Rahasia Google Adsense : Bagaimana “Membaca” Para Pengunjung Anda Selengkap Mungkin

Bab 11:
11.1 Memahami Statistik, Log dan Reports

 
Statistik adalah bagian vital kesuksesan Anda. Jika Anda tak dapat memahami hasil dari semua perubahan yang akan Anda lakukan atas iklan dan halaman situs Anda, maka Anda tak akan pernah bisa memaksimalkan pendapatan Anda.

Namun membaca statistik bisa membingungkan Anda. Anda akan memelototi semua bentuk tabel yang berisi dengan segala jenis angka yang dapat ditataulang dan diorganisir ulang dalam segala bentuk cara lainnya. Itulah mengapa kemampuan untuk membaca statistik Anda guna memahami angka-angka yang tertera di sana adalah hal yang krusial.

11.2 Statistik Yang Paling Penting Dari Semuanya

Ada satu angka yang lebih penting dibandingkan angka-angka lainnya. Tahukah Anda mana yang saya maksud? Pendapatan! Jika Anda tak menghasilkan uang, maka statistik lainnya tak penting lagi.
Namun jika Anda menghasilkan uang, statistik berikutnya yang ingin Anda lihat adalah CTR Anda. Makin tinggi persentase clicks to page impressions yang Anda terima, makin tinggi pula CPM Anda – dan makin
tinggi pendapatan Anda akhirnya.

Tatkala Anda melakukan perubahan pada penempatan iklan Anda, pada kata kunci, warna iklan dan yang lainnya, tunggulah selama sepekan dan cek statistik Anda untuk melihat hasilnya. Dan lihatlah pertama kali pada pendapatan Anda. Ingat pula baik-baik, bahwa tatkala Anda memiliki iklan berganda pada
sebuah halaman maka setiap unit iklan dihitung sebagai satu impression – namun Anda tak akan bisa mendapatkan 3 klik dari sana! Iklan berganda dengan demikian dapat menurunkan CTR Anda sembari tetap
memberikan pendapatan yang bagus bagi Anda.

Mungkin juga Anda ingin menerjemahkan hasil Anda dalam bentuk bagan. Jika Anda memang ingin melakukannya, hal terpenting yang harus dilihat adalah trend dalam CTR dan pendapatan. Dengan melacak impression juga akan membantu Anda melihat adanya fluktuasi radikal dalam aliran pengunjung.

11.3 CTR Optimal
Kebanyakan sukses Anda akan tergantung dalam hal bagaimana bisa menaikkan CTR Anda setinggi mungkin. Jelas, makin banyak orang yang meng-klik iklan Anda maka makin banyak uang yang akan Anda hasilkan namun tak selalu mudah untuk mengetahuinya tatkala Anda sedang mengundang sebanyak mungkin orang untuk meng-klik iklan. Saya pernah mengalami CTR yang kurang dari 1% hingga di atas 8% pada
beberapa situs namun saya tahu beberapa situs lain mendapat di atas 30% CTR!
CTR Anda akan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk:

• Konten Situs – Sebagian tipe konten memperoleh klik lebih banyak dibandingkan lainnya (namun bukan berarti menghasilkan lebih banyak uang per kliknya…)
• Disain Situs – Kita baru saja membicarakan tentang pentingnya di mana Anda menempatkan iklan Anda dan bagaimana Anda menempatkannya.
• Jumlah Link – Mengapa menjadikan iklan Anda saling bersaing? Jika orang ingin meng-klik di halaman tersebut, Anda akan mendapat bayaran darinya.
• Relevansi Iklan – Jika Anda tidak mendapatkan iklan yang relevan dengan konten Anda, maka Anda akan memiliki CTR yang rendah.
11.4 AdSense Arbitrage
Begitu Anda mampu memahami angka-angka yang tertera pada halaman statistik dan log AdSense Anda, mungkin Anda bisa memperhatikan adanya sesuatu yang menarik. Misalnya Anda mungkin melihat bahwa
Anda mendapat 5.000 klik pada sebuah halaman setiap bulannya dan bahwa halaman tersebut menghasilkan $1500.

Bagilah $1500 dengan 5.000 klik dan Anda menyadari bahwa setiap klik untuk setiap tipe konten tersebut mendatangkan 30 sen untuk Anda. Itu artinya bahwa tatkala hendak membeli konten, sepanjang yang Anda
keluarkan kurang dari 30 sen per kliknya untuk halaman tersebut, maka Anda menghasilkan keuntungan. Dan salah satu cara untuk melakukan hal itu adalah membuka sebuah account AdWords dan membeli spasi iklan pada halaman pencarian Google. Anda bisa membayar sedikitnya 5 sen per klik, dan Anda bisa mendapat 25 sen setiap kali para pengunjung 5 sen Anda itu meng-klik iklan 30 sen Anda. Itulah AdSense arbitrage dan tampaknya adalah cara yang terbukti ampuh untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Jika semudah itu, setiap orang akan melakukannya. Masalah pertama dengan arbitrage ini adalah Anda tak akan pernah mencapai 100% CTR. Tidak setiap 5 sen yang Anda beli akan mendatangkan 30 sen untuk Anda – dan setiap impression yang tidak menghasilkan sebuah klik pada iklan akan memakan keuntungan Anda. Dengan angka-angka seperti ini (dan tentu saja angka-angka Anda akan berbeda), Anda butuh 16% CTR untuk mencapai BEP. (Jika setiap klik iklan seharga 5 sen dan mendatangkan 30 sen untuk Anda, Anda bisa menanggung kehilangan 5 sen dari setiap 6 klik atau 16%).

Maka jika Anda bisa melihat bahwa Anda mendapat 16% CTR, membeli iklan di AdWords untuk mengirimkan aliran pengunjung ke iklan AdSense Anda bisa jadi sebuah deal yang bagus. Atau tidak.

Masalah kedua dengan arbitrage adalah bahwa CTR Anda berbasis pada datangnya pengunjung dari sumber traffic Anda yang sekarang ini. Para pengunjung yang Anda beli melalui AdWords mungkin punya perilaku yang berbeda. Mereka baru saja meng-klik sebuah iklan sehingga mungkin mereka tak ingin meng-klik sebuah iklan lagi. Atau alternatif lainnya, karena Anda tahu bahwa mereka adalah tipe yang meng-klik iklan, maka kemungkinan mereka adalah benar-benar tipe yang akan meng-klik iklan di halaman situs Anda.

Hasil yang diperoleh dalam menggunakan arbitrage beragam. Sebagian orang melaporkan bahwa klik yang mereka beli di AdWords mendatangkan penghasilan yang lebih sedikit, sedangkan yang lainnya melaporkan bahwa mereka mengalami kenaikan CTR. Sebagian orang menghasilkan uang SERIUS dengan AdSense arbitrage.

Kunci sesungguhnya agar sukses dalam melakukan arbitrase adalah membeli traffic berdasarkan kata kunci yang tepat. Dan untuk melakukan hal tersebut maka Anda membutuhkan…

11.5 WordTracker
WordTracker adalah cara yang sangat ampuh untuk menemukan kata kunci dalam menentukan target untuk arbitrase. Idenya sederhana: jika Anda tak dapat menemukan kata kunci populer yang sedang menjadi target sedikit situs, Anda dapat meningkatkan CTR iklan yang Anda beli dan memperbesar peluang bahwa pengunjung akan meng-klik iklan itu pada halaman situs Anda. Kata kunci itulah yang akan memberi Anda pendapatan terbaik untuk melakukan arbitrase—dan klik terbanyak dari search engine listing. WordTracker sesungguhnya membantu dalam 4 cara yang berbeda.

Pertama, Anda masukkan sebuah kata kunci—katakanlah “football”. WordTracker kemudian akan memberi Anda daftar ratusan kata kunci berbeda yang berhubungan dengan football—kata-kata seperti “stadium”
dan “team” dan “football player”. Beberapa kata itu mungkin sudah ada dalam pikiran Anda, namun kebanyakan darinya tidak.

Nah sekarang Anda punya lebih banyak pilihan kata kunci dibandingkan ketika Anda mulai!
Rahasia Google Adsense
Gambar 11.1 WordTracker: “Temukan kata kunci terbaik untuk situs web Anda”. Yang
dikatakannya memang benar!
Langkah berikutnya adalah melihat seberapa populer kata kunci ini. WordTracker menjelajahi semua search engine utama dan memberitahu Anda seberapa banyak orang mencari masing-masing kata kunci tersebut
dalam 60 hari terakhir. Ini tentu saja adalah informasi yang menarik namun tak banyak artinya dalam menargetkan sebuah kata yang dicari oleh 1.000 orang setiap 2 bulannya jika satu juta halaman web sudah
menargetkannya. Iklan Anda akan muncul pada halaman 50 sekian pada daftar hasil pencarian search engine dan mendapat klik yang sangat sedikit.

Langkah berikutnya adalah di mana hal tersebut benar-benar menarik. WordTracker membandingkan jumlah pencarian yang dilakukan oleh orang-orang untuk setiap kata kunci dengan jumlah situs yang
menargetkan kata kunci itu. Ia bahkan memberi skor pada setiap kata kunci yang menunjukkan ukuran
peluang bagi halaman situs baru yang ingin menargetkan kata kunci tersebut. Maka Anda pun jadi mudah melihat kata-kata mana yang kemungkinan menghasilkan listing search engine terbaik—dan yang akan
mendapatkan klik terbanyak untuk harga terendah tatkala Anda membayar ongkos iklan di AdWords.

Contoh, jika Anda meminta WordTracker mencari kata “football”, mungkin Anda menemukan 3.474 orang mencari “shoulder-pads” setiap harinya namun hanya 2.375 halaman web yang menargetkan kata tersebut. Jika salah satu halaman situs football Anda menargetkan kata kunci itu, maka hampir dipastikan Anda akan berada pada posisi tinggi pada daftar search engine, yang mendatangkan banyak traffic gratis ke situs Anda. Namun jika Anda juga memilih untuk membayar iklan agar situs Anda diiklankan di Google (AdWords), Anda bisa percaya diri bahwa Anda akan mendapat banyak klik—dan pendapatan yang sangat besar.

WordTracker adalah tool yang fantastis. Pastikan tool ini masuk ke dalam perangkat penghasil uang Anda. Coba lihat di: http://www.adsense-secrets.com/wordtracker.html
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment