17 Cara Membuat Konten Viral

Berdasarkan beberapa penelitian konten yang viral ternyata mengandung faktor-faktor pendukung. Faktor-faktor pendukung yang membuat seseorang terpicu untuk meng-share konten tersebut.

Dalam tulisan ini tidak akan saya sajikan yang hanya berupa teori. Jika kamu hanya mencari teori maka kamu tinggal mencarinya di Google aja, akan tetapi teori mereka tidak terkonfirmasi dengan data yang akurat.

Misalnya: cara membuat judul yang menjual. Nah, kamu bisa tinggal ketik di google dan akan ketemu blog yang akan menjelaskan cara menulis judul yang menjual. Tapi kadang mereka hanya berdasar teori aja, faktanya mana?

Atau kalau mereka berdasar testimoni, testimoni itu kan cuma dari satu orang, apa yang berlaku buat satu orang belum tentu berlaku buat banyak orang.

Nah dalam tulisan ini akan saya sajikan faktor-faktor yang benar-benar mempengaruhi konten menjadi viral dan terkonfirmasi dengan data!!!

Apa saja faktor-faktor tersebut? lets cekidot.

Faktor -faktor yang Membuat Konten Viral

Nah masuk ke intiny ni... hehe...
Sekarang apa aja yang mempengaruhi sebuah konten di website menjadi viral.

1. Gunakan Angka dalam Judul
80% pembaca hanya membaca judulnya saja, dan sisanya membaca kontennya.
Jadiii…. judul itu penting.. lalu bagaimana membuat judul yang membuat pengunjung penaran membaca konten kita?

Judul dengan angka terbukti 36% lebih mendapat klik daripada yang tidak sebagaimana riset yang dilakukan oleh Conductor
Judul dengan angka
Okey setelah kita tambahkan angka, lalu angka yang seperti apa yang kita tambahkan. Sebuah studi yang dilakukan oleh outbrain menyebutkan bahwa angka yang ganjil lebih mendapat klik 20% lebih banyak daripada angka yang ganjil.
Membuat Konten Viral
2. Gunakan tanda kurung dalam Judul
Hubspot menemukan bahwa judul yang disertai dengan tanda kurung CTR-nya naik hingga 38%.

Konten Viral
Alasan kenapa tanda kurung mendapat lebih banyak klik adalah karena tanda kurung memberikan penekanan kepada mata untuk melihat.

Misalnya: Cara Mendapatkan Pacar Cantik (Pengalaman Nyata).
Atau lihat judul dari forum WSO di bawah ini:
Viral
Sekarang tahu kan kenpa judul di WSO kebanyakan pada pakai tanda kurung.

3. Gunakan Alamat URL yang Pendek
Marketing sherpa menemukan bahwa URL yang lebih pendek, 2,5 kali lebih dalam mendapatkan klik.
Cara Membuat Konten Viral
Alasan kenapa url yg lebih pendek lebih banyak mendapat klik adalah:
a. url yang pendek bisa memberikan semacam review terhadap isi konten
b. kedua, jika anda share di sosmed, maka akan sangat cocok dan pas di mata karena tidak terlalu panjang dan terpotong.
c. Jelas url yang pendek SEO friendly
Sebagai cintoh misalnya:
www.blogmu.com/viral-marketing
akan lebih mudah mendapat klik dibanding`;
www.blogmu.com/Viral Marketing Case Study: How a Brand New Blog Generated 17,584 Visitors In One Day

4. Gunakan URL yang Desktptif
URL yang deskriptif artinya di dalam url tersebut sedikit banyak telah memberikan deskripsi tentang isi konten Anda, sehingga visitor sudah bisa mengira-ngira isi kontennya.

Sebuah studi yang dilakukan Microsoft mengemukakan bahwa domain yang tepercaya mendapat 2,5 kali lebih banyak klik.
Konten Viral
Perhatikan contoh berikut:
Example.com/seo-untuk-toko-online
Bandingkan dengan:
Example.com/?p=76759
Maka url mana yang menurut Anda lebih dipercaya?
Jelas url yang pertama lebih bisa dipercaya karena memberikan semacam review terdahap isi konten halaman.

5. Kasih Intro
Jika Anda membaca koran maka pasti Anda sering membaca satu paragraf sebagai intro. Hal itu dilakukan karena pembaca akan merasa dimudahkan dalam merangkum isi konten. Hal itu tidak dilakukan karena pembaca cenderung malas untuk membaca keseluruhan isi konten.

Penelitian Dr. John Morkes mengonfirmasi hal tersebut. Di dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa paragraf intro menaikkan pembaca yang membaca isi keseluruhan konten sebesar 58%.
Cara Membuat Konten Viral
Jika Anda memakai WordPress theme Virale maka akan kamu temui kotak di bawah pos editor, nah kotak tersebut tempat meletakkan kalimat intro. Contohnya seperti ini:
Cara Membuat Konten Viral
Maka di front-end akan tampak seperti ini:
Cara Membuat Konten Viral
Kira-kira bagaimana? Akan lebih menarik untuk dibaca kan?

Metode ini juga dipakai oleh buzzfeed, situs viral terbesar di dunia dan huffington post, situs berita online terbesar..
Buzzfeed:
Cara Membuat Konten Viral
Huffington post
Cara Membuat Konten Viral
6. Tambahkan Gambar
Penelitian Xerox menyebutkan bahwa dokumen dengan gambar akan dibaca 80% lebih banyak daripada dokumen tanpa gambar.
Sepertinya tidak perlu dijelaskan panjang lebar kalau gambar memang lebih menarik bagi pembaca untuk kemudian membaca isi konten.

Kita bisa temui semua menggunakan gambar mulai dari koran, internet, papan iklan, dsb.

Karena memang fakta sederhana bahwa manusia suka gambar. Suka lihat gambar porno kan? Hahaha....
Yang perlu diperhatikan mungkin di sini adalah penempatan gambar. Gambar harus ditempatkan di tempat di mana saat pengunjung membuka layar maka gambar langsung nampak semua, artinya gambar nampak tanpa visitor men-scroll ke bawah.

Istilah bulenya adalah Above the fold.
Cara Membuat Konten Viral
7. Gambar = Share
Skyword melakukan penelitian dan menemukan bahwa konten yang mengandung gambar akan dishare 94% lebih banyak di sosmed.
Cara Membuat Konten Viral
Bukti yang semakin mendukung bahwa memang gambar lebih menarik daripada kata-kata. A picture is worth a thousand words!!!

8. Gambar = Lebih dipercaya
Sebuh study yang dilakukan oleh universitas Claremont menemukan bahwa gambar dapat menaikkan tingkat kepercayaan sebuah konten sebesar 75%. Cara yang dilakukan mereka sangat menarik, yaitu sbb:
Ada pernyataan bahwa gambar monalisa ternyata tidak ada alisnya.

Cara Membuat Konten Viral

Pernyataan kedua, gambar monalisa tidak ada alisnya akan tetapi sekarang disertai gambar.
Cara Membuat Konten Viral
Ternyata hasilnya adalah bahwa penyataan yang ada gambarnya lebih bisa dipercaya daripada pernyataan yang tidak ada gambarnya.

Padahal faktanya monalisa itu ada alisnya.

Jadi maksudnya, meski pernyataan itu bohong (atau tidak sesuai kenyataan) tapi karena disertai dengan gambar maka pernyataan yang bohong itu justru dipercaya.

Sekarang tidak heran kan jika ada orang pamer penghasilan di internet pasti pada gaduh minta skrinsut... hehe...

atau penipu MLM yang pose di depan rumah mewah, mobil sport, liburan ke paris, dsb agar lebih dipercaya calon downlinenya.

BERSAMBUNG DI BAGIAN 2
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment