Memilih Nama Brand Untuk Nama Usaha / Nama Website Anda

Memilih Nama Brand Untuk Nama Usaha / Nama Website Anda

Memilih nama brand untuk usaha atau nama website adalah salah satu hal yang sangat penting. Kebanyakan orang tidak memperhatikan yang satu ini, padahal hal ini akan sangat berpengaruh pada bisnis yang akan kita jalani, baik untuk pengembangan ataupun pemasaran.

Karena saya memberikan tips berdasarkan pengalaman saya, maka berikut adalah cara-cara yang saya lakukan ketika memilih brand name untuk usaha atau nama websiteyang saya miliki…
1. Pilihlah nama yang unik, sesuai topik usaha dan tentunya mudah diingat.

2. Usahakan nama yang digunakan tidak terlalu panjang. Semakin pendek nama yang kita gunakan maka akan lebih baik dan tentunya akan lebih mudah untuk dihafalkan.

3. Jangan menggunakan pengulangan huruf yang sama pada penyambung antar kata. Anda akan kesulitan menjelaskan nama website (domain) anda secara lisan. Contoh yang kurang baik adalah seperti tokootomotif.com, beritaanda.com dan lainnya.

4. Jangan terpengaruh SEO terlebih dahulu. Banyak orang yang mengatakan, lebih baik menggunakan keyword on domain atau kata kunci yang ditargetkan sebagai domain, apakah itu lebih baik untuk seo?. Hmm...bagi saya seo dapat dilakukan dengan menggunakan nama apa saja dan saya lebih memilih brand name yang baik untuk domain yang akan digunakan. Untuk itu saya sangat menyarankan kepada teman-teman semua untuk tidak menggunakan keyword on domain untuk naam websitenya (domain). Mengapa?, hal ini disebabkan karena tidak ada branding name pada usaha yang anda miliki, sehingga nilai dari usaha anda akan sulit untuk ditingkatkan.
Contoh dari point 4 ini adalah (silahkan bandingkan nama domain di bawah ini)
- tokokue.com vs cemilan.com
- jasaseo.com vs halamansatu.com
- beritabola.com vs goal.com
- dan berbagai contoh lainnya
5. Jangan menggunakan tanda sambung untuk domain yang akan digunakan. Tanda sambung akan menyebabkan sulitnya pelanggan anda untuk menuliskan nama bisnis website anda.

Contoh yang salah pada poin 5 adalah sebai berikut : herbal-kita.com, mobil-bagus.com, bukutulis. com, hotel-jakarta.com, dan lainnya.

6. Saya sangat menyarankan teman-teman semua agar tidak menggunakan nama domain yang sulit untuk dieja atau dijelaskan. Anda boleh berpikir kreatif dan aneh, tapi jangan kelewatan kreatif dan uniknya :D . Jangan sampai ada pertanyaan seperti ini ketika anda sedang mencoba untuk menceritakan website anda kepada teman anda... "Bro itu tadi nama websitenya apa?, penulisannya gmn? sudah saya buka tapi kok ga ada websitenya, apa saya salah ketik ya?".

Contoh yang kurang baik pada point 6 ini adalah : waroengobat.com, kuebandoeng.com,
propertykita.com, dan contoh lainnya

7. Pada point ini saya menganjurkan kepada teman-teman agar tidak menggunakan bahasa inggris sebagai nama usaha atau nama website anda, jika yang menjadi target pembeli adalah masyarakat Indonesiayang masih awam.

Mengapa saya menganjurkan hal demikian?, karena akan terjadi “sulit pengucapan” seperti yang ada pada point 6. Anda harus tahu bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia yang masih awam, mereka sulit mengucapkan dan menuliskan kata-kata yang menggunakan bahasa inggris.

Jadi gunakanlah bahasa Indonesia yang mudah di eja sebagai nama usaha atau nama website anda.
Contoh yang kurang baik pada point 7 adalah : nitashop.com, andistore.com, ninacake.com, thebandungproperty.com, anitaclothing.com, dan contoh lainnya.

Dari beberapa point di atas saya rasa teman-teman bisa mengambil kesimpulan mengenai nama yang baik yang akan digunakan untuk nama usaha atau nama website anda (domain).
- Berikut adalah beberapa contoh yang sangat baik untuk brand name (Lokal - Indonesia). Detik, kompas, pikiran rakyat, pasar baru, amanda, zalora, doku, berniaga, dan lainnya
- Berikut adalah beberapa contoh yang sangat baik untuk brand name (Internasional - Dunia). Amazon, ebay, facebook, google, yahoo, dan contoh lainnya

Untuk melakukan pemilihan nama usaha atau nama website, silahkan pelajari tips-tips yang ada di atas, kemudian tuliskan beberapa nama pada secarik kertas (maksimal 5 nama). Lakukan analisa terhadap nama-nama yang telah anda tuliskan pada kertas tersebut. Anda bisa bertanya kepada istri, teman dan saudara anda, nama mana yang mereka pilih. Anda akan mendapatkanbeberapa nama yang paling banyak dipilih (kemungkinan besar akan ada 2-3 nama yang dipilih).

Lakukan pengecekan di google.co.id, apakah nama tersebut sudah ada yang menggunakannya sebagai brand name. Jika tidak ada, maka anda bisa menggunakan nama tersebut sebagai nama domain atau nama website anda. Apa itu domain dan bagaimana cara membelinya?, akan kita bahas pada pembahasan selanjutnya.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment