Rahasia Google Adsense

Bab 1: Bagaimana Menghasilkan Uang (Lebih Banyak Lagi) dengan Google Adsense

Google ingin mendapat bagian dari aliran pengunjung situs web Anda. Dan mereka bersedia membayar besar! Bagi mereka yang selama ini mengeluhkan tingginya aliran pengunjung ke situs mereka namun rendahnya tingkat pembelian atas produk/jasa yang dijual di sana, maka tak ada cara yang lebih baik dari ini untuk mendapatkan uang kas dari para pengunjung yang sulit untuk dibujuk membeli tersebut.

Adsense membuat jadi gampang!

Tak perlu melakukan penginstallan software yang rumit, tak perlu mencari afiliasi, tak ada yang perlu dibeli dan bahkan tak perlu punya merchant account. Maka... Mengapa tak semua orang melakukannya? Lebih penting lagi, mengapa tidak semua orang bisa menghasilkan banyak uang dari sana?

“Uang Tersembunyi”

“Melihat dulu, baru percaya,” begitu kata orang-orang. Hampir semua webmaster begitu keranjingan melacak para pengunjung yang datang ke situs mereka, berapa pendapatan, dan CTR mereka beberapa kali dalam sehari. Mereka suka melihat apa yang ada, namun seringkali mereka luput dari apa yang sebenarnya bisa ada.

AdSense tak memberi Anda kontrol sepenuhnya atas iklan apa saja yang ditampilkan, bagaimana iklan tersebut dirotasi dan berapa ‘harga’ setiap klik. Itulah sisi baiknya, karena ini adalah pendapatan yang bisa diperoleh dengan lepas tangan. (Sesungguhnya Anda masih bisa melakukan beberapa kendali, dan akan saya beritahu bagaimana menggunakan kendali tersebut di buku ini.)

Namun kebanyakan webmaster masih berpikir bahwa begitu mereka menempelkan kode AdSense ke halaman situs mereka, tak ada lagi yangbisa dikerjakan selain menunggu dan melihat. Tak terlalu jauh dari kebenaran! Google memberi Anda banyak fasilitas untuk mengendalikan iklan Anda, dan khususnya menyangkut unsurunsur visual atau grafisnya. Dengan memoles unsur-unsur ini agar menguntungkan bagi Anda, maka Anda pun dengan mudah – dalam sekian menit saja – melipatgandakan CTR Anda berkali-kali lipat!

Pengalaman pribadi saya dengan AdSense

Saya mengikuti program AdSense pada bulan Juni 2003, mengawalinya dengan memasang iklan AdSense pada segelintir saja dari halaman situs saya.

Di ujung hari, saya mendapat kiriman sekian ribu AdSense impression –yang setelah dihitung bersihnya cuma… $3. Saya tidak membakar rumah karena itu. Sementara belum melihat besarnya potensi yang terpendam berdasarkan angka awal ini, saya merasa tak ada salahnya untuk memasang kode AdSense pada halaman situs saya lebih banyak lagi. Setelah beberapa bulan, impression saya meningkat sampai 25 kali, namun klik yang ditunggu-tunggu belum terjadi. Itulah saat di mana saya berada pada titik terendah sebagai Internet publisher. CTR saya begitu jeleknya, saya butuh ribuan pengunjung agar bisa mendapat $30 per hari.

Pada titik itu, saya tahu ada sesuatu yang harus diubah – dan saya akan mengubahnya! Itu terjadi pada akhir April 2004 – sepuluh bulan setelah saya mengikuti AdSense – ketika mata saya terbuka lebar atas apa yang selama ini luput dari pengamatan saya. Ini adalah sebuah momen “Ah-ha!” di mana sayamerasa dihantam oleh peribahasa sederhana. Segera saja, saya mulai bereksperimen dengan iklan Google saya, menguji berbagai macam pemasangan dan warna untuk melihat apakah asumsi saya benar.

Hasilnya cepat – dan fantastis!

Dengan menerapkan strategi mudah yang sama dan dibahas dalam bukuini, saya mendekati 3 kali lipat CTR saya, dan penghasilan saya melejit hingga $600 PER HARI! Saya masih ingat hari indah pada bulan April
2004 – dan sejak saat itu saya tak pernah lagi melihat ke belakang.

Dari masa-masa awal saya sebagai “bukan siapa-siapa di AdSense” hingga menjadi seorang pakar AdSense terkemuka, di mana pendapatan puluhan ribu dollar tak lagi mengagetkan saya… itulah perjalanan yang
penuh peristiwa dan pelajaran dari pengalaman.

Sedikit pengetahuan menjalankan mesin AdSense!
Rasanya mudah kehilangan kendali diri tatkala Anda bisa menghasilkan begitu banyak uang. Namun saya tak pernah kehilangan penglihatan akan hal-hal kecil yang mendatangkan uang besar dengan AdSense.

Setiap mitra AdSense – sebesar atau sekecil apa pun – tahu bahwa di penghujung hari, semuanya menghitung-hitung satu hal: statistik mereka! Angka statistik AdSense Anda mungkin tidak mengagumkan pada awalnya, namun jadikanlah kebiasaan untuk memeriksanya secara cermat. Begitu Anda mulai bisa memahami ‘angka-angka kecil’ tadi… maka cek dengan nominal besar akan mengikuti!

Rahasia Google Adsense
Gambar 1.1. Statistik adalah mangkuk suci Internet Marketing. Ini adalah screenshot
nyata dari halaman statistik AdSense saya. Anda bisa melihat perolehan saya setiap
harinya, namun rincian spesifik seperti CPM dan CTR sengaja ditutupi dalam rangka
mengikuti aturan main Google.
Menghantam Jackpot AdSense!
Sebagaimana bisa Anda saksikan, hari ini AdSense mengambil alih cicilan mobil saya, hipotik, tagihan telepon, dan banyak hal lagi lainnya. Apakah Anda tak penasaran untuk mengetahuinya…

APA yang saya lakukan dengan AdSense – dan situs web saya – yang dalam semalam dapat berubah menjadi sapi perah gemuk penghasil duit?! Yang lebih penting lagi, apa yang dapat ANDA lakukan untuk
melambungkan pendapatan AdSense Anda SEKARANG JUGA!

Nasihat saya untuk Anda cukup sederhana…
Jangan bersikap pasif atas pendapatan AdSense Anda; bekerja keraslah untuk meningkatkannya. Namun sebelum Anda menguji coba ide panas yang Anda baca di Forum Internet itu, pastikan dulu untuk menceknya pada Google AdSense TOS. Beberapa web publisher selama ini telah melepaskan peluang mendapatkan cek gemuk dengan AdSense mereka, hanya karena mereka terlalu sibuk untuk memperhatikan sesuatu yang begitu fundamental atas keberlangsungan hidup AdSense mereka.

Saya lebih suka mengikuti aturan main dan melakukan langkah yang cukup berhati-hati agar tips dan strategi AdSense saya legal. Dengan melakukan apa yang saya lakukan dari AdSense, saya terhindar dari keinginan untuk melakukan petualangan yang melanggar aturan main dan menjadikan account AdSense saya di-suspend (ditahan).

Bagi kebanyakan pemilik situs Internet, AdSense bagaikan angsa yang bertelur emas. Peliharalah baik-baik angsa Anda – jangan sembelih ia hanya karena Anda tergesa-gesa ingin meningkatkan pendapatan AdSense Anda!

 BERSAMBUNG

Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment