Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya?


Domain bisa dibaratkan sebagai nama dari toko atau nama tempat usaha yang anda miliki. Domain inilah yang kemudian akan menjadi nama dari website toko online anda. Ada berbagai extensi domain yang bisa kita gunakan seperti .com, net., not.org dan lainnya. Tetapi pada pembahasan ini, saya hanya menganjurkan extensi (akhiran) yang sudah dikenal banyak masyarakat saja, yaitu domain dengan extensi .com . Cara membeli domain sangatlah mudah, kita dapat membelinya di perusahaan lokal ataupun perusahaan international. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum membeli domain di sebuah perusahaan domain (baik perusahaan local ataupun perusahaan international).

Berikut adalah lebih detailnya…
1. Yang perlu diperhatikan dari perusahaan penyedia / penjual domain
 Pilihlah perusahaan yang sudah besar dan sudah banyak klien yang membeli domain mereka.
 Baca review tentang perusahaan mereka di internet (review yang baik dan review yang buruk).
 Lihat history perusahaan mereka (sejak kapan mereka berdiri)
 Perhatikan juga design website mereka (semakin pro design website biasanya semakin serius pula mereka dalam menjalankan bisnis tersebut)
 Perhatikan support mereka, lakukan pembicaraan dengan customer support mereka melalui chatting, apabila mereka tanggap menjawab maka perusahaan tersebut bisa dikatakan cukup baik. Hal ini akan sangat berguna ketika ada permasalahan pada domain anda.

2. Perhatikan harga domain yang mereka jual
 Lihat berapa harga domain pada awal pembelian dan berapa harga untuk perpanjangan atau yang biasa disebut dengan domain renewal
 Lihat penawaran yang mereka berikan seperti harga promo
 Lihat juga metode pembayaran yang mereka gunakan

Anda bisa membandingkan 2 hal penting diatas antara 1 perusahaan dengan perusahaan lainnya. Saya sangat menyarankan kepada anda untuk membeli domain dan hosting secara terpisah. Hal ini sangat berguna apabila anda ingin mentransfer atau menjual domain yang anda miliki ke orang lainnya.

Beberapa perusahaan domain yang saya recommendasikan dan perusahaan domain yang menjadi tempat favorit saya adalah godaddy dan name.
Cara membeli domain di godady
- Silahkan kunjungi godaddy
- Klik create account dan isi form yang ada dengan data-data anda
*Perhatikan gambar di bawah…
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
- Setelah anda mengklik tombol create my account, maka anda akan dibawa ke halaman my account. Langkah selanjutnya adalah kembali ke homepage godaddy.com dan cari domain yang anda inginkan. Jika domain yang anda inginkan masih available, maka selamat anda bisa membeli domain tersebut.
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
- Klik tombol add dan kemudian klik tombol continue to checkout. Akan ada form yang muncul, klik saja continue.
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
- Kemudian anda akan melihat shopping cart anda, apabila sudah benar, lanjutkan dengan mengklik continue to checkout yang ada di bagian kanan bawah. Anda bisa menggunakan coupon diskon apabila ada (coupon tersebut bisa anda cari di google “godaddy coupon code”).
- Selanjutnya anda akan melihat piliihan payment yang bisa anda gunakan, dan juga form untuk pengisian data. Silahkan pilih payment yang anda inginkan, seperti contoh saya menggunakan paypal. Maka centang pilihan paypal...
- Anda akan dibawa ke halaman paypal, silahkan login ke paypal anda dan kemudian ikuti instruksi selanjutnya.
- Apabila sudah, maka anda akan kembali ke halaman godaddy dan centang kotak "I have read and agree to the terms and conditions of the" lalu klik tombol place order now. Selamat anda sudah berhasil membeli domain di godaddy.


Cara Membeli Domain Di Name
Pendaftaran akun di name tidak sesulit godaddy, anda hanya butuh beberapa menit untuk mendaftar. Yang perlu diperhatikan adalah username yang digunakan adalah minimal harus 6 karakter.
- Silahkan kunjungi name
- Klik pilihan create an account yang ada pada bagian kanan atas
- Selanjutnya anda akan melihat form pendaftaran, silahkan isi form tersebut dengan data anda dan kemudian klik tombol create new account.
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
- Apabila sudah, anda akan dibawa ke halaman pencarian domain. Silahkan cari domain yang anda inginkan pada kotak yang tersedia. Jika domain yang anda inginkan masih tersedia, silahkan tekan tombol add.
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
- Selanjutnya lihat tombol cart yang ada pada bagian kanan atas. Klik tombol tersebut.
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
- Anda akan dibawa ke halaman cart anda. Silahkan lihat terlebih dahulu order anda, apabila order tersebut sudah benar, anda bisa melanjutkan dengan mengklik tombol checkout yang ada di bagian kanan bawah.
Apa Itu Domain Dan Bagaimana Cara Membelinya
- Jika sudah, maka anda akan melihat form metode pembayaran. Pada contoh ini saya menggunakan paypal sebagai metode pembayaran. Maka klik gambar paypal yang ada dan kemudian isikan kotak "PayPal Account" dengan email paypal anda lalu klik complete order yang ada pada bagian kanan bawah.
DOMAIN NAME
- Setelah itu anda akan dibawa ke halaman paypal, silahkan login ke paypal anda dan ikuti instruksi selanjutnya. Selamat anda sudah berhasil membeli domain di name.com.

Di atas adalah tutorial bagaimana cara membeli domain dengan extensi .com di godaddy dan name. Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk membeli domain yang anda inginkan.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment