Membuat video untuk affiliasi produk lokal

Membuat video untuk affiliasi produk lokal

Membuat video untuk affiliasi produk lokal seperti produk yang ada di ratakan tentunya tidak sesulit sebelumnya (membuat video affiliasi produk luar). Kenapa ga terlalu sulit? Ya kan kita bisa pakai Bahasa sehari-hari saja, ga perlu ribet mikirin bahasa inggris segala hehe.

Nah untuk video affiliasi produk lokal ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan…

a. Membuat video review untuk affiliate produk lokal tersebut
Sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat video review ya (silahkan dilihat lagi di pembahasan membuat video untuk toko online – Part 2). Disana saya menjelaskan yang terpenting ketika membuat video review adalah…
- Pemilihan tempat (Indoor atau Outdoor)
- Konsep video (Alur pada video, adegan dan kata-kata yang akan digunakan)
- Cerita dulu sebelum berpromosi (Ajaklah penonton untuk mendengarkan cerita, apa yang terjadi ketika sebelum menggunakan produk tersebut). Tapi saya belum pernah mencoba produknya om?, gimana donk? Loh kenapa dipromosikan kalau belum mencobanya ;)) . Beli atau coba dulu plis, Gimana orang mau yakin kalau kamu sendiri takut untuk membeli atau mencobanya, minta dulu sana FR atau Diskonnya =)) .
- Cara Penyampaian Review (Usahakan seperti sedang berbicara dengan orang lain)
- Perhatikan fokus mata dan perhatikan juga gerak tubuh ketika sedang berbicara di depan kamera.
- Intonasi suara juga akan berperan penting (jangan bingung dan jangan banyak "eee..")
- Posisi tubuh dan mood juga cukup berpengaruh (posisi tubuh harus nyaman dan hati harus bahagia ketika kita sedang membuat video review tersebut)

Dah diingat lagi om dan tante?. Nah sekarang saya akan mengarahkan / memberikan sebuah contoh yang unik untuk video review affiliasi lokal ini. Dilanjut…

Karena saya senengnya yang ga biasa, maka saya akan memberi contoh cara membuat video review (produk affiliasi lokal) yang ga biasa juga. Berikut penjelasannya…

Jika targetnya adalah orang-orang online yang ada di Indonesia, biasanya orang-orang yang kerjaannya online itu senengnya yang kocak alias konyol, yang menyentuh hati alias mengharukan dan yang “blink-blink” alias yang kelihatan ada duitnya wkwkw.

Nah kita bisa memanfaat karakter tersebut untuk membuat video review, ini contohnya untuk para om-om yang ingin mereview sebuah produk affiliasi…
  • Siapin baju kemeja (kemeja andalannya), ambil baju kaos paling lusuh yang masih tersimpan di lemari dan ambil juga celana pendek kegemarannya hehe.
  • Pakai baju kaos yang lusuh itu di bagian dalam dan pakai kemeja kerennya di bagian luar. Pakai juga celana pendeknya (jangan pakai celana panjang).
  • Jangan lupa dandan dulu dikit biar makin ganteng haha.
  • Setelah itu siapin kameranya. Ambil posisi di dalam mobil atau di atas kendaraan bermotor. Rekamlah ketika kamu sedang berbicara sambil membuka pintu mobil atau sedang turun dari motornya, misal seperti ini…”baru pulang nganter istri nih, cape juga. Tapi itulah enaknya orang yang kerja di online, mau kemana pun ga ada yang larang, kerjanya juga bebas kapan aja”. Ingat rekamnya setengah badan saja ya.
  • Turun dari mobil atau dari motornya lalu jalan, kamera merekam kamu sedang jalan dan perlahan arahkan kamera ke bawah (lihatin mereka celana yang sedang kamu pakai adalah celana pendek wkwkwk).
  • Mereka bakal shock tuh melihat celana pendek yang kamu pakai. Setelah itu duduk santai dan bicara lagi “weleh jangan kaget ya, memang orang online itu biasanya atasnya aja yang mirip bos, bawahannya mah celana pendek hehe”
  • Orang-orang yang menonton videonya akan tersenyum manis menahan tawa haha. Selanjutnya kamu bisa berbicara lagi “dulu saya ga seperti ini, jangankan untuk beli mobil / motor dan jalan-jalan, untuk makan saja saya sulit. Ini gaya saya yang dulu”. Perlahan-lahan buka baju kemejanya dan perlihatkan mereka baju kaos yang lusuh yang sudah dipakai di dalam baju kemeja tersebut.
  • Lanjut lagi ngomongnya “Nah ini baju kesayangan saya dari dulu pas zaman-zaman sulit hehe. Kenapa saya bisa cukup berhasil? Jawabannya adalah karena saya menemukan sebuah cara yang selama ini saya cari-cari dan saya focus mengerjakannya”
  • Habis itu ngomong lagi, “mau tau gimana caranya? Bagi saya cara ini sangat ampuh, saya sudah membuktikannya…Ini dia”…
  • Nah kita sudah selesai untuk pengambilan adegan awalnya. Selanjut adalah mereview produk affiliasi yang ingin kita promosikan.
  • Buka screen recordernya seperti FastStone Capture. Rekam landing page website yang ingin kita promosikan. Katakan kepada para penonton bahwa website tersebutlah yang telah membantu kamu. Jelaskan secara perlahan siapa pemilik website tersebut (lengkap dengan latar belakangnya), apa fungsi dan manfaat produk website tersebut.
  • Setelah itu bahas juga tentang harga yang akan mereka keluarkan (jangan sebutkan harganya, cukup katakan aja harganya terjangkau di kantong). Usahakan mereka berpikir membeli produk tersebut karena bermanfaat.
  • Selanjutnya ambil gambar-gambar testimonial yang ada di website affiliasi tersebut. Kemudian jelaskan bahwa sudah banyak orang yang bergabung di dalamnya termasuk kamu sendiri. Dan kebanyakan orang tersebut merasa puas atas apa yang mereka dapatkan setelah bergabung di website tersebut (jelasin saja ada yang berhasil anu, anu dan anu lainnya).
  • Jika sudah selesai, simpan lagi video dengan menggunakan screen recorder tersebut. Lalu rekam lagi adegan kamu sedang berbicara “nah itu dia salah satu cara saya merubah hidup saya. Dulunya saya sulit makan, sekarang saya akan berusaha untuk ga seperti itu lagi, saya mau saya dan keluarga saya bahagia dan mendapatkan apa yang kami impikan. Jika saya bisa, maka saya yakin teman-teman pun bisa. Info lebih lanjut silahkan lihat di deskripsi video ini”
  • Akhiri video dengan adegan ketika sedang memeluk anak atau ketika sedang memeluk istri, hmmm so sweet kayanya tuh hehe. Selesai.
Asik ya idenya? Ide di atas hanya sebagai contoh saja. Teman-teman bisa melakukan hal-hal yang mirip dengan ide di atas. Oya untuk merekam adegan ketika berbicara tadi butuh bantuan orang lain ya, minta saja bantuan istri atau saudaranya hehe.

Om itu kan contoh untuk laki-laki, contoh untuk perempuan gimana? Hmm…ok deh untuk kaum wanita saya buat juga deh biar ga dibilang diskriminasi haha. Berikut penjelasannya…
Sebenarnya ga jauh beda sih dengan contoh sebelumnya. Yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan ide dari konsep video yang akan kita buat.

Contohnya…
Kamu bisa merekam adegan awal ketika bermain dengan anak-anak atau ketika kamu sedang menikmati jalan-jalan dengan teman atau keluarga. Ambil saja beberapa adegan dulu (tanpa berbicara). Misal adegan sedang bermain dengan anak atau adegan sedang asyik jalan-jalan tadi. Kalau sudah, setelah itu ambil lagi adegan ketika sedang duduk (kali ini sambil bicara).

Mba, sis dan tante bisa berbicara tentang pengalaman hidupnya dulu. Mungkin ada pengalaman masa-masa indah setelah kenal dengan yang namanya bisnis online. Nah itu bisa diceritakan terlebih dahulu. Ingat ya, usahakan seperti sedang bercerita dengan orang lain.

Setelah itu tinggal buat video mereview produk (affiliasi) yang sedang kita promosikan saja. Caranya sama seperti yang saya jelaskan sebelumnya, yaitu menggunakan screen recorder.

Jika sudah selesai, tugas selanjutnya adalah membuat sentuhan akhir. Mba, sis atau tante bisa merekam video sedang berbicara lagi. Kali ini lebih menargetkan ke hati para penonton. Kamu bisa menceritakan pengalaman pahit dulu sebelum mengenal bisnis online. Jelaskan dengan jujur saja di videonya, mungkin saja hal tersebut bisa semakin membuka hati para penonton untuk melakukan pembelian. Jelaskan juga produk tersebutlah yang menjadi salah satu cara kamu bisa keluar dari kesulitan. Jangan takut menjelaskannya, toh kita kan ga menipu (jangan lupa, mereview produk affiliasi ini hanya saya anjurkan untuk mereka yang sudah membeli atau sudah mencoba produk yang mereka promosikan).

Ok kira-kira gitu ya om dan tante. Dah dapatkan ide membuat video review untuk produk affiliasinya?. Silahkan dikembangkan aja ya contoh-contoh yang saya kasih dimari.

Jika video reviewnya sudah selesai dibuat, selanjutnya kita tinggal memilih adegan-adegan yang ingin kita gunakan. Gabungkan video-video tersebut dengan menggunakan movie editor. Masukkan musik, sound effect dan juga tulisan pada video tersebut. Oya jangan lupa juga video intro, watermark dan link affiliasinya.
Selamat berkreasi dan selamat menjadi artis ya haha …Jangan malu-malu deh, yang penting PD aja. Kali aja nanti semakin terkenal dan benar-benar jadi artis, who knows haha.

Ingat, kepercayaan diri dalam melakukan pekerjaan juga akan berdampak ke rezeki yang didapatkan. Orang yang ga PD biasanya lebih sulit mendapatkan hasil yang maksimal, berbeda dengan orang yang memiliki kepercayaan diri ya tinggi, ini terbukti loh ;)) .

b. Memfokuskan pembuatan video testimonial (khusus)
Saya rasa banyak testimonial yang masuk untuk sebuah produk, baik yang ditampilkan di websitenya atau yang tidak ditampilkan. Nah kita bisa memanfaatkan hal ini.

Bermain affiliate lokal dengan menggunakan youtube bisa kita lakukan dengan cara mengumpulkan testimonial produk tersebut dan menjadikannya sebuah video.
Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya…
  • Lihat website produk yang ingin kita promosikan
  • Ambil satu per satu gambar-gambar testimonial yang ada di website tersebut (gambar bisa diambil dengan menggunakan FastStone Capture atau save saja gambarnya)
  • Buka movie editor dan masukkan gambar-gambar testimonial tersebut
  • Tambahkan tulisan, link affiliate, musik dan sound effect
  • Selanjutnya kita bisa menambahkan branding intro dan watermark
Cukup mudah ya haha. Kita juga bisa langsung menghubungi pemilik produk tersebut dan meminta testimonial lainnya kepada mereka. Setiap produk biasanya memiliki testimonial lainnya yang tidak ditampilan di website mereka. Jelaskan saja bahwa kita sedang membutuhkan gambar-gambar testimonial untuk membuat video dan video tersebut akan digunakan untuk mempromosikan produk mereka. Biasanya sih kebanyakan pemilik produk senang dengan apa yang kita minta, ya karena kita terlihat serius ingin mempromosikan produk mereka. Namun mungkin akan ada pemilik produk yang merasa takut dan mengira kita akan memanfaatkan gambar-gambar testimonial tersebut untuk hal yang tidak baik (saran saya sih kalau nemu yang gini mending jangan pernah lagi mempromosikan produknya wkwkwkw).

Ok jika mereka menyutujui permintaan kita, maka buatlah video dengan menggunakan gambar-gambar testimonial tersebut. Caranya masih sama seperti di atas dan seperti yang saya jelaskan di pembahasan sebelumnya. Oya karena banyak gambar yang bisa kita gunakan, maka saran saya adalah buatlah beberapa video dengan memanfaatkan gambar-gambar testimonial tersebut. Dengan demikian kita akan memiliki banyak senjata untuk melakukan promosi dengan menggunakan Youtube nantinya. Jika juga bisa menambahkan suara kita atau suara orang lainnya di video tersebut (suara untuk menjelaskan produk dan manfaatnya).

c. Membuat video yang berhubungan dengan produk
Kita juga bisa membuat sebuah video yang masih berhubungan dengan produk yang kita promosikan. Ya hampir sama seperti pembahasan sebelumnya yaitu membuat video untuk affilasi produk luar. Namun ada yang berbeda, yaitu kita ga perlu bersusah payah “mencuri” video orang lain, kita ga perlu bingung memikirkan Bahasa inggrisnya gimana dan lain-lainnya.

Idenya seperti ini…
Jika yang dipromosikan adalah produk lokal, maka kita bisa mencari lebih lanjut tentang produk tersebut. Apakah manfaat dari produk itu dan apa target dari produk itu? Nah kita bisa membuat sebuah video yang lebih mengarah ke hal-hal tersebut.

Misal, Produk yang dipromosikan manfaatnya adalah untuk mendapatkan uang di internet.

Kita bisa membuat sebuah video tentang bagaimana keadaan kebanyakan orang yang belum berhasil (sulit nyari duitkah, sulit makankah, atau sulit lainnya). Kemudian kita bisa menjelaskan apa saja hasil yang akan didapat jika belajar bisnis online. Lalu lengkapi juga dengan pembahasan siapa saja yang sudah pernah mencoba dan ia berhasil di bisnis internet tersebut (Jelaskan juga disana orang yang membuat produk tersebut, yang mana ia menjadi berhasil setelah mengenal dan focus di dunia internet).

Setelah itu barulah kita masukkan penjelasan tentang produk yang sedang kita promosikan. Iklan terselubung di dalam video ya haha. Langkah ini tergolong cukup efektif loh ;) .

Ok lanjut lanjut…intinya kita mencari hal-hal yang berhubungan dengan produk yang sedang kita promosikan. Ntah itu permasalahan banyak orang yang menjadi target produk, manfaat yang akan didapatkan jika membeli produk atau lainnya.

Oya mungkin sekarang muncul pertanyaan…“Gimana cara membuat videonya om?”…
Untuk membuat video yang berhubungan dengan affiliasi produk lokal ini kayanya ga sulit. Kita bisa menggunakan cara sebelumnya yaitu membuat adegan-adegan sendiri yang mana adegan-adegan tersebut masih berhubungan dengan produk yang kita promosikan.

Atau yang simplenya cukup gunakan slide-slide gambar saja seperti video lagu saya yang berjudul curhatan si mblo itu. Kayanya cocok untuk produk dating lokal tuh walaupun simple, yang penting kena di hati ;)) .
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment