Cara Mudah Mencari Reseller

Cara Mudah Mencari Reseller

Jika Anda tidak memiliki reseller, Anda akan kesulitan dalam menjual produk Anda. Bukan masalah uang yang didapatkan, tapi masalah energi yang Anda keluarkan. Cape….
“Pilih mana, keluar uang sedikit tapi LAKU BANYAK atau tidak keluar uang sama sekali tapi NGGAK LAKU?”
Karenanya, memiliki reseller itu sangat penting. Anda harus memilikinya bahkan dalam jumlah yang cukup banyak. Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan reseller yang banyak?

 Anda bisa menyebarkan info reseller Anda melalui Broadcast, personal message, postingan facebook, twitter, dan lain-lain
 Berikan penawaran yang menarik dan menguntungkan reseller, bukan end user.
 Reseller tidak terlalu mementingkan apa kelebihan dan manfaat dari produk yang Anda jual. Hot Button mereka bukanlah manfaat dan spesifikasi produk, tapi yang lainnya.
 Inilah hot button reseller yang menjadi ketakutan terbesar mereka ketika ingin menjadi reseller produk Anda:
• Takut nggak laku
• Bingung cara jualnya
• Udah banyak saingan
• Nggak punya modal
• Keuntungannya sedikit
• Nggak punya jaringan
• Produknya jelek
 Bantah ketakutan terbesar mereka dengan memberikan aturan sebaliknya. Misalnya:
• Tidak laku kami beli kembali
• Kami akan berikan marketing kitnya lengkap!
• Produk ini tidak dijual melalui toko biasa, hanya melalui agen dan reseller
• Modalnya sangat terjangkau
• Profitnya besar
• Kami akan cantumkan nama Anda di website kami. Dan kami akan rekomendasikan orang-orang daerah setempat untuk beli ke Anda, bukan ke kami
• Produk kami sangat berkualitas, Anda bisa melihatnya dari testimoni-testimoni konsumen kami sebelumnya
 “Wah saya nggak berani kalau aturannya seperti itu?”.Ya pantas saja kalau produk Anda susah lakunya… Toh Anda sendiri nggak yakin dengan produk Anda. Harus yakin dong!

Lakukanlah Hal ini…
Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya agar reseller Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjual produk Anda? Inilah yang harus Anda lakukan…
1. Full Support
Support ini tidak hanya berupa support pencantuman nama mereka di website saja, tapi juga hal lainnya. Seperti support training, marketing kit, rekomendasi pesanan, dan lain-lain. Ingat, reseller Anda butuh Anda perhatikan. Berikan mereka support sebaik mungkin yang Anda bisa. 
2. Grup Khusus
Anda bisa gunakan grup BlackBerry untuk komunikasi secara rutin dengan mereka. Kumpulkan mereka dan usahakan mereka saling mengenal satu sama lain. Disini juga menjadi tempat untuk Anda agar bisa terus berbagi dan menjalin hubungan baik dengan mereka.
3. Kompetisi
Buatlah nuansa kompetisi diantara ses- ama reseller. Biasakan untuk mengupdate hasil penjualan
harian. Orang cenderung akan terpacu satu sama lain jika melihat orang lain lebih unggul dibandingkan dirinya.
4. Reward & Punishment
Buat aturan mainnya. Harus ada reward & punishmentnya. Kalau nggak ada, dorongan mereka untuk bergerak tidak akan kuat, alias biasa saja. Pastikan Anda sudah membuat reward & punishmentnya. Mereka memahami dan menyepakatinya.
5. Celebrate the Win
Setiap beberapa bulan atau tahun, agendakan untuk merayakan pencapaian dari bisnis Anda. Buat event seperti Gathering, tour, atau yang lainnya. Kumpulkan mereka. Rayakan kemenangan besar dengan mereka. Agar merekapun merasa bahwa bisnis ini benar-benar penting untuk mereka jalani.

Grup BlackBerry
Grup BB adalah salah satu fitur dalam BlackBerry Mesengger yang bisa Anda gunakan untuk membina customer dan reseller Anda. Ada 2 fungsi grup BB, yaitu:

 Channel Penjualan
Contohnya, Anda jualan fashion. Anda membuat grup khusus dan Anda mengupload foto-foto fashion yang Anda jual di grup tersebut. Lalu Anda mengundang teman-teman BB Anda untuk masuk grup tersebut. Misalnya Anda memasang personal message, “Ada koleksi baju terbaru di grup, murmer, yuk join…”. Status tersebut akan memancing orang-orang untuk masuk ke grup. Ketika di grup mereka akan melihat-lihat koleksi baju Anda. Lalu Anda gunakan beberapa teknik closing agar mereka beli produk Anda, akhirnya mereka yang awalnya lihatlihat produk Anda memutuskan untuk beli. Kelemahannya, jika
Anda menggunakan Grup BB ini sebagai Channel Penjualan, mau tidak mau Anda pasti membuat grup yang sangat banyak. Tentu ini akan berpengaruh terhadap kinerja BlackBerry Anda, entah itu bisa lemot, jam pasir, dan lain-lain.

 Maintenance Reseller
Contohnya, Anda memiliki beberapa reseller untuk produk Anda. Anda membuat grup dan mengundang mereka untuk masuk. Mereka akan saling mengenal satu sama lain dengan reseller lainnya. Di dalam grup, Anda buat ruang chat sharing dan tips-tips, report penjualan, dan rules. Di dalamnya Anda memacu para reseller untuk lebih semangat dalam menjualkanproduk Anda. Caranya? Tunggu penjelasan berikutnya….

Kompetisi Positif
Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya, menciptakan kompetisi positif antar reseller akan sangat berpengaruh pada pencapaian omset bisnis Anda. Saya sudah sering menggunakannya dan terbukti berhasil. Sekarang giliran Anda meniru apa yang telah Saya lakukan. Bagaimana mekanismenya?

 Buatlah gambaran umum mengenai produk Anda, misalnya tentang cara pemesanan, cara transfer, penjelasan produk, FAQ, dan lain-lain.

 Buatlah target penjualan yang harus mereka capai dalam sebulan. Bisa gunakan angka nominal rupiah atau jumah pcs produk terjual. Fleksibel…

 Tekankan pada semua reseller bahwa mereka harus mencapai target penjualan tersebut. Kalau tidak tercapai, Anda akan mencabut hak reseller mereka. Sehingga mereka tidak bisa menjadi reseller Anda lagi.

 Berlakukan reward dan punishment. Selain komisi penjualan, reward apa lagi yang akan Anda berikan kepada mereka yang mencapai target? Bahkan, jika ada yang mencapai omset penjualan tertinggi dibandingkan reseller lainnya, reward atau Bonus Spesial apa yang akan Anda berikan kepada orang
tersebut? Berlaku juga sebaliknya, punishment apa yang akan Anda berikan kepada mereka yang tidak mencapai target penjualan? Dan lain-lain

Ingat, orang cenderung bergerak lebih cepat dengan adanya reward dan punishment. Dalam kondisi seperti ini, mereka akan berkompetisi satu sama lain dan hal ini akan berdampak besar pada peningkatan omset bisnis Anda.

Report Harian
Agar kompetisi reseller yang Anda buat dalam grup semakin hidup, buatlah sebuah aturan berupa REPORT HARIAN. Apa maksudnya? Setiap hari mereka harus lapor tentang penjualan produk mereka, berapa pcs produk yang telah terjual, dan lain-lain. Bagaimana mekanismenya?

 Buatlah kolom chat baru dan beri nama “Report Harian”
 Buatlah format report harian, misalnya: [Nama] [Jumlah pcs terjual] [Kota]
 Panas-panasi/kompori mereka yang belum mencapai target omset harian. Berikan motivasi agar mereka bergerak lebih semangat
 Puji dan berikan apresiasi kepada mereka yang sudah berhasil mencapai target. Berikan kesempatan kepada mereka untuk sharing ke teman-teman reseller lainnya

Selain untuk memacu kompetisi positif, report harian juga bisa Anda gunakan untuk monitoring harian Anda. Sehingga Anda akan tahu efektivitas dan produktivitas reseller Anda setiap harinya.

Pemicu Repeat Order
Customer atau Reseller keduanya sama-sama penting untuk Anda. Jika tadi Anda sudah belajar bagaimana membina reseller via grup, maka sekarang Anda harus tahu bagaimana caranya agar customer Anda terus-terusan beli produk Anda dan setia dengan setiap produk yang Anda keluarkan.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan agar mereka nyaman dan terus setia dengan produk Anda? Coba lakukan hal-hal berikut ini:
 Berikan sapaan harian
 Tanya kondisi bisnis dan keluarga
 Beri kata-kata motivasi
 Upload gambar dengan tulisan motivasi dan renungan
 Upload gambar joke atau lelucon
 Berikan sesuatu yang mengejutkan mereka
 Berikan edukasi tentang sesuatu hal baru
 dan lain-lain.

Anda bisa melakukan hal-hal tersebut di atas di dalam Grup BlackBerry. Selain melalui grup, Anda juga bisa membina hubungan baik dengan customer dengan cara:
 Berikan artikel atau ebook GRATIS tentang sesuatu hal baru dan bermanfaat
 Kirim broadcast edukasi yang benar-benar mengedukasi, bukan promosi
 Buat program sapaan harian
 Sering komen di recent update customer Anda
 dan lain-lain
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment