Membuat video untuk bermain affiliate

Membuat video untuk bermain affiliate

Menggunakan Youtube untuk bermain Affiliate? Why not. Banyak loh pemain affiliate yang menggunakan Youtube sebagai salah satu metode yang ampuh. Tapi sayangnya mereka yang memanfaatkan youtube untuk affiliasi kebanyakannya adalah para affiliate dari luar negeri sana. Kemana ya para affiliate kita? Apa menganggap youtube kurang ok atau gimana nih :D.

Youtube sangat bisa digunakan untuk mempromosikan link affiliasi kita. Cara ini cukup mudah dan ampuh. Saya juga menggunakan Youtube untuk mempromosikan link affiliasi Clickbank dan affiliate lainnya. Eh kok saya senggol-senggol clickbank ya? Apa bakal bahas clickbank juga nih?, iya tenang aja saya lagi baik nih haha.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, saya ingin teman-teman mengetahui beberapa point ini terlebih dahulu…

- Jika om dan tante adalah seorang pemula dan ingin mendapatkan hasil yang baik dari affiliate dengan memanfaatkan tehnik youtube ini, maka kita harus memilih niche atau kategori produk yang ingin kita promosikan. Jangan langsung menjalankan beberapa niche atau kategori, cukuplah focus pada satu niche / kategori saja dulu.
- Saran saya carilah niche atau kategori produk yang cukup banyak dicari tetapi persaingannya tidak terlalu banyak. Dengan demikian kita akan lebih mudah melakukan promosi, membangun komunitas dan juga menambahkan video-video yang masih berhubungan dengan produk yang kita promosikan. Untuk menganalisa niche, biasanya saya bertanya ke orang-orang secara langsung. Apa hal yang paling sering mereka cari dan apa hal yang tidak terlalu sering mereka cari tapi kadang sangat butuh. Cara lainnya bisa juga dengan cara menganggap diri kita adalah calon pemilik produk. Jika kita ingin membuat sebuah produk, maka produk apa yang ingin kita buat dan mengapa membuatnya?. Tanyakan juga hal tersebut kepada teman-teman kamu lainnya (beberapa teman yang memiliki sifat, karakter serta pekerjaan yang berbeda). Kemudian cek persaingan niche atau kategori tersebut di Google atau di Youtube.
Contohnya apa om, bisa dikasi tau dikit om? Maklum masih blank dengan yang ginian…

Ok dah, contohnya affiliate hewan ternak, affiliate penyakit yang ga terlalu terkenal (maag, nyeri sendi dan lainnya), affiliate yang berbeda seperti tips mengecilkan payudara, cara mencegah selingkuh, lainnya (loh emang ada kah? Mungkin ada om, Cuma contoh saja haha)

- Jika ingin menggunakan tools untuk menganalisa niche atau kategori, kita bisa menggunakan Google Trend, Twitter Trend Topsy dan lainnya (sebagai langkah awal). Masukkan keyword atau kata kunci dari niche / kategori produk yang ingin kita promosikan. Lihat juga “persamaan atau lawan kata (konotatif) dari kata kunci tersebut”
- Untuk analisa produk-produk clickbank bisa kita lakukan dengan menggunakan CB Engines, CB Snooper (silahkan lihat produk mana yang cukup banyak digemari). Untuk analisa produk lainnya (selain produk clickbank), silahkan langsung cari saja ya top atau rising productnya, kemungkinan besar banyak yang menampilkan hal tersebut.
- Langkah selanjutnya adalah mengecek persaingan produk yang akan kita promosikan. Cari di Google dan juga di Youtube, lihat berapa banyak persaingan dengan menggunakan nama produk tersebut dan berapa banyak persaingan jika menggunakan fungsi atau manfaat produk tersebut sebagai keyword atau kata kuncinya.
- Cara lainnya untuk mengecek persaingan produk tersebut adalah dengan menggunakan website Alexa.com. Cukup masukkan alamat website produk tersebut di alexa.com. Lihat keyword yang muncul kemudian ketikkan keyword atau kata kunci tersebut di Google dan Youtube (cek persaingannya).
- Jika tidak terlalu banyak persaingannya, maka kita bisa memilih produk tersebut untuk dipromosikan. Tapi, ada tapinya nih…Yang tidak terlalu banyak persaingannya biasanya dicarinya pun jarang-jarang :D. Namun kabar baiknya om dan tante, niche produk dengan kriteria ini akan mempermudah kita dalam persaingan dan peluang untuk mendapatkan $$$ tersebut lebih terbuka hehe. Loh kok bisa om? Ya bisa, ketika ga banyak orang yang memikirkannya kita sudah melakukan promosi dan malah berhasil menempati posisi yang baik di search engine dan lainnya hehe, $$$ ngalir deh .
- Jika pengennya bermain di kategori atau produk yang persaingannya tinggi gimana om? Boleh juga kok asal kerjanya mau lebih keras ya ;) . Memang produk yang banyak dicari biasanya lebih sulit, tapi hasilnya sangat memuaskan jika kita mampu. Kita juga bisa mencobanya, tapi dengan tehnik khusus ya (nanti kita bahas di bagian selanjutnya).

Perlu diingat juga nih om dan tante. Terkadang produk affiliate yang kita promosikan itu cocok-cocokan. Oleh karena itu pikirkanlah secara matang niche atau kategori produk yang bagaimana yang ingin dimainkan.

Kira-kira paham ya?, sekarang kita lanjut ke ide membuat video yang baik untuk affiliate…
1. Membuat video untuk affiliasi produk luar seperti Clickbank dan Lainnya
Kita bisa mempromosikan link affiliasi Clickbank atau affiliate luar lainnya dengan menggunakan youtube. Saya pernah mencoba cara ini dan hasilnya cukup memuaskan, ada beberapa sales yang saya dapatkan dengan memanfaatkan Youtube. Yang harus kita lakukan awalnya adalah memiliki sebuah video. Ya iya lah kalau ga punya videonya apa mau diupload ke youtube haha.
Pertanyaan yang paling sering muncul adalah “gimana cara buat videonya om, Bahasa Inggrisnya pas-pasan”. Ya juga ya, ga mungkin kan kita pakai Bahasa sunda atau Bahasa lokalan untuk target bule hehe. Tapi sebenarnya ada cara-cara gampangnya kok, mau tau?...
Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan…

a. Memanfaatkan video para pemilik produk
Kebanyakan vendor atau pemilik produk yang ada di clickbank atau affiliate luar lainnya sudah membuat video untuk produk yang mereka miliki. Nah kita bisa memanfaatkan video-video tersebut. Bagaimana caranya? Mudah kok.
- Pilih dulu produk yang ingin kita promosikan pada clickbank atau affiliate lainnya
- Lihat website dari produk tersebut
- Ambil videonya dengan menggunakan Screen Recorder seperti FastStone Capture atau lainnya :D. Cara menggunakan Screen Recorder ini ga perlu saya jelaskan lagi ya.
- Setelah kita merekam videonya jangan lupa untuk melakukan pengeditan terlebih dahulu dengan menggunakan movie editor. Hapus bagian-bagian yang tidak penting.
- Tambahkan tulisan, sound effect atau lainnya pada video tersebut agar video terlihat berbeda dari video aslinya. Hal ini penting untuk dilakukan agar pemilik produk tidak “marah” karena videonya kita ambil.
- Selanjutnya kita tinggal menggabungkan video intro dengan video yang sudah kita buat untuk affiliasi tersebut.
Apakah cara ini termasuk dalam kategori mencuri? Bisa ya bisa juga ga wkwkwkw. Tapi yang paling penting adalah kita menggunakan video tersebut untuk mempromosikan produk mereka juga, kalau ada sales mereka juga dapat untungnya :D. Jadi ga ada salahnya kita “mencuri” video tersebut untuk kebaikan bersama, halah =)) .

b. Menghubungi pemilik produk
Langkah ini bisa kita lakukan jika pemilik produk tidak menampilkan video di website mereka. Memang sih ada beberapa pemilik produk yang tidak memasang video di website mereka. Saya juga pernah menemukan beberapa diantaranya.
Yang saya lakukan adalah…
- Mencari kontak / email dari pemilik produk tersebut. Biasanya para vendor atau pemilik produk menampilkan data kontak mereka, ntah itu di halaman affiliate atau halaman kontak atau lainnya, Silahkan dicari saja.
- Jika data kontaknya sudah dapat, kita bisa menghubungi mereka melalui email. Perkenalkan dulu diri kita dan jelaskan bahwa kita sedang membutuhkan video untuk mempromosikan produk yang ia miliki.
Apakah mereka akan membalas email kita? Ya tentu saja mereka akan membalas email kita jika isi emailnya pas dan mengharukan haha.
Contoh emailnya bisa seperti di bawah ini…
Hello Sir / Mam,
I am Yasirli an internet marketer from Indonesia. I want to promote your product using video marketing technique. I was used that technique to other product and it’s work, I got some sales from that technique.
So I want to try that technique to your product and I need a video about your product. Can you tell me where I can download that video? So I can start my work. PS : I will edit your video and make my video a litte different from yours.
Waiting for your reply, Thanks.


Kalau pemilik produknya sudah mereply email dan ngasi tau dimana videonya, jangan lupa bilang terima kasih ya haha. Selanjutnya tinggal di edit deh video yang ada dengan menggunakan movie maker. Buat videonya menjadi sedikit berbeda dengan video aslinya dan jangan lupa masukkan juga video intronya.
O ya kita juga bisa mengirimkan pertanyaan-pertanyaan lainnya loh. Mungkin nanti kita bisa lebih dekat ke pemilik produk (kali aja kita dikasi tau cara promosi yang mantap) haha.

c. Menggunakan video-video yang berhubungan dengan produk
Sebenarnya jika kita ingin bermain affiliate, kita juga bisa memanfaatkan video-video yang berhubungan dengan produk yang akan kita promosikan.
Misalnya seperti ini…
- Produknya adalah tentang dating, maka kita bisa mencari di youtube video-video yang berkaitan dengan dating. Seperti video wanita-wanita cantik, video pria-pria ganteng, video si mblo lagi sedih dan lainnya. Silahkan dilihat lagi contoh video yang dibuat oleh salah seorang yang pernah belajar ke saya, klik disini (cocok untuk produk dating).
- Kita ingin mempromosikan produk selulit, maka kita bisa mencari video yang berkaitan dengan selulit tersebut. Seperti video wanita sedang menggunakan bikini, video wanita sedang di pantai, video wanita sedang menggunakan hot pants, video wanita sedang berenang, video yang membahas tentang selulit dan lainnya.
- Jika kita ingin mempromosikan produk cara hamil, maka kita bisa mencari video yang berkaitan tentang hamil tersebut. Seperti video bayi-bayi lucu, video bayi yang baru lahir, video orang yang sedang bermain dengan bayi, video mengapa sulit hamil dan vide-video lainnya.
- Ingin mempromosikan produk cara merawat anak dengan youtube? Kita bisa mencari video yang berkaitan dengan hal tersebut. Contohnya video kekerasan yang dilakukan oleh baby sitter, video anak yang nakal, video anak yang baik & pintar, video anak-anak yang memiliki kelebihan, video anak menolong orang lain, video hal-hal buruk yang dilakukan oleh anak-anak dan video lainnya.
- Jika ingin mempromosikan produk tentang jerawat, maka kita bisa mencari video yang berkaitan dengan jerawat tersebut. Seperti video informasi tentang jerawat, video penyebab jerawat dan video lainnya.

Masih banyak contoh-contoh produk dan video yang berhubungan lainnya (Bisa panjang kalau saya jelasin satu per satu haha, silahkan dianalisa saja ya). Yang terpenting adalah kita harus mencari video yang sesuai dengan produk yang akan kita promosikan dan usahakan video tersebut “kena di hati” orang yang menontonnya. Anggap saja diri kita orang yang akan membeli produk tersebut, maka kita akan mencari atau mengamati beberapa hal. Contohnya…
- Story atau cerita di video (permasalahan yang sering terjadi jika belum membeli produk)
- Selanjutnya kita akan mencari tau “Apa itu” (penjelasan mengenai fungsi produk)
- Lalu kita akan berpikir, bagus juga “Siapa saja yang sudah mencobanya” (Testimonial)
- Jika kita membelinya bagaimana (hal-hal baik yang didapat jika membeli produk)
- Dan lainnya
Setelah mendapatkan video yang cocok, silahkan di download dengan menggunakan Youtube Downloader seperti add on Mozilla 1-Click Youtube Downloader atau lainnya.

Langkah selanjutnya adalah mengedit video tersebut dengan menggunakan movie maker. Jangan lupa usahakan videonya berbeda dengan video aslinya ya. Kalau sama dengan aslinya nanti dimarahin loh sama yang punya videonya hehe. Masukkan tulisan dan musik yang diinginkan. Usahakan tulisan dan musik mengandung kesan emosional yang mengena di hati. Tujuannya adalah agar orang semakin terhipnotis untuk melakukan pembelian setelah menonton video tersebut.

Oya, om dan tante bisa juga menggabungkan beberapa video yang berhubungan menjadi satu video. Nah dengan cara ini maka video akan terlihat sangat unik dan penonton pun akan lebih senang nantinya. Mereka akan melihat kompilasi yang cukup lengkap mengenai informasi atau solusi yang sedang mereka cari. Selanjutnya pada bagian akhir video kamu bisa ditambahkan tulisan penutup yang telah dibumbui dengan link affiliate. Setelah itu boleh menambahkan tuliskan credit to atau thanks to, tuliskan sumber-sumber dari video tersebut (boleh dibuat boleh juga tidak). Tujuannya agar yang punya video sedikit happy dan ga marah ke kita.

Jika semua sudah selesai, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah memasukkan video intro yang sudah kita buat sebelumnya. Tambahkan juga music dan watermark jika perlu. Untuk watermark mungkin takut videonya nanti dicuri oleh orang lain (loh videonya nyuri kok malah takut dicuri), “hasil kerja keras ngedownload, ngedit sama ngupload video soalnya om”. Oh ok dah, bagi yang mau menambahkan watermark silahkan saja, ga ada larangan kok ;)) .

d. Menggunakan tehnik Slide-slide gambar sederhana tapi berbeda
Kita juga bisa menggunakan slide-slide gambar sederhana untuk membuat video produk affiliate. Tapi tehnik slide gambar untuk membuat video bermain affiliate ini cukup berbeda dengan tehnik slide gambar pada pembahasan sebelumnya, dan slide gambar pada umumnya.

Biasanya video-video yang menggunakan slide gambar terlihat biasa-biasa saja. Nah kali ini saya akan menjelaskan tehnik yang mungkin baru bagi kebanyakan orang. Mau tau lebih detailnya? Silahkan tunggu di ebook saya yang baru =)) . Canda lagi om, biar ga terlalu stres bacanya hehe. Tehnik yang saya maksud disini adalah penggunaan struktur yang jelas dan juga penambahan sesuatu yang unik lainnya. Hal ini akan membuat slide-slide gambar kita menjadi lebih menarik dan juga akan meningkatkan minat orang untuk melakukan pembelian.

e. Menggunakan jasa pembuatan video yang murah meriah
Nah ini langkah lainnya jika kita merasa kesulitan melakukan point-point sebelumnya. Cari saja penyedia jasa pembuatan video dengan kualitas bintang lima tapi harganya kaki lima wkwkwkw. Emang ada? Ya ada kok. Salah satunya kita bisa memanfaatkan penyedia jasa yang ada di fiver (fiver lagi ya haha). Kita bisa mencari orang-orang yang bisa membuat video review atau video testimonial untuk sebuah produk yang akan kita promosikan.

Jika ingin membuat video review, maka minta mereka untuk mereview produk tersebut. Bahas tentang arti produk, manfaat produk dan mengapa membeli produk tersebut. Usahakan video review harus terlihat sangat professional dan Bahasa inggrisnya pun harus baik.

Jika kita ingin mereka membuat video testimonial maka minta mereka untuk berpikir sebagai pembeli produk. Minta mereka juga untuk melihat testimonial yang sudah ada untuk produk tersebut. Usahakan testimonial harus terlihat sangat natural dan tidak dibuat-buat.


Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment