Membuat Brand Menjadi Terkenal (2)

4. Berinteraksi melalui Sosial Media
Tidak dapat dipungkiri, sosial media serperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Google+ dapat meningkatkan kualitas kehidupan, khususnya bagi kalangan pebisnis yang menginginkan perkembangan pada bisnisnya dan melakukan komunikasi dua arah dengan cepat. Penggunaan sosial media dapat digunakan sebagai ujung tombak pergerakan kegiatan komunikasi dan pemasaran bisnis yang kini sudah menjadi sebuah kewajiban.

Banyak keuntungan yang dapat Anda raih dengan meningkatkan brand awareness bisnis Anda di sosial media. Keuntungannya melingkupi top of mind, brand recall dan brand recognition. Dengan menggunakan media sosial yang sudah tersedia, interaksi Anda dengan publik bisa tercipta dengan baik.

Selain menjalin hubungan yang baik dengan publik, sosial media juga bisa dapat digunakan untuk memberikan informasi terbaru untuk bisnis Anda. Dengan adanya fasilitas interaksi langsung dengan publik, akan mudah bagi Anda untuk mempromosikan acara-acara yang sedang berlangsung. Mulai dari promosi produk baru, diskon maupun hal-hal yang lainnya.

5. Menggunakan Partnership untuk Membangun Brand Awareness
Berkerja sama dengan partner influencer dapat meningkatkan brand awareness Anda. Partner yang mempunyai network yang sangat kuat biasanya mempunyai banyak pelanggan yang loyal. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan partner Anda, Anda dapat bertukar pelanggan/subscriber sehingga dapat menjadi win-win solution bagi kedua belah pihak. Selain itu, partner Anda juga bisa menjadi media untuk mempublish konten Anda sehingga dapat dkepada para subscribernya. Partner juga bisa meningkatkan nilai jual event yang bisnis Anda selenggarakan. Pastikan Anda memilih untuk berkerja sama dengan partner yang sesuai dengan target market bisnis Anda.

6. Gunakan Blog untuk Meningkatkan Branding Bisnis Anda
Blog merupakan alat yang sangat fungsional. Hampir semua orang yang menggunakan internet memiliki blog dengan tujuan dan kepentingan yang berbeda-beda. Ada yang cuma ingin berbagi opini, sharing foto, hingga mencari uang lewat blog.
Membuat Brand Menjadi Terkenal
Dengan menciptakan sebuah blog dimana bisnis Anda bisa memberikan informasi tambahan dan tidak hanya terbatas dengan apa yang bisnis Anda lakukan, tetapi Anda bisa memberikan tips-tips yang berguna untuk para subscriber Anda. Dengan adanya blog, Anda dapat menyediakan konten-konten yang menarik untuk subscriber Anda, sehingga akan meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Bahkan, melalui blog, Anda juga dapat mendapatkan kesempatan bertambahnya pelanggan karena adanya subscriber yang menjadi pelanggan.

7. Ciptakan Pesan yang Membuat Orang Ingin Menyebarkannya
Walaupun pesan marketing ditujukan untuk tujuan komersial namun tentunya tak cukup memberikan fans Anda pesan yang murni pesan marketing. Pesan marketing yang menarik akan membuat fans menyebarkan dan menciptakan konten mereka sendiri. Tentu hal ini ada resikonya apalagi jika pesan marketing tersebut berupa parodi. Namun itu semua merupakan elemen daripada sebuah kampanye marketing.

Warby Parker eyewear yang merupakan brand kacamata mendapatkan sekitar 1000 foto dari fans mereka menggunakan kacamata brand mereka dan mempostingnya di Facebook Page. Hal seperti ini memiliki efek yang besar dan mampu mencapai sasaran lebih dari yang diperkirakan.

8. Berikan Fans Kesempatan untuk Berpartisipasi

Fans suka menjadi bagian dari sebuah event pada brand yang ia sukai. Event seperti melemparkan pertanyaan melalui Facebook Page bisnis Anda tentunya juga akan menarik perhatian fans untuk menjawabnya segera. Apalagi mengajak mereka untuk mengklik tombol like di post Facebook Page bisnis Anda untuk memenangkan hadiah dari brand Anda. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik perhatian target market Anda.

Brand Oreo menggunakan Facebook Fanpage untuk meraih brand awareness dengan mengajak fansnya untuk memecahkan rekor dunia Guiness Book melalui menekan tombol like pada setiap postnya sehingga mereka meraih jumlah like yang sangat banyak pada postnya. Walaupun mereka memegang rekor tersebut hanya sebentar namun brand Oreo berhasil untuk meningkatkan brand awareness, sehingga membuat brand mereka dibicarakan banyak orang dan membuat fans mereka menyebarkan pesan tersebut ke seluruh dunia.

9. Hargai Superfans Anda
Menjadi fans dari sebuah brand sangatlah mudah, namun yang harus Anda hargai dan perhatikan dengan seksama adalah superfans anda. Superfans merupakan kelompok orang yang setia menyebarkan dan mempromosikan brand favorit mereka dan menciptakan free marketing yang tiada batas. Berikan reward untuk mereka berupa hadiah complimentary yang tidak harus mahal namun memiliki makna tersendiri.

10. Be Consistent!
Bersikaplah konsisten dalam menggunakan berbagai perlengkapan desain untuk bisnis Anda. Selama Anda menggunakan logo/desain yang konsisten, hal itu bisa menambah brand awareness terhadap produk Anda. Perubahan pada desain logo/brand bisnis Anda dapat mempengaruhi brand Anda di mata publik. Meskipun banyak perusahaan-perusahaan besar yang merubah logo mereka, tetapi konsep yang mereka ubah hanya minimalis, seperti logo bisnis makanan Wendy's, mereka hanya mengubah konsepnya sedikit dan tidak begitu berbeda dengan logo lamanya. Ada juga contoh perusahaan yang dari berdiri hingga sekarang tidak merubah logonya sama sekali, perushaan tersebut adalah McDonald, dimana konsep desain logonya konsisten berlambang "M". Contoh lain yang cukup mencolok adalah perbandingan antara logo Pepsi dan Coca Cola.

Dengan konsistensi penggunaan logo, brand yang Anda buat akan menjadi semakin familiar dan memiliki persepsi tetap bagi publik, sehingga logo bisnis Anda akan mencerminkan sesuatu yang unik untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain. Jadi pastikan Anda berinvestasi dengan membuat logo yang tepat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama bagi usaha Anda.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment