Niche Jualan di Instagram

Instagram

Niche (baca: nich), adalah topik spesifik akun Instagram kita. Ada banyak niche yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih niche yang sesuai hobi Anda, atau yang sedang banyak digandrungi orang, atau yang menjadi perpaduan antara dua hal tersebut.

Memilih niche adalah hal yang paling penting. Salah memilih niche bisa berakibat fatal. Fatal di sini maksudnya, akun Anda akan sulit mendapat follower. Dengan kata lain, Anda akan sulit mendapat klien. Otomatis, waktu dan tenaga yang Anda habiskan terbuang percuma.

Niche terbaik adalah niche yang paling saturated. Maksudnya, ada banyak pemain di sana. Banyaknya pemain bisa mengindikasikan bahwa ada banyak uang yang berputar.

Ada tiga niche utama yang bisa Anda pilih, yaitu:
1. Wealth (Kekayaan)
2. Health (Kesehatan)
3. Love (Cinta)

Postingan pada niche Wealth, atau kekayaan, berkisar seputar gaya hidup mewah. Contohnya, mobil mewah, rumah mewah, dan sebagainya.

Postingan pada niche Health, atau kesehatan, berkisar seputar motivasi fitness, tips diet, dan sebagainya. Contohnya, foto wanita dengan perut langsing, foto pria dengan perut six pack, resep makanan sehat, dll.

Postingan pada niche Love, atau cinta, berkisar seputar model-model cantik dengan pakaian minim, atau seputar hal-hal tersebut.

Selain tiga niche utama tersebut, berdasarkan hasil riset saya, ada empat
niche lain yang tak kalah populer:
1. Kuliner. Postingan berupa foto makanan dari berbagai penjuru dunia.
2. Fashion. Postingan berupa foto mode pakaian terbaru, atau terunik.
3. Mobil. Postingan berupa foto-foto mobil terbaru.
4. Sepak bola. Postingan berupa foto-foto pemain sepak bola, atau foto seputar pertandingan yang sedang hangat dibicarakan.

Silakan pilih niche yang Anda suka, namun jangan pikir Anda bisa membuat akun Instagram yang sukses hanya dengan memilih niche terlalu umum seperti itu.

Anda harus menemukan, atau bahkan membuat niche yang unik dan beda. Caranya sangat mudah. Anda bisa memakai metode berikut:

Metode #1: Mengombinasikan Dua (Atau Lebih) Ide

Salah satu cara instan mendapatkan ide baru adalah mengombinasikan beberapa ide yang sudah ada. Tak perlu banyak-banyak, dua ide saja sudah cukup.

Contoh:
1. Kombinasikan antara mobil dan love (model cantik). Isi postingan berupa foto-foto mobil dengan model perempuan cantik yang sedang berpose.
2. Kombinasikan antara wealth dan fashion. Isi postingan berupa batu permata paling indah dan paling mahal dari berbagai belahan dunia.
3. Kombinasikan antara sepak bola dan love (model cantik). Isi postingan berupa foto-foto model cantik yang memakai baju seragam tim sepak bola dari seluruh dunia.

Anda tidak hanya bisa mengombinasikan niche populer seperti yang saya sebut di atas. Anda bisa mengombinasikannya dengan apa pun.

Sebagai inspirasi lagi, saya pernah menemukan akun Instagram yang isinya adalah foto-foto wanita seksi memegang pistol dan senapan. Akun itu memiliki banyak follower karena kontennya sangat unik.

Inspirasi:
1. Pria berbadan kekar (health) dengan tato Hello Kitty (fashion).
2. Makanan (kuliner) yang ditata sehingga membentuk suatu objek. Misal, membentuk wajah orang, membentuk pesawat, dan sebagainya.
3. Wanita cantik (love) memakai jas hujan (fashion).
4. Pemain sepak bola namun yang disorot adalah kekayaan yang mereka miliki (mobil, rumah, hewan peliharaan, dan sebagainya).
5. Makanan (kuliner) khusus vegetarian (health).
6. Anak kecil yang hobi nge-gym dan berbadan kekar (health).
7. Wanita cantik (love) yang berpose sambil memegang gitar.

Ada begitu ide unik yang bisa Anda buat. Kuncinya, kombinasikan dua atau tiga hal. Beberapa hal biasa ketika dikombinasikan akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Ketika menentukan niche, pastikan Anda memiliki sumber konten yang banyak. Banyak di sini sekitar 5.000 sampai 10.000 gambar. Untuk mengetahuinya, silakan gunakan layanan Google Images. Misalkan, ketikpada kotak pencarian: girl with rain coat. Kalau ada banyak gambar yang muncul, maka Anda aman.

Metode #2: Mencari Sub-Niche

Kita sudah tahu niche yang umum. Langkah paling mudah adalah melihat sub-niche, atau turunan dari niche tersebut.

Contoh:
1. Niche: mobil. Sub-niche: mobil klasik, mobil Eropa, mobil Jepang, mobil VW, mobil sedan, mobil BMW, dan sebagainya. Tak terbatas hanya mobil, Anda juga bisa memilih hal yang tidak terlalu berhubungan dengan mobil, tapi masih berbentuk kendaraan. Contoh, truk, sepeda motor Harley Davidson, dan sebagainya.

2. Niche: kuliner. Sub-niche: makanan Asia, makanan Eropa, makanan khusus vegetarian, raw food, dan sebagainya.

3. Niche: fashion. Sub-niche: baju kantoran, baju renang, baju musim dingin, baju tidur, dan sebagainya. Anda juga bisa memilih hal yang tidak berhubungan dengan baju, seperti permata, tas, jam tangan, dan sebagainya.

Silakan ambil kertas, atau buka halaman Microsoft Word baru, dan mulailah menulis ide-ide yang bermunculan di kepala Anda. Tulis sebanyak mungkin. Coba kombinasikan beberapa ide. Jangan takut salah. Jangan takut ide Anda terkesan mengada-ada, atau memalukan. Siapa tahu ide itulah yang akan membuat Anda mendapat penghasilan $2,500 tiap bulan.

Metode #3: Mengincar Fans Tertentu

Fans menunjukkan ada pasar besar di situ. Semakin besar fans club, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapat follower banyak dalam waktu singkat.

Sebagai contoh, saya pernah menemukan akun Instagram kontennya hanya berisi foto wanita-wanita penggemar Star Wars. Ada wanita seksi memakai topeng Darth Vader, ada wanita seksi memakai kostum salah satu robot, ada pula foto wanita seksi yang memiliki tato Han Solo.

Semuanya berhubungan dengan Star Wars. Kalau diperhatikan ada dua tema besar di situ, yaitu wanita seksi (love) dan Star Wars (fans).

Akhirnya akun tersebut memiliki ratusan ribu follower karena ia berhasil menarik orang-orang yang menyukai wanita seksi, dan orang-orang yang menyukai Star Wars.

Begitulah cara menentukan niche. Selalu kombinasikan dua hal atau lebih. Saya jamin, Anda akan terkejut dengan banyaknya follower yang Anda dapatkan nantinya.

Ada banyak fans club yang bisa Anda bidik. Contoh:
1. Fans club Justin Bieber
2. Fans club The Beatles
3. Fans club Spongebob Squarepants
4. Fans club Valentino Rossi
5. Fans club Harry Potter

Pilih satu fans club yang menurut Anda menarik, namun pikirkan hal unik tertentu yang membuat akun Anda berbeda. Caranya, kombinasikanlah dengan hal lain seperti yang sudah saya contohkan di atas.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat akun Instagram berisi foto-foto paran lelaki berperut six pack dan berlengan besar (health) yang memiliki tato Spongebob Squarepants (fans). Tertarik mencoba? :)

Kalau mau lebih kreatif, Anda bisa mengombinasikan ketiga metode yang saya sebut di atas. Contoh:

1. Kombinasikan Fans dan Sub-niche: Orang-orang yang hobi memakai kostum (sub-niche dari fashion) dan berdandan ala Harry Potter (fans).

2. Kombinasikan Main Niche dan Fans: Foto-foto seputar koleksi mobil (car) milik seleb-seleb ternama (fans).

Riset Singkat

Ketika menentukan niche, silakan Anda cari akun Instagram lain yang memiliki kesamaan niche, atau setidaknya sedikit berhubungan. Lihat jumlah follower. Pastikan setidaknya beberapa akun yang Anda temukan memiliki follower di atas 10.000. Akan lebih baik kalau follower-nya di
atas 100.000 (100K).

Hal tersebut menunjukkan kalau memang ada banyak orang yang tertarik dengan niche yang Anda pilih.

Untuk tutorial di dalam e-book ini, saya memilih niche: perempuan cantik (love) memegang gitar.

Namun saya tidak berhenti sampai di situ. Ketika mengeksplor, saya menemukan banyak foto perempuan cantik memegang gitar dalam bentuk anime.

Ini adalah kombinasi yang menarik. Ada tiga hal menarik di sini:
1. Perempuan cantik (love)
2. Gitar
3. Anime (fans)

Dengan topik seperti ini, saya yakin bisa menarik orang-orang yang menyukai anime, orang-orang yang menyukai gambar gitar, dan orangorang yang menyukai perempuan cantik.

Saya coba buka Instagram dan melakukan riset singkat. Saya search untuk kata kunci anime. Banyak akun memiliki follower di atas 50.000.

Saya search kata kunci guitar. Banyak akun juga memiliki follower di atas 50.000. Beberapa bahkan di atas 100.000.

Terakhir, saya search kata kunci babes. Banyak akun memiliki follower di atas 100.000. Beberapa bahkan di angka 1.000.000 (1M). Untuk niche ini memang sangat tidak mengherankan.

Dengan membidik tiga kategori seperti itu, kita membuka peluang calon klien yang besar.

Rangkum Niche Anda dalam Satu Kalimat Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan calon follower mengetahui gambaran besar akun kita. Usahakan kalimatnya sesederhana dan sependek mungkin, dalam bahasa Inggris.

Contoh:
1. Babes and Luxury Cars
2. Vegetarian Foods
3. Guys with Spongebob Tattoos

Bagi Anda yang tidak biasa berbahasa Inggris, silakan gunakan Googlem Translate. Untuk niche pilihan saya, kalimatnya adalah Anime Girl with Guitar.
Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment