Rahasia Google Adsense ; Memulai Google Adsense

Rahasia Google Adsense

Bab 2: Memulai Google Adsense
2.1 Dasar: Buatlah Situs Anda


Setelah edisi terakhir buku ini diluncurkan banyak orang yang bertanya kepada saya bagaimana caranya agar mereka bisa menghasilkan uang dengan AdSense. Saya selalu senang hati membantu orang lain agar bisa menghasilkan uang banyak dengan Google, namun kebanyakan orang ini bahkan belum punya situs web!

Inilah faktanya: agar bisa menghasilkan uang dari AdSense, Anda harus punya situs web sendiri. Tidak bisa tidak. Kabar baiknya tak pernah lebih mudah untuk membuat sebuah situs web dari awal dan menggunakannya untuk menghasilkan pendapatan yang nyata.

Saya akan memberi sedikit pengantar tentang bagaimana cara membuat situs web dari awal. Anda dapat menemukan banyak sekali informasi secara online di Internet dan akan saya beritahu mana yang mesti dipilih.
Jika Anda sudah punya situs web, Anda bisa melewati bagian ini, langsung saja menuju sub bab 2.10 dan mulai membaca tentang bagaimana cara meningkatkan pendapatan AdSense.

2.2 Memberi Nama Situs Anda

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah memberi nama situs Anda. Kini, hal tersebut lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Semua kata terbaik di dalam direktori telah dibeli dan dibuat oleh para pembuat situs atau telah dibeli dan ditawarkan / dilelang oleh para spekulan.

Tapi itu bukan berarti Anda tak dapat mencari sebuah nama yang bagus dan membelinya. Menggabungkan 2 kata dengan tanda garis hubung juga bisa (seperti http://www.adsense-tools.com) dan ada banyak sekali nama bagus yang tersedia jika Anda mau mencarinya di luar bentuk .com, seperti .net dan .biz, dsb.

Langkah pertama Anda hendaknya adalah mendaftarkan domain dengan nama tersebut dan memesan jasa hosting. Salah satu situs favorit saya untuk melakukan hal tersebut adalah Globat. Perusahaan jasa ini sering menawarkan keistimewaan, seperti biaya hosting gratis atau dengan potongan harga untuk setahun. Klik di sini untuk melihat tawaran terbaru mereka.

Tempat lain yang patut dikunjungi adalah Network Solutions. Ini adalah layanan lengkap di mana Anda bisa memburu dan membeli nama domain, memesan jasa hosting dan bahkan mendaftarkan situs Anda ke search engine. Tatkala Anda mencari sebuah nama, Anda bisa memasukkan 10 pilihan dan situs tersebut akan memberitahu Anda mana (jika ada) yang masih tersedia. Singkat kata, membeli sebuah nama dari salah satu layanan ini tidak akan membebani keuangan Anda lebih dari $20 per tahun.

Jika Anda belum bisa menemukan nama yang Anda sukai dan belum ada yang punya, Anda bisa melihat-lihat di situs seperti moderndomains.com dan bestnames.net. Keduanya adalah perusahaan yang membeli nama domain dan menjualnya kembali untuk mencari untung. Ada peluang bagus Anda bisa memperoleh beberapa pilihan nama bagus di sini namun harganya bisa mencapai $50 hingga $50,000. Sebelum Anda merogoh kocek, pikirkan dulu keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan nama yang bagus dan tanyakanlah pada diri Anda sendiri apakah Anda tak bisa mendapatkan tambahan aliran pengunjung dengan cara yang lebih murah. Seringkali, Anda bisa. Dan ingat, 12 tahun yang lalu tak seorang pun tahu apa itu Yahoo, Ebay, atau Google!

2.3 Memilih Jasa Hosting

Situs Anda akan diletakkan di dalam server sebuah perusahaan hosting. (Anda tidak ingin ribuan orang menghubungi komputer Anda setiap jamnya, kan?) Lagian, ada banyak pilihan yang tersedia tergantung pada
seberapa besar Anda ingin merogoh kocek dan apa yang Anda butuhkan.

Secara umum, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki ruang / spasi berkapasitas sekitar 50 megabyte (itu cukup untuk menampung 100 halaman!), laporan statistik yang lengkap, dan yang terpenting, layanan 24
jam. Jika situs Anda mengalami down Anda akan kehilangan uang setiap jam ia berada dalam keadaan offline. Jika ada masalah dengan pihak server, Anda perlu memastikan bahwa hal tersebut dapat ditangani
secepatnya.

Seringkali Anda akan mendapati bahwa apa yang Anda bayar dari Web hosting dengan layanan “gratisan” membebani Anda lebih besar dibandingkan yang bisa Anda hemat hingga $200 per bulan untuk server
yang punya dedikasi. $20 sebulan adalah harga yang masuk akal dan Globat dan Network Solutions menawarkan program-program yang bagus.

2.4 Mendisain Situs

Konon, siapa saja bisa membikin sebuah situs web. Itu memang benar: yaitu siapa saya yang tahu HTML. Hari ini, Anda bahkan tak perlu tahu tentang itu. Program-program seperti Microsoft FrontPage atau NVU (yang gratis; dapat Anda download di http://www.nvu.com) bisa membantu Anda membuat situs tanpa Anda perlu tahu tag dari tabel-tabel Anda. Jika Anda dapat menggunakan Word, Anda dapat membuat situs web.

Anda pun bisa bersenang-senang dengan merancang sendiri situs Anda atau bisa juga menyewa jasa seorang disainer profesional untuk melakukannya bagi Anda.

Situs para freelance seperti http://www.elance.com dan http://www.guru.com adalah tempat yang bagus untuk memasang iklan. Anda dapat mengundang para disainer untuk memberi Anda kutipan dan pilihlah yang terbaik berdasarkan harga dan bakat yang dimilikinya. Tapi pastikan untuk mencek umpan balik dan contoh karya mereka; tawaran yang rendah biasanya mencerminkan kualitas yang rendah pula.

2.5 Membuat Konten

Di bab 8 saya membahas dengan rinci tentang bagaimana membuat konten dan mengoptimasikan tulisan Anda agar bisa menarik pengunjung dan memaksimalkan pendapatan AdSense Anda. Di sana dikupas banyak hal yang harus dilakukan namun untuk saat ini yang penting adalah ingat baik-baik bahwa iklan yang ditampilkan pada situs Anda akan tergantung pada konten halaman situs Anda. Demikianlah cara kerja AdSense: para pengunjung meng-klik iklan tersebut karena ada relevansinya dengan konten.

Dan itulah sebabnya tak ada gunanya membuat sebuah situs hanya untuk mengumpulkan uang dengan kata kunci tertentu. Google tak menyukainya, demikian juga para pengunjung. Jika situs Anda memang tidak punya daya tarik bagi para pengunjung, maka sulit mendapatkan aliran pengunjung, link dan klik pada iklan Anda.

Namun masih ada beragam cara untuk membuat konten dengan cara yang gampang untuk meningkatkan penghasilan Anda. Akan saya tunjukkan kepada Anda pada bab 8.

Juga yang perlu diingat adalah bahwa Google tidak memasang iklan pada tipe situs-situs tertentu, maka jika Anda berpikir hendak membuat situs tentang kasino yang penuh dengan iklan AdSense, Anda bisa lupakan
saja hal ini; ini tak akan terjadi.

Sebelum Anda membuat sebuah situs yang di dalamnya ada konten yang kontroversial, cek dulu pada bagian Terms of Service (TOS) guna memastikan bahwa hal tersebut bisa diperbolehkan. Di sana banyak hal yang bisa Anda ketahui.

2.6 Optimasi Search Engine

Tentu saja, begitu situs web Anda sudah jadi dan online, orang harus tahu keberadaannya. Salah satu cara terpenting untuk melakukan hal itu adalah bagaimana agar situs Anda memperoleh ranking tinggi di search
engine.

Terdapat banyak ragam search engine, namun hanya 3 saja yang benarbenar penting: Google, Yahoo! dan MSN. Di bab 17 saya akan mengupas lebih rinci tentang bagaimana meningkatkan ranking search engine Anda. Jika Anda mau ambil jalan pintas, ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan pendaftaran ke search engine bagi Anda dan mereka bahkan mengoptimasikan situs Anda agar Anda bisa memperoleh
ranking yang setinggi mungkin. Submit Express memiliki layanan gratis yang barangkali bermanfaat bagi Anda.

2.7 Link

Ranking situs Anda di search engine akan tergantung pada sejumlah faktor. Salah satunya adalah berapa banyak situs lain yang memiliki link ke situs Anda. Selama ini Google sangat memperhatikan apakah banyak
situs yang memiliki model railway me-link ke situs Anda yang model railway, itu adalah pertanda bagus bahwa orang-orang yang menyukai model railway berpikir bahwa situs Anda bagus. Sehingga mereka ingin
menawarkannya kepada orang-orang yang mencari model railway, dan hal itu mendatangkan banyak aliran pengunjung ke situs Anda dengan gratis.

Begitu situs Anda jadi dan online Anda tentu ingin membujuk situs-situs lain agar memberi Anda link. Anda dapat menawarkan tukar-menukar link dan Anda bahkan dapat membuat satu halaman khusus yang berisi linklink yang direkomendasikan sehingga Anda punya tempat untuk meletakkannya.

Ada banyak strategi dan layanan lain yang dapat Anda gunakan. Anda bisa menemukannya juga nanti pada bab 17.

2.8 AdSense – Menghasilkan Uang!

Begitu Anda sudah melakukan semua ini, maka Anda pun siap untuk mulai menggunakan – dan menghasilkan uang dari – AdSense. Proses aplikasinya sederhana dan tidak lama. Pertama-tama, Anda harus memberitahu Google apakah situs Anda itu milik pribadi atau perusahaan. Ini penting karena mereka butuh informasi ke mana harus mengirim uang. (Secara umum, lebih baik minta ditransfer langsung ke rekening bank Anda; Google melakukan potongan untuk biaya pengiriman cek dengan pos ekspres). Anda juga harus memilih apakah Anda ingin iklan yang berbasis konten (content based ads), iklan dari hasil pencarian (search ads) atau keduanya. (Content based ads lebih baik tapi akan saya beritahu nanti bagaimana caranya memanfaatkan masing-masing).

Begitu aplikasi Anda diterima, Anda tinggal melakukan copy-paste sepotong kode kecil ke dalam situs web Anda dan selesai!

2.9 Kebijakan Google

AdSense benar-benar berjalan. Saya tahu betul karena saya punya bukti statistik, cek, dan saldo bank untuk membuktikannya. Dan semua metode yang saya pakai untuk meningkatkan pendapatan AdSense saya sepenuhnya sah dan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Google.

Ini penting. Bisa saja mengakali AdSense. Tapi Anda pasti gila bila melakukannya. Anda dapat menghasilkan begitu banyak uang dengan bekerja sesuai aturan main Google daripada harus mengambil risiko dikeluarkan dari program ini bila melakukan penempelan iklan pada halaman situs yang tidak ada kontennya atau dengan membujuk para pengunjung situs Anda untuk meng-klik iklan. Anda bisa membaca secara lengkap apa saja yang boleh dan tidak boleh (sebagian besar adalah yang tidak boleh) dilakukan pada https://www.google.com/adsense/policies. Hal-hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah:

Memodifikasi Kode

Anda harus menempelkan kode AdSense ke situs Anda dengan apa adanya. Dan Anda tak perlu melakukan apa pun lagi! Pada fasilitas account AdSense Anda, Anda bisa bermain dengan warna dan penempatan (dan bagaimana cara melakukan hal itu dengan tepat akan benar-benar melonjakkan pendapatan Anda) maka kenapa harus susahsusah mengotak-atik kode HTML dari Google? Hal itu tidak perlu dan bisa menyebabkan Anda ditendang selamanya.

Insentif

Tatkala iklan muncul di halaman situs Anda, Anda harus membiarkannya apa adanya. Anda mungkin tergoda untuk membujuk pengunjung situs Anda dengan “klik di sini” atau mendukung sponsor Anda tapi bila Google
sampai mengetahui perbuatan Anda itu, mereka akan memotong pendapatan Anda. Mereka ingin orang meng-klik karena mereka memang murni tertarik dengan iklan tersebut. Lakukan strategi yang benar dan
pasti akan berhasil.

Konten
Google amat pilih-pilih dalam hal di mana mesti menampilkan iklan. Mereka tak ingin para pengiklan yang menggunakan jasa mereka mengajukan komplain karena iklan mereka ditempelkan pada situs yang
mendukung perjudian atau di halaman situs yang penuh dengan kata-kata tak karuan atau mengandung lebih banyak iklan daripada konten. Jika konten Anda belum siap, Anda perlu situs yang siap. Larangan Meng-klik Sendiri Dan yang terparah dari semuanya adalah orang-orang yang meng-klik sendiri iklan di situs mereka atau membuat program yang melakukan hal itu untuk mereka.

Pada prinsipnya, Anda tak perlu melakukan segala hal itu. Memaksimalkan pendapatan Anda dengan mengikuti aturan main yang berlakuk adalah hal yang mudah!

2.10 Semudah 1-2-3!

Pada prinsipnya, ada 3 cara untuk meningkatkan pendapatan AdSensenAnda.
1. Dengan memoles iklan agar supaya lebih menarik mata pengunjung Anda
2. Dengan mengoptimasi situs web Anda agar mendapat iklan AdSense yang lebih tepat sasaran (atau oleh
orang-orang di Google disebut ‘content relevance’);
3. Melacak tanggapan pengunjung
Jika Anda tak tahu apa yang berjalan (dan apa yang tak berjalan) dalam rangka berusaha meningkatkan pendapatan AdSense Anda… maka Anda sedang memanah dalam kegelapan!
Tool pelacakan / tracking tool yang tepat akan mengungkapkan banyak hal tentang para pengunjung situs Anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti apa yang sedang mereka cari dan apa yang membuat mereka meng-klik. Begitu Anda berhasil menggali informasi hal tersebut, bingo! Anda sudah berada di jalan yang benar untuk menambang dollar dari AdSense!

Tapi ini tidaklah semudah itu. Jika memang demikian, tentu tak sebanyak itu orang yang menggerundel di forum-forum AdSense, yang mengeluhkan tentang rendahnya pendapatan AdSense mereka. Ini bukan karena mereka tak berbuat apa pun. Mereka hanya tidak melakukan hal yang benar, itu saja.

Saya berani menjamin Anda bahwa selama saya menggunakan AdSense, pendapatan saya selalu naik – dan demikian juga Anda, jika Anda terapkan semua teknik saya ini dengan serius.

BERSAMBUNG
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment