Rahasia Google Adsense : Mencari Uang Dengan Search Box

Bab 7: Menangkap Pengunjung Yang Plin-Plan Dengan Google Search Box
7.1 Mencari uang dengan search


Apa yang terjadi tatkala pengunjung Anda tak dapat menemukan apa yang mereka inginkan di situs web Anda? Mungkin mereka merasa bosan, barangkali mereka masih ingin mencari lagi atau mungkin mereka ingin me-refine pencarian mereka. Jika Anda memiliki Google Search Box, maka Anda dapat menahan para ‘quitters’ ini – dan menghasilkan uang dari iklan yang mereka klik dari hasil pencarian mereka!

Google Search Box bukan hanya fasilitas tambahan untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung Anda – ia sesungguhnya dapat mendatangkan uang bagi Anda! Jika iklan AdSense Anda tak dipedulikan orang, tambahkan sebuah link di bagian paling bawah iklan AdSense tersebut, yang mengundang pengunjung untuk mencoba Google search. Sederet kalimat sederhana dapat dipakai. Cobalah kata-kata seperti ini: “Tak menemukan yang Anda cari? Coba gunakan Google search!”

Google Search Box membantu para pengunjung Anda untuk menentukan sendiri spesifikasi apa yang mereka cari sesungguhnya, dengan demikian “menarik” lebih banyak lagi iklan yang relevan ke halaman situs Anda.

Dengan menggunakan fitur Search ini, Anda dapat menarik iklan AdSense yang sesuai dengan permintaan di bagian paling atas halaman hasil pencarian.
Pada bagian paling bawah teks iklan Google, letakkan sebuah link ke
Google Search Bar, dengan mengundang pengunjung untuk melakukan
Search guna mendapat konten dan tawaran yang lebih tepat sasaran.
Tatkala pengunjung meng-klik sebuah iklan, Anda mendapat bayaran!
Anda dapat mengundang pengunjung untuk mencari / search di dalam
situs web atau di seluruh web. Sejauh mungkin, gunakan tombol
berwarna abu-abu muda untuk fitur Google Search. Ia tampak lebih
meyakinkan – dan sah! Perhatikan bahwa Google tak main-main dengan
tombol-tombol search-nya sendiri, walaupun logonya telah mengalami
banyak perubahan bentuk yang disesuaikan dengan tema.

Mencari Uang Dengan Search Box
Gambar 7.1 Fitur “Search” adalah sebuah bagian yang penting dari situs web yang kaya
konten. Pada situs saya di atas, para pengunjung diundang untuk mencari dengan
beragam thread di dalam situs web ‘by keyword’ dan ‘by username’. Coba cek di:
http://forums.dealofday.com/search.php
Google search box kini semakin populer di Forum Internet, karena membantu pengunjung untuk menyedot iklan teks yang “sesuai dengan permintaan”!

7.2 Belajarlah Bagaimana Menambahkan Google Search ke Halaman Web Anda!
Menambahkan Google Search ke halaman web Anda sangat mudah. Tutorial step-by-step ini akan memperlihatkan kepada Anda caranya:

Bagaimana… Menambahkan Google “AdSense for Search” ke Halaman Web Anda!
1. Lakukan login ke AdSense account Anda dan klik tab “Account Information”.
Mencari Uang Dengan Search Box
 2. Dari halaman Account Information, klik pada “Products” dan kemudian tombol “Edit Information” untuk subscribe ke AdSense for Search.
Mencari Uang Dengan Search Box
 3. Klik-lah tab “Search Setting” untuk menentukan pilihan search Anda dan hasilnya. Tempelkan kode html pada halaman web Anda dan mulailah menjalankannya klik tersebut untuk menghasilkan uang dengan AdSense.
Mencari Uang Dengan Search Box

 7.3 Search or not to search
Menambahkan sebuah Google search box pada situs Anda mendatangkan keuntungan dan kerugian. Sisi positif besarnya adalah bahwa semua iklan yang dilihat pengunjung akan relevan. Pengunjung memilih kata kunci sehingga hasilnya akan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengunjung.

Di sisi lain, itu artinya Anda tak punya kontrol atas kata kunci yang mereka pilih sehingga Anda tak dapat mempromosikan kata kunci dengan bayaran tinggi. Anda harus menerima apa yang Anda berikan. Anda dapat memiliki CTR yang tinggi namun pendapatan rendah (walaupun tak ada jaminan bahwa pengunjung akan meng-klik sebuah iklan dibandingkan listing yang tak ada bayarannya pada halaman hasil pencarian.)
Namun pengunjung Anda tetap akan meninggalkan situs Anda pada akhirnya. Mengapa Anda tak mencoba untuk menghasilkan uang tatkala mereka berhenti meng-klik? Walaupun jika Search tak mendatangkan
jumlah uang besar, hendaknya masih Anda gunakan sebagai sumber untuk tambah-tambah penghasilan dan untuk memberikan fasilitas tambahan bagi pengunjung Anda. Saya melihatnya dengan cara demikian. Jika seorang pengunjung tak mendapatkan apa yang mereka inginkan dari situs saya, saya lebih suka mereka meninggalkan recehan ke dalam “kotak sumbangan” di samping pintu keluar!”

7.4 Home Page Searching

Salah satu cara meningkatkan pendapatan Anda dari searching adalah dengan mendorong pengunjung Anda untuk menggunakan situs Anda sebagai home page mereka. Banyak user yang menjadikan Google sebagai home page mereka. Jika Anda menawarkan layanan yang sama dengan Google, dengan menggunakan search box mereka dan memberikan layanan hasil pencarian mereka, tak ada alasan mengapa para user Anda tak melakukan searching dari halaman situs Anda – dan mendatangkan pendapatan kepada Anda dari hasil iklan.

Doronglah pengunjung Anda, khususnya para pengunjung yang menjadikan Google sebagai home page mereka, untuk menukarnya dengan situs Anda, dan Anda bisa mendapatkan manfaat besar dari fungsi search Anda dan iklan Anda.

7.5 Melakukan Customizing Pada Search Anda

Google membolehkan Anda meng-customize search box agar “matching” dengan situs Anda, sebagaimana halnya Anda dapat meng-customize unit-unit iklan Anda. Namun ada prinsip berbeda yang berlaku di sini:

Anda ingin menghindari agar iklan Anda tak tampak seperti iklan; sedangkan Anda ingin search box Anda tampak seperti sebuah search box.

Tentu Anda dapat membuat search box Anda tampak seperti bagian dari situs Anda sehingga tampak menarik, namun seperti saya katakan tadi, tetap pertahankan agar tombolnya tetap berwarna abu-abu muda.
Orang percaya pada Google untuk menyampaikan hasil pencarian yang mereka inginkan. Jika search box tersebut mengingatkan mereka pada Google, maka mereka lebih cenderung untuk menggunakannya daripada harus ke situs Google.com dan mencari dari sana.

7.6 Search Script Yang Inovatif

Bob Rankin dari www.tourbus.com berbagi custom-made javascript yang membantu Anda untuk menambahkan search terms bagi pengunjung Anda. Perhatikan bahwa melakukan modifikasi atas kode search adalah pelanggaran atas Google’s terms of service. Akan tetapi, script ini sifatnya independen / lepas dari kode search Google tadi, walaupun ia ikut bermain dalam input.

Cukup Anda ganti ABC, DEF, dan GHI dalam script di bawah ini dengan search terms apa saja yang Anda ingin tawarkan kepada para pengunjung Anda.
// change forms[0] to forms[n] as needed.
<SCRIPT language="JavaScript">
function setvar(val) {
document.forms[0].q.value=val;
}
</SCRIPT>
<P>Suggested Searches
<BR>Click a highlighted word below, then press the Search button.
<P>
<A href="javascript:setvar('ABC');">ABC</A> &nbsp; &nbsp;
<A href="javascript:setvar('DEF');">DEF</A> &nbsp; &nbsp;
<A href="javascript:setvar('GHI');">GHI</A> &nbsp; &nbsp;


Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment