LANGKAH-LANGKAH DASAR PADA“DAGANG ONLINE”

DAGANG ONLINE

Akhirnya kita sudah masuk ke pembahasan bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari dagang online hehe. Saya sengaja membuat pendahuluan atau prolog yang cukup panjang. Tujuannya adalah agar anda menjadi lebih termotivasi dan mampu untuk berubah diri anda menjadi lebih baik. Jika anda tidak memiliki motivasi yang cukup tinggi dan anda tidak tahu dimana kesalahan anda, maka langkah-langkah atau tips yang saya berikan pada artikel ini, tidak akan berguna atau tidak akan bekerja sama sekali nantinya.

Ok deh langsung saja ya, berikut adalah langkah-langkah yang harus anda pelajari…

A. Cara Memilih Bisnis Yang Akan Dipasarkan Secara Online

Bagaimana cara memilih bisnis yang akan ditekuni dan dipasarkan secara online?. Sebenarnya cara ini bisa dibilang susah-susah gampang. Namun banyak juga orang yang kemudian gagal ketika menjalankan bisnisnya yang padahal bisnis tersebut sudah direncakan secara matang. Perlu diketahui, Ada faktor-faktor yang sangat berpengaruh untuk menentukan bisnis, seperti jodoh atau tidaknya kita dengan bisnis tersebut, apakah dagangan kita banyak diminati dan dicari, apakah target dari dagangan kita adalah orangorang yang rajin berbelanja onlinedan lainnya.

Menganalisa pengguna internet
1. Siapakah yang sering berbelanja secara online?
Menurut penelitian yang saya lakukan, yang sering belanja online adalah 80% kaum wanita dan 20% kaum pria. Yang membedakan antara 2 kalangan ini adalah cara membeli, jumlah yang mereka beli dan lainnya. Mari kita lihat pembahasan lebih lanjut mengenai “Siapakah yang lebih sering berbelanja online”.
- Kaum wanita, biasanya lebih banyak bertanya dan sering tidak jadi karena banyak pertimbangan. Kaum wanita juga biasanya membeli secara satuan. Tetapi apabila mereka telah suka dengan produk yang kita miliki, maka mereka akan menceritakan produk tersebut kepada teman-teman mereka lainya (free marketing / promosi gratis). 
- Kaum pria, biasanya lebih sedikit bertanya dan lebih royal, karena memang seperti itulah sifat dari kaum pria. Tapi ada kekurangan dari kaum pria, jangka waktu membeli mereka biasanya cukup lama dan kebanyakan pria tidak ikut trend walau sedang ramai dibicarakan. Jadi jangan heran apabila bisnis anda cukup sulit untuk mendapatkan hasil yang baik secara cepat.
2. Kalangan manakah yang sering mengakses internet?
Dari pertanyaan tersebut ada 3 kalangan (setelah melakukan survey), yaitu...

a. Kalangan menengah ke atas, yaitu orang-orang yang tidak sempat untuk mencari  informasi atau membeli produk langsung (datang ke tempat) karena kesibukan mereka. Orang-orang ini biasanya mengakses internet pada sore hingga malam hari.

Kalangan ini biasanya cukup teliti ketika akan membeli barang, dan biasanya akan
berlangsung secara jangka panjang atau partai besar apabila mereka menyukai
produk / dagangan kita.
b. Kalangan menengah ke bawah, Kalangan ini biasanya menghabiskan waktu mereka di
social media, mencari sesuatu yang unik dan mencari peluang baru untuk
meningkatkan pendapatan. Kalangan ini biasanya memiliki loyalitas yang sangat
tinggi jika menyukai produk kita.
c. Kalangan yang terakhir adalah kalangan eksis (saya biasa menyebutnya kalangan eksis). Yaitu mereka yang merupakan gabungan dari kalangan a dan kalangan b.

Biasanya kalangan ini adalah ibu rumah tangga, orang yang memiliki bisnis yang cukup sukses sehingga banyak waktu luang, orang yang sudah berumur, orang yang mencari cara untuk meningkatkan pendapatan yang sudah ada dengan cara mencoba membuka bisnis baru atau berinvestasi di usaha lainnya. Kalangan ini sangat sering melakukan transaksi secara online.

Menganalisa Produk Atau Jasa Yang Sering Dicari Di Internet

1. Salah satu produk atau jasa yang sering dicari secara online, adalah produk / jasa yang jarang ditemukan apabila dicari secara langsung (secara offline).
Contoh produk yang sulit dicari secara langsung,
- Barang atau produk yang adanya hanya di beberapa tempat saja atau bisa dikatakan jauh dari tempat atau wilayah mereka sebagai calon pembeli (seperti makanan khas daerah, baju tradisional, obat tradisional daerah dan lainnya).
- Barang atau produk yang dijual oleh sedikit orang saja secara offline (seperti batok kelapa, cangkang kelapa sawit, produk import, peliharaandan perlengkapannya, dan lainnya).
- Barang atau produk yang banyak dibicarakan secara offline tapi cukup sulit untuk mencari penjualnya (secara offline). Dalam kasus ini adalah seperti obat herbal, makanan ringan unik (contoh keripik mak icih, keripik setan dan lainnya), fashion unik (contoh baju couple), etc.
Contoh jasa yang sulit dicari secara langsung,
- Jasa pindah rumah, jasa sedot wc, jasa perbaikan alat elekronik (datang ke rumah)
- Jasa les private (datang ke tempat)
- Jasa perawatan hewan, jasa salon / rias datang ke rumah
- Jasa pembagian brosur, jasa SPG / SPB (sales promotion girl / boy), jasa periklanan
- Jasa delivery khusus, jasa jemputan anak sekolah, jasa percetakan / pengetikan
- Jasa travel & tour khusus di kota xxx
- Jasa catering, nasi bungkus untuk kantor / pabrik
- Jasa belajar internet marketing, jasa pembuatan website / design, jasa periklanan online
2. Produk / jasa selanjutnya yang sering dicari oleh masyarakat melalui internet, adalah produk / jasa yang apabila dicari secara langsung maka akan menimbulkan rasa malu atau rasa kurang percaya diri pada calon pembeli.
Contoh produk pada poin 2,
a. Produk yang berkaitan dengan hal-hal khusus kewanitaan dan kejantanan
b. Produk yang berkaitan dengan penyakit pada tubuh (penyakit ringan tapi cukup membuat penderita kurang percaya diri seperti penyakit rambut rontok, penyakit kulit, dan lainnya).
c. Produk yang berkaitan dengan hal-hal private seperti baju tidur sexy, produk yang berbau hobi (hobi unik / tidak umum) dan lainnya.

Contoh jasa pada poin 2 adalah,
Jasa mata-mata (memata-matai pacar atau suami yang diduga selingkuh), jasa konsultasi permasalahan sexualitas, jasa penyembuhan penyakit-penyakit aneh, jasa pembayaran listrik, jasa booking hotel, jasa pembelian tiket pesawat dan jasa lainnya.

3. Produk / jasa selanjutnya yang sering dicari di internet atau secara online, adalah produk / jasa yang benar-benar dibutuhkan tapi dengan harga yang lebih rendah dan tentunya dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik apabila membelinya secara offline.

Cara ini memang cukup sulit, tapi apabila kita bisa menemukan sumber atau source dari penjual offline tersebut dan mengakulasi harga jual secara tepat (lebih rendah dari harga jual di toko offline), maka kita akan memperoleh keuntungan yang tinggi.

4. Produk / jasa yang mudah berkembang melalui promosi di internet selanjutnya adalah, produk dan jasa yang unik yang membuat kebanyakan orang merasa harus mencobanya.

Untuk produk, contohnya adalah kue kering unik, obat pemutih kulit, obat mengencangkan kulit (memperlambat penuaan), obat menambah / menurunkan berat badan, dan lainnya.

Untuk jasa, contohnya adalah jasa yang cukup menarik dan unik seperti jasa antar jemput dengan motor (ekslusif), jasa cuci mobil / motor langsung datang ke tempat dan lainnya Setelah kita membaca beberapa poin diatas, saya rasa anad sudah memiliki gambaran bisnis apa yang akan anda jalani. Saya sangat menganjurkan jika anda ingin menjalankan dan mempromosikan bisnis secara online, maka pilih dan jalankanlah satu bisnis saja terlebih dahulu. Semakin fokus bisnis tersebut, maka peluang anda untuk sukses di bisnis online akan terbuka menjadi lebih besar. Namun jika anda tetap ingin menjual banyak produk atau jasa, maka usahakanlah produk atau jasa tersebut memiliki jenis atau kategori yang sama (masih berkaitan).
- Contoh banyak produk : produk-produk kecantikan wanita, fashion wanita dan lainnya.
- Contoh banyak jasa : jasa promosi bisnis, jasa booking / pembayaran online
Saya yakin banyak dari teman-teman yang akan bertanya, “poin mana yang saya gunakan untuk bisnis istri saya?” . Ok, untuk bisnis saya, saya memilih point nomor 4, yaitu obat pemutih kulit. Produk pemutih kulit tentunya sangat banyak diminati oleh masyarakat dan bisnis tersebut saya rasa sangat mudah untuk berkembang jika dipromosikan secara online.

Pengalaman dan pengetahuan saya di bidang internet marketing memudahkan saya untuk menentukan target dan melakukan promosi.

Namun, perlu diingat, anda tidak harus mengikuti seperti yang saya lakukan (memilih produk yang sama dengan yang saya pilih). Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, bahwa setiap bisnis yang kita pilih ada jodoh-jodohnya, tidak semua bisnis akan memberikan hasil yang sama, walaupun tehniknya sama. Saran saya adalah, PILIHLAH BISNIS YANG TEPAT DAN JANGAN TERBURU-BURU!. “Bagaimana mas cara mengetahui apakah bisnis tersebut adalah bisnis yang tepat untuk dijalankan?”, nah mungkin pertanyaan tersebutlah yang akan muncul di pikiran anda. Jangan khawatir, saya akan mengajarkannya.Tapi sebelumnya, tinggalkan laptop anda dan silahkan ambil secangkir kopi atau teh manis terlebih dahulu, lalu putar musik yang anda suka (ayo jangan diem aja, yuk ambil kopi atau tehnya dan putar musiknya). Sudah?, jika anda sudah merasa sedikit rileks, silahkan baca kelanjutannya.

Berikut adalah cara sederhana untuk mencari bisnis yang tepat untuk anda jalankan,
  • Tanyakan pada diri anda apa yang sebelumnya pernah menjadi rencana anda (jualan / bisnis)
  • Tanyakan pada diri anda apa produk yang paling tidak anda suka dan apa yang paling disuka
  • Tanyakan pada lawan jenis, teman dan saudara anda,apa yang sering mereka cari dan beli di internet
Anda akan memperoleh jawaban yang berbeda-beda dari pertanyaan di atas. Jangan bingung, gabungkan jawaban-jawaban tersebut dengan beberapa faktor penting yang sudah kita bahas sebelumnya. Saya yakin anda sudah menemukan yang tepat untuk anda jalankan.

Langkah selanjutnya adalah lakukan diskusi dengan orang terdekat anda (misal suami, istri, adik, teman dekat dan lainnya). Ceritakan kepada mereka tentang rencana anda, apabila mereka sepertinya setuju dengan calon bisnis dan target anda, maka itulah bisnis yang cocok untuk anda.

Setelah kita menemukan apa bisnis yang tepat dan melakukan diskusi dengan orang terdekat, maka lakukanlah pengecekan comptetitor atau persaingan bisnis kita di internet (caranya dengan mencari produk bisnis kita tersebut di google). Jika persaingan terlalu besar atau tinggi, untuk tahap awal kita bisa memperkecil bisnis kita hanya untuk target tertentu saja.

Contohnya : berjualan baju muslim untuk kota xxx, jualan obat kewnitaan untuk kota xxx, berjualan jasa pembuatan website untuk sekolah dan lainnya.

Tambahan…
*Bagaimana bila saya tidak memiliki produk atau jasa untuk bisnis “dagang online” tersebut?. Tenang, solusinya mudah kok. Setelah anda menemukan bisnis yang tepat, anda bisa menjalin kerja sama atau JV (join venture) dengan pengusaha lainnya. Seperti berikut ini…
  • Mencari pengusaha offline untuk produk yang kita inginkan (caranya : dengan mencari secara langsung, menggunakan media koran, bertanya kepada teman / saudara atau kerabat dan masyarakat umum).
  • Mencari pengusaha online yang memiliki produk / jasa yang kita inginkan (caranya : mencari kaskus, tokopedia, tokobagus, web-web tertentu dan lainnya. Jangan khawatir, banyak juga pengusaha online yang tidak paham bagaimana cara memasarkan bisnis mereka di internet).
Cukup mudah bukan?, anda dapat memodifikasi atau mengembangkan tips dan caracara di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih baik
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment