Penyebab Iklan Google Adwords Gagal

Penyebab Iklan Google Adwords Gagal

Google Adwords salah satu iklan yang potensal dan cukup efektif untuk bisnis Anda, tapi tentu saja tidak menutup kemungkinan iklan Anda bisa gagal.

Berikut beberapa penyebab iklan Anda gagal / mengalami kerugian :

1# Kurangnya pengetahuan dasar-dasar periklanan Google
Adwords, keprofesionalan dan akurasi Jika diperhatikan Google Adwords itu termasuk terjangkau dan visitornya pun tertarget, akan tetapi jika Anda salah strategi atau asal pasang iklan maka kerugian lebih mudah menghampiri Anda.

Kurangya pengetahuan tentang Google Adwords dan kurangnya melakukan riset pasar membuat iklan Anda lebih rentan gagal. Itulah mengapa seringkali Anda jumpai jasa professional yang menawarkan jasa beriklan
Google Adwords.

Menggunakan jasa professional bisa jadi solusi jika Anda belum paham benar dengan Google Adwords, ini akan memperkecil potensi kerugian Anda.

2# Keyword potensial membutuhkan dana yang besar

Google Adwords menawarkan visitor yang tertarget. Berikut beberapa cara penargetan dalam Google Adwords :
a. Kata kunci/keyword : kata-kata/frase yang relevan dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan.
b. Tempat iklan : menampilkan iklan Anda di search engine/mesin pencarian, website komersial dan website pribadi,dll.
c. Usia, lokasi, bahasa : Anda dapat menentukan batasan usia, lokasi dan bahasa yang digunakan pelangggan Anda.
d. Hari, waktu, frekuensi : Anda dapat menentukan seberapa sering iklan Anda muncul.
e. Jenis Perangkat : Anda dapat menentukan di perangkat digital mana saja iklan Anda ditampilkan.

Mau tidak mau iklan Google Adwords akan berbicara tentang persaingan kata kunci/keyword, semakin tinggi tingkat persaingan kata kunci yang Anda gunakan maka semakin mahal harganya. Dengan kata lain jika Anda menargetkan keyword yang potensial maka Anda harus memiliki budget yang cukup besar.

3# Tidak mengenal pesaing Anda
Pada dasarnya pemasang iklan Adwords itu bersaing untuk kata kunci yang sama yang mereka gunakan.
Setiap kali ada pengunjung yang mencari kata, frase ataupun kalimat di Google, maka Google akan menjalankan bidding/lelang secara otomatis yang akan menentukan iklan siapa yang muncul di posisi yang mana.

Anda harus mengenali pesaing Anda untuk keyword yang sama, Anda harus lihat persaingan ketat atau tidak. Seringkali penyebab gagalnya iklan Anda adalah karena Anda tidak mengenal pesaing Anda.

4# Salah memilih metode biaya iklan
Berikut ini metode perhitungan biaya iklan dalam Gogle Adwords: Cost Per Click (CPC) / biaya per klik (Anda akan dikenakan biaya jika iklan Anda diklik pengunjung, namun jika tidak yang meng-klik iklan Anda
maka Anda tidak akan terkena biaya.) Cost Per Thousand Impressions (CPM) / biaya perseribu tayang (Anda akan dikenakan biaya setiap 1000 tayang / iklan Anda tampil.) Cost Per Acquisitions (CPA) / biaya per akuisisi (Anda akan membayar jika sasaran iklan Anda terpenuhi, misalnya : pendaftaran member, penjualan, lama waktu kunjungan, dll.)

Salah memilih metode biaya iklan maka akan membuat biaya pengeluaran Anda membengkak. Seringkali kegagalan iklan terjadi karena pemilihan metode biaya iklan yang keliru.

Dari ketiga metode CPC lebih banyak digunakan karena dirasa cukup fair bagi pemasang iklan. Menentukan metode mana yang lebih sesuai sebenarnya tergantung tujuan yang ingin Anda capai dari iklan yang Anda pasang.

5# Terlalu banyak link
Jika iklan Anda terdapat link yang mencurigakan atau iklan ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan itu akan di-banned secara permanen. Jadi perlu berhati-hati dalam memasang iklan. Perhatikan juga TOS mereka agar Anda tidak melanggar peraturan tersebut.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment