iklan leaderboard 728x90 Google dengan 2 iklan yang disebar pada postingan yang berada pada bagian halaman paling atas.

10.3 Apa yang menggerakkan klik terbanyak dalam suatu forum? Tombol forum tentu saja! Letakkan iklan Anda di dekat tombol yang berguna itu, yang dicari oleh para user untuk search threads, membuat thread baru atau mem-posting reply. Coba lihat contoh ini:
Gambar 10.1 Diletakkan di bawah tombol forum vital, iklan Google Adsense ini menarik
para pengunjung dalam bingkai pikiran yang tepat – tatkala mereka siap untuk meng-klik!
Coba lihat halaman berikutnya untuk menemukan cara hebat lain agar iklan Google
makin ‘clickable’!

Gambar 10.2 Pada forum yang sering dikunjungi oleh para Internet deal hunters ini, saya
telah mengubah teks iklan saya menjadi ‘bintang atraksi’ yang paling hot.
http://forums.dealofday.com/

Bahkan tanpa meminta user untuk meng-klik, heading dari “Deal of Day” mengubah iklan Google menjadi sebuah sumber yang direkomendasikan untuk menemukan deal apa yang berada pada posisi top hari itu.

Statistik forum impresif, seperti jumlah anggota, thread dan post muncul di sepanjang sisi iklan, membuatnya makin tampak legitimate. Jumlah dari user itu sendiri menciptakan suasana/nuansa urgensi untuk menceknya sebelum anggota lain lebih dulu mendapatkan deal yang sedang mereka incar!

10.4 Pastikan Anda menerapkan format iklan yang sama dengan konten yang menghasilkan pengunjung. Penting untuk mendapatkan perhatian user Anda pertama kali – lalu Anda bisa memainkan pesan Anda tatkala mereka sudah siap menyimak!

10.5 Usahakan menempatkan iklan pada bagian paling bawah setiap posting. Jika user mengenali pola ini dan CTR Anda turun drastis, usahakan meletakkan iklan pada bagian paling bawah dari setiap alternate post. Kuncinya adalah membuat para pengunjung menebaknebak!

10.6 Jangan membelah sebuah postingan dengan meletakkan iklan di tengah-tengahnya. Karena forum memiliki konten yang menghasilkan user, orang semakin sensitif atas intrusi ini dan akan merasa terganggu jika Anda membuat kesan bahwa iklan itu seakanakan merupakan rekomendasi pribadi mereka.

10.7 Jangan menumpuk iklan di tengah-tengah halaman situs. Hal tersebut bagus untuk para pengunjung yang ‘pasif’, namun para anggota forum Anda akan melewatinya!

10.8 Beri peluang user menarik iklan yang tepat sasaran dengan Google Search Box!
Seberapa sering sebuah posting forum cukup menarik perhatian Anda untuk melakukan pencarian Google? Sekali? Dua kali? Setiap kali? Jika Anda orang yang seperti saya, Google Search Box adalah fasilitas kenyamanan tambahan, diterima oleh sebagian besar user. Ia membuat pengunjung Anda betah berlamalama! Dan jika mereka meng-klik sebuah iklan dari results page, Anda menghasilkan uang!

Manakah di antara strategi di atas yang bisa berjalan di Forum Anda? Hanya waktu yang tahu – namun jangan lupa untuk melacak hasil Anda dengan fasilitas GRATIS Google AdSense Channels. Ada publisher yang telah menghasilkan keuntungan dengan halaman situs komunitas mereka. Tak dibutuhkan ilmu seperti bikin roket. Namun sedikit ketelatenan untuk terus berjalan!


Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment