MEMBINA CUSTOMER & RESELLER VIA GRUP

MEMBINA CUSTOMER & RESELLER VIA GRUP

Dapatkah Anda bayangkan, jika seandainya Anda memiliki Customer dan Reseller yang SELALU repeat order membeli produk Anda? Tentu Anda akan sangat bahagia bukan? Inilah alasan kenapa membina
customer dan reseller menjadi SANGAT PENTING…

Customer Lama vs Customer Baru

Sebelum masuk ke pembahasan berikutnya, perlu kita sepakati terlebih dahulu mengenai penggunaan istilah “Customer” atau Pelanggan.

Customer bisa dikatakan “Real Customer” (benar-benar pelanggan) jika mereka sudah melakukan REPEAT ORDER. Jika ada orang yang beli produk Anda hanya satu kali saja, kita tidak mengatakannya sebagai customer, tapi Buyer (pembeli). Pahaaaaam…?

Jadi kalau kita simpulkan, maka… “Customer Lama = Real Customer.
Customer Baru = Buyer”

Nah… Menurut Anda, lebih gampang mana, mempertahankan customer lama (real customer) atau mencari customer baru (buyer)? Kebanyakan pengusaha yang Saya temui, mereka hanya fokus memikirkan bagaimana caranya agar buyer mereka semakin hari semakin banyak. Pemikiran seperti ini seringkali membuat mereka LUPA dengan customer-customer terdahulu (real customer) yang pernah beli produk mereka. Padahal, kalau dipikir-pikir, lebih gampang membina customer lama untuk beli lagi daripada mencari
customer baru yang terkadang butuh energi dan cost yang lebih banyak. Betul? “Carilah Buyer sebanyak mungkin dengan tidak melupakan Real Customer Anda…”

Reseller Anda, Mesin Uang Anda
Disadari atau tidak, reseller Anda adalah mesin uang Anda. Merekalah yang akan bekerja untuk terus membantu Anda dalam menjual produk Anda. Mereka akan jadi team Anda yang sesungguhnya. Mereka pula yang akan berhadapan banyak dengan para customer secara langsung.
Lihatlah siklus berikut ini….
MEMBINA CUSTOMER & RESELLER VIA GRUP
Coba Anda perhatikan, jika Anda berpikir layaknya pengusaha, Anda tidak hanya akan fokus pada customer saja, Anda juga akan fokus pada team Anda agar mereka bisa mendapatkan customer sebanyak
mungkin.

Itulah yang terjadi dalam bisnis. Anda mau tidak mau HARUS memperhatikan team Anda. Salah satunya team penjualan Anda, reseller Anda. Merekalah yang akan banyak bertemu langsung dengan customer. Merekalah yang akan berjuang mati-matian untuk mendapatkan omset setinggi mungkin untuk bisnis Anda. Mereka menjadi roda bisnis Anda yang sangat penting. “Perhatikan Reseller Anda sebagaimana Anda ingin
diperhatikan oleh Customer Anda…”

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan Customer yang banyak, maka yang terlebih dahulu yang harus diperhatikan adalah TEAM ANDA! Tim Penjualan Anda! Entah itu berupa reseller, dropshipper, agen,
atau siapapaun yang membantu Anda dalam menjual produk Anda.

Kenapa Harus Dibina?
Karena kalau tidak dibina, mereka akan binasa. Nggak percaya, cek aja sendiri. Mereka perlahan akan meninggalkan Anda. Alasannya simpel, Anda sudah melupakan mereka, sehingga mereka pun melupakan Anda. Wajar….

Siapa saja yang harus dibina?
Pertama, Customer. Kedua, Reseller. Keduanya harus Anda bina. Tujuannya tiada lain agar mereka semakin sering beli produk Anda, repeat order, dan mereferensikan produk Anda kepada orang-orang yang mereka kenal. Titik!
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment