Rahasia Google Adsense : Setting Iklan

Rahasia Google Adsense : Setting Iklan

Bab 6: Mengontrol Iklan Anda
6.1 Menarik Iklan Yang Relevan


Pemilihan warna dan penempatan yang tepat akan membantu meningkatkan CTR Anda. Namun keduanya tak akan mempengaruhi iklan apa yang akan dimunculkan di halaman situs Anda.

Secara teori, Google mengontrol iklan yang ditampilkan pada halaman situs Anda. Anda tak bisa memilihnya sama sekali. Dalam praktiknya, ada beberapa hal yang masih bisa Anda lakukan untuk menstop iklan tidak
relevan agar tidak muncul dan memastikan bahwa Anda mendapatkan iklan yang menghasilkan uang bagi Anda.

Makin relevan iklan tersebut, makin besar pula peluang seorang pengunjung akan meng-klik dan Anda pun menghasilkan uang. Faktor yang terpenting tentu saja adalah konten situs Anda. Robot Google akan mencek situs Anda dan menyediakan iklan berdasarkan kata kunci dan konten halaman situs Anda.

Perlu diingat baik-baik bahwa robot Google tak mampu membaca grafis/gambar atau Flash atau tetek bengek lainnya yang tidak berbentuk teks. Saya akan membahas tentang konten secara rinci pada bab 8, namun untuk sekarang ini, ingatlah jika Anda ingin tetap menjaga agar iklan yang ditampilkan di halaman situs Anda relevan, Anda harus memiliki halaman situs yang dapat dimengerti dan digunakan oleh Google untuk
mendatangkan iklan yang Anda inginkan.

6.2 Jagalah Agar Judul, Direktori dan Headline Relevan

Bagaimana persisnya robot Google membaca halaman situs adalah rahasia perusahaan yang sangat tertutup rapat sebagaimana halnya Coca Cola merahasiakan formula sirup istimewanya. Namun, salah satu unsur
yang tampaknya memiliki efek adalah judul URL dan nama file Anda. Tatkala Anda membuat halaman situs Anda dan melihatnya di layar monitor Anda sebelum meng-upload ke server, hendaknya Anda sadari bahwa AdSense menampilkan iklan yang berkaitan dengan nama direktori yang menyimpan halaman situs tersebut. Dari sini kita bisa mendapat isyarat yang sangat penting mengenai paling tidak salah satu hal yang dilihat oleh Google: nama direktori.

Sesungguhnya, bukan hanya nama direktori itu saja yang penting. Nama file pun ikut berperan besar.
Jika Anda punya sebuah situs web tentang wedding trains dan judul dari salah satu halaman situs Anda adalah trains.php, misalnya, maka kemungkinan besar Anda akan mendapat iklan tentang Amtrak dan Caltrain. Barangkali Anda tak akan mendapat banyak klik dari iklan tersebut.

Gantilah nama file tersebut dengan weddingtrains.php dan itu akan mendatangkan peluang yang lebih besar Anda melihat iklan yang berkaitan dengan wedding / perkawinan. Jika Anda mendapati iklan yang tampil di halaman situs Anda tak ada kaitannya dengan konten Anda, tempat pertama yang harus Anda lihat
adalah direktori dan judul Anda. Jadikan kedua hal tersebut makin relevan dengan konten Anda dan hendaknya pastikan benar agar Anda memperoleh iklan yang lebih baik.

Tempat lain yang perlu dilihat adalah headline Anda. Gunakanlah <h1> tag dengan heading yang mengandung kata kunci Anda dan bukannya <font> tag. Ini akan membantu headline Anda tampak lebih menonjol di mata robot. Dan jika Anda tak punya headline sama sekali, cobalah menambahkannya.

6.3 Menemukan Kata Kunci ( Keyword )

Kita tahu bahwa robot Google mencari situs web berdasarkan kata kunci, dan melaporkan balik dan memberitahu kepada perusahaan jenis iklan apa yang akan dikirim ke situs tersebut. Jika situs Anda tentang rencana pensiun misalnya, maka kata kunci yang Anda pakai mestinya seperti “retirement”, “401k” dan “pension”.

Memiliki kata kunci yang tepat untuk situs Anda bukan hanya akan menjadikan iklan Anda relevan; ia juga akan membantu Anda memastikan bahwa iklan yang Anda terima adalah iklan dengan bayaran tertinggi.

Tersedia bermacam-macam tool di web yang bisa membantu memberi informasi kepada Anda tentang betapa orang-orang begitu siap membayar untuk kata kunci. www.overture.com dan www.googlest.com membantu Anda dengan informasi tentang seberapa besar orang-orang bersedia membayar untuk kata kunci, dan keywords.clickhereforit.com juga memiliki daftar / list kata kunci beserta harganya.

Sekali lagi, Anda tentu tak ingin membuat sebuah situs hanya untuk mendapat uang dari kata kunci dengan bayaran tinggi namun jika Anda tahu bahwa “401k” membayar lebih besar dibandingkan “retirement”,
misalnya, maka memang masuk akal untuk menggunakan kata kunci yang bayarannya lebih tinggi dibandingkan kata kunci yang bayarannya lebih rendah.

Lihat bab 12.4 untuk mendapat informasi lebih banyak yang up-to-date tentang bagaimana menemukan kata kunci dengan bayaran tertinggi.

6.4 Kerapatan Kata kunci ( Keyword Density )

Anda memerlukan kata kunci yang tepat untuk mendapatkan iklan yang tepat. Namun Anda pun memerlukan jumlah kata kunci yang tepat. Tak ada aturan baku dalam hal berapa jumlah yang tepat dalam
memasang kata kunci dalam sebuah halaman situs agar bisa mendapat iklan yang Anda inginkan. Anda hanya perlu bereksperimen. Agaknya kerapatan kata kunci dihitung di seluruh halaman situs tersebut, khususnya untuk kata kunci dengan bayaran tinggi. Jika Anda punya situs yang secara umum kontennya tentang mobil dan Anda menulis satu halaman tentang “car rental”, sebuah kata kunci dengan bayaran tinggi, barangkali akan Anda temukan bahwa Anda perlu membuat beberapa halaman tentang car rental / penyewaan mobil sebelum Anda bisa mendapat iklan.

Namun secara umum, jika Anda mendapati bahwa iklan Anda tidak pas dengan halaman situs Anda dan bahwa judul Anda semuanya sudah benar, maka langkah berikutnya adalah mengusahakan agar kata kunci
yang Anda pakai disebutkan lebih sering lagi dan pastikan bahwa penggunaannya benar-benar fokus. Contoh, bicara soal “fire extinguishers” (pemadam kebakaran) tampaknya akan mendatangkan hasil yang lebih baik bagi Anda dibandingkan pembicaraan umum tentang “safety equipment” (perlengkapan keselamatan).

6.5 Penempatan Kata Kunci

Agaknya tidak begitu masalah di mana Anda mesti meletakkan kata kunci pilihan Anda kan? Selama kata-kata yang tepat berada di halaman yang tepat dengan jumlah yang tepat, maka itu sudah cukup agar Anda bisa mendapat iklan yang relevan, gitu kan? Salah.

Salah satu hasil paling aneh dari orang-orang yang menggunakan AdSense selama ini adalah dengan meletakkan kata kunci pada tempattempat tertentu maka akan dapat menimbulkan efek pada iklan yang
diperoleh oleh situs tersebut.

Berdasar pengalaman saya, tempat paling penting di halaman web Anda adalah langsung di bawah kotak AdSense. Kata kunci yang Anda letakkan di sana dapat mempengaruhi iklan Anda. Misalnya, dengan menyebutkan badut pada spasi / ruang kosong yang langsung berada di bawah kotak AdSense dapat mendatangkan iklan tentang sirkus dan badut ke situs Anda!

Dengan mengingat ini baik-baik, Anda dapat bermain-main dengan iklan Anda dengan berbagai macam cara. Jika Anda punya situs tentang camping, misalnya, mungkin Anda menemukan bahwa Anda mendapat banyak iklan tentang tenda dan kantong tidur, yang tentu saja bagus.

Namun jika Anda ingin memastikan bahwa salah satu atau dua iklan Anda adalah tentang Yosemite atau rumah mobil, maka dengan menyebutkan kata kunci tersebut sekali atau dua kali di halaman yang langsung berada di bawah kotak AdSense dapat mendatangkan iklan tentang situs-situs yang berisi konten seperti itu.

Tapi ingat baik-baik, bahwa kerapkali Anda akan menemukan bahwa iklan yang Anda dapat adalah iklan yang berusaha menggabungkan kekuatan utama situs Anda dengan kata-kata yang terdapat pada spasi di bawah kotak iklan. Maka jika Anda punya situs tentang gardening dan Anda menyebut “cabbage” di bawah kotak iklan, maka Anda kemungkinan besar mendapat iklan tentang cara menanam kubis dibandingkan tentang resep masakan dengan kubis.

Dengan bereksperimen dalam hal penempatan kata kunci dapat membantu Anda untuk mengontrol paling sedikit satu atau dua iklan yang Anda terima dan menjaganya agar senantiasa bervariasi. Itulah hal yang
pasti harus dicoba.

6.6 Bingkai Kata Kunci ( Keyword Frames )

Salah satu alasan kenapa situs web tak selalu mendapat iklan yang relevan, bisa jadi penyebabnya adalah semua panel navigasi dan katakata lainnya yang tak sesuai dengan konten berpengaruh pada cara Google dalam membaca halaman situs tersebut. Jika link-link Anda dan kata-kata lainnya banyak makan ruang, maka dapat membelokkan hasil Anda.

Salah satu cara untuk mencegah agar navigasi Anda tidak berpengaruh pada iklan Anda adalah cukup dengan membuat bingkai. Anda meletakkan semua konten Anda ke dalam bingkai / frame utama dan
materi untuk navigasi di dalam bingkai yang terpisah. Hanya “bingkai berisi konten” saja yang dipasangi kode Google (google_page_url=document.location), maka kata kunci kunci Anda tak akan larut ke dalam kata-kata yang tak relevan.

6.7 Jangan ‘Memancing’!

Saya seringkali meng-klik sebuah situs web yang ‘menjanjikan’, hanya untuk menemukan setumpukan spam kata kunci, yang berselang-seling dengan AdSense. Situs yang seperti ini membuat AdSense jadi tampak
jelek. Keyword spam bisa saja mengakali search engine, namun para pengunjung Anda yang manusia beneran akan dikecewakan.

Orang tak suka ‘dipancing’ oleh seorang web marketer. Tawarkanlah konten yang menjadikan kunjungan mereka berharga. Berkonsentrasilah pada apa yang menjadi kebutuhan dan keprihatinan / kerisauan para
pengunjung Anda dengan konten yang orisinil. Konten yang berkualitas membangun kepercayaan dan kesetiaan – dan itu, pada gilirannya, membuat orang ingin meng-klik. Ranking di search engine bisa berubah, namun para pengunjung yang setia tetap akan datang kembali!

6.8 Mengganti Metatags

Tentu saja kini metatags tak lagi seperti dulu dan dalam AdSense, hampir tak ada pengaruhnya sama sekali. Ada peluang bagus bahwa tatkala tiba waktunya untuk memutuskan iklan yang relevan, metatags Anda sama
sekali tak berpengaruh.

Saya tadi menyebutkan bahwa judul pada halaman Anda yang akan berpengaruh. Agaknya hal sama juga begitu pada deskripsi. Tapi itu bukan berarti bahwa metatags Anda sama sekali tak relevan tatkala berkaitan dengan AdSense. Tidak demikian. Metatags hanya tak relevan dalam hal iklan yang ditampilkan; namun masih memiliki peranan dalam hal optimasi di search engine dan agar situs Anda di-indeks lebih
cepat.

6.9 Mengundang Robot

Sejauh ini dalam bab ini, saya telah menjelaskan beberapa cara di mana Anda dapat memoles halaman situs Anda agar iklan yang terpasang tetap relevan. Namun perubahan-perubahan yang Anda lakukan tak akan
berdampak apa pun hingga robot Google mampir ke situs Anda dan mengindeks ulang situs Anda. Yang umumnya terjadi adalah bahwa setelah Anda meng-upload halaman baru, Anda masih mendapati halaman yang lama dan Anda harus menunggu beberapa waktu sebelum robot mengunjunginya lagi dan Anda bisa mengetahui apakah perubahan yang Anda buat mendatangkan hasil yang diinginkan.

Agar robot mau mampir lebih cepat, reload-lah halaman pada browser Anda, dan lakukan lagi beberapa menit setelah itu. Jangan meng-klik iklan apa pun, cukup reload saja dan tunggulah beberapa menit sebelum
mengulangi lagi.

Mestinya Anda akan mendapatkan beberapa iklan baru dalam waktu beberapa menit saja. 6.10 Iklan Layanan Masyarakat Hukuman yang Anda terima karena tidak menempatkan kata kunci dan kerapatannya dengan tepat bukan hanya mendapat iklan yang tak relevan saja. Bisa juga tak ada iklan sama sekali. Jika Google tak dapat menemukan iklan yang relevan untuk situs Anda, ia bisa menggunakan spasi Anda untuk menampilkan iklan layanan masyarakat, yang tentu saja sangat manis namun tak akan menghasilkan uang sepeserpun bagi Anda.

Barangkali Anda lebih suka mendapat uang dan mendermakannya ke tempat-tempat yang Anda pilih sendiri dibandingkan memberikan ruang kosong di situs Anda kepada Google untuk memasang iklan layanan masyarakat.

Cara yang paling tepat dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menyediakan URL alternatif jika sampai terjadi Google tak memiliki iklan yang sesuai untuk Anda. Anda dapat melakukannya dengan account
AdSense Anda. Daripada memasang link Palang Merah atau apa pun itu, Anda akan menerima sebuah link ke sebuah situs yang telah Anda tentukan sebelumnya. Contoh, saya telah memasang iklan default untuk
blok iklan 336 x 280 saya. http://www.worldvillage.com/336x280-1.html Ia benar-benar tampak seperti iklan AdSense, kan?

Anda juga dapat menggunakan spasi ini untuk mengirimkan iklan berbasis
gambar yang berasal dari server Anda. Untuk tawaran yang membayar per aksi (klik atau signup), saya suka menggunakan WebSponsors.com. Anda dapat mendaftar untuk memperoleh account gratis dan menemukan
cara-cara untuk menghasilkan uang dari spasi iklan Anda yang tak terpakai.

Anda juga dapat menggunakan Google Backfill, sebuah layanan yang sangat rapi yang memberi Anda keleluasaan untuk memilih kata kunci yang relevan dengan situs Anda dan menampilkan iklan yang tepat
sasaran dibandingkan iklan layanan masyarakat atau alternatif URL Anda.

Mereka akan mengepaskan dengan warna dan style Anda dan membagi pendapatan 50:50. Semuanya tak bertentangan dengan syarat dan ketentuan Google dan bisa menjadi alternatif yang bagus daripada tak mendapat penghasilan sama sekali padahal kata kunci Anda sudah tetap / fixed. Layanan ini tersedia di www.allfeeds.com

6.11 Memblok Iklan

Terakhir, cara terakhir untuk mengontrol iklan yang Anda lihat di situs Anda adalah dengan memblok iklan-iklan yang tak Anda inginkan. Google memberi Anda limit 200 URL untuk diblok, tentu saja tak cukup. Anda barangkali segera bisa merasakan bahwa jatah yang tersedia segera habis, khususnya jika Anda berusaha memblok iklan dengan bayaran rendah agar yang tampil hanya iklan dengan bayaran tinggi saja. Bermainmain dengan kata kunci, konten, dan penempatan akan mendatangkan hasil yang lebih baik bagi Anda.

BERSAMBUNG
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment