KONTEN MARKETING

Saya akan membahas tentang apa sih konten yang sebaiknya di isikan di dalam Facebook Anda? Pertama – tama, yang harus Anda mengerti adalah untuk apa si konten marketing ini.Gunanya konten marketing adalah untuk menarik orang – orang untuk menjadi teman Anda dan mengikuti setiap apa yang Anda posting. Istilahnya, Anda sedang pelan – pelan membangun kolam ikan nih. Proses ini juga akan memakan waktu, jadi Anda harus bersabar dan berkomitmen tinggi untuk hal ini. Perlahan namun pasti, kumpulkanlah market Anda. Ingin sedikit lebih cepat?

Nah, inilah fungsi dari konten marketing. Untuk menarik mereka. Kita harus menarik mereka dengan konten yang kita tulis. Dan pertanyaan selanjutnya adalah, konten seperti apa sih yang bisa menarik orang – orang sehingga akan lebih mudah untuk kita menawarkan produk yang akan kita jual? Untuk menjawab pertanyaan itu, Saya akan menggunakan kata – kata Kang Dewa yang selalu Saya gunakan untuk membahas hal ini yaitu ‘Sharing – sharing dahulu, selling selling kemudian’. Mau tahu cara Bung Billy bikin konten? Saya akan membahasnya secara blak – blakan disini.

Sebelum masuk ke jenis – jenis konten, Anda harus tahu dulu tujuan Anda membuat konten tersebut. Maksudnya di bidik tujuan akhirnya. Misal, Saya ingin konten yang Saya buat untuk mendapatkan share yang banyak, atau like, atau komen. Ada caranya loh, jangan salah! Caranya adalah dengan memberi kalimat trigger di akhir konten yang Anda buat. Jika Anda ingin konten Anda banyak yang like, Anda bisa menggunakan kalimat ini untuk memancing like:
1. “Like dulu dong status ini...”
2. “Like jika Anda setuju....”
3. “Like jika tulisan ini bermanfaat untuk Anda..”
4. Dan lain sebagainya

Sama halnya jika Anda ingin konten Anda mendapat angka share yang tinggi, maka Anda harus memancingnya dengan kata – kat seperti :
1. “Share jika bermanfaat..”
2. “Share dulu dong!”
3. “Share untuk yang membutuhkan..”

Jika Anda ingin tingkat komen Anda tinggi, Anda harus memberikan pertanyaan yang sekiranya pembaca Anda akan menanggapinya. Contohnya seperti ini:
1. “Bagaimana dengan materi yang barusan Saya share, menarik bukan?”
2. “Ada yang masih bingung sama materi yang tadi?”
3. “Nah kalau Anda bagaimana, Apakah Anda tertarik dengan cara yang Saya jabarkan di atas?”
4. “Saya ingin tahu ni, bagaimana cara Anda jika Anda mengalami masalah seperti di atas?”

Atau Anda bisa membuat triger Anda sendiri agar angka like, komen, dan share postingan Anda bertambah dan terus bertambah. Untuk jenis konten sendiri ada 4 jenis konten yang selalu Saya postingkan setiap harinya. Yaitu :

1. Edukasi, konten edukasi berisi tentang edukasi mengenai bisnis atau tentang produk yang akan kita keluarkan. Biasanya, Saya akan memulai mengedukasi market Saya dari satu minggu sebelum di luncurkanya produk.Saya selalu membaca dan memahami suatu produk sebelum Saya memasarkanya, jadi kita harus tahu apa yang akan kita jual agar mengedukasi pasarnya pun akan lebih mudah.
Cara membuat edukasi untuk produk yang akan di launching adalah seperti ini. Misalkan Anda akan memasarkan produk berupa buku. Anda hanya harus mengambil bagian yang menarik dari buku itu lalu kembangkan dengan bahasa Anda sendiri dan sambungkanlah dengan kejadian – kejadian yang dekat dengan kehidupan sehari – hari. Jadi tidak hanya copas. Anda harus menitik beratkan manfaat dan kegunaan produk itu jika dimiliki oleh orang lain.
KONTEN MARKETING



2. Quote, konten ini berisi tentang quote dari orang – orang hebat. Bisa berisi motivasi, renungan atau kata – kata yang membangun semangat dan dapat menyentuh hati orang yang membacanya.Seringkali Saya mencantumkan quote di dalam desain kemudian konten yang ditulis berdasarkan pengembangan dari quote tersebut.
KONTEN MARKETING
3. Soft Selling, konten yang satu ini, intinya Anda itu jualan produk Anda, namun tidak secara langsung. Tidak semerta – merta Anda mencantumkan harga dan tanggal promo atau gambar produk Anda. Ini adalah soft-selling, soft artinya halus, selling artinya jualan. Jadi kita akan berjualan dengan cara yang halus. Kadang dalam soft selling Anda memerlukan adanya link yang mengarah kepada produk yang akan kita jual. Terkadang Saya selalu menuliskanya dengan cara story telling. Lalu menyelipkan sebuah link yang akan menggiring orang untuk menuju ke sebuah halaman web yang berisi produk yang dijual.Jadi Anda terliat memberi edukasi, namun sebenarnya berjualan.

4. Hard Selling, hard selling ini adalah konten yang selalu Saya lakukan jika ada promo atau launching produk baru. Saya akan sertakan foto produk, harga dan rentan waktu promo.

Hal yang perlu diingat selain tentang konten yang menarik adalah......... DESAIN!. Ya, desain juga menjadi pendukung orang untuk membaca postingan yang kita kirim. Begini deh, posisikan Anda menjadi pembaca di dalam Facebook, jika ada postingan di beranda Anda, kira – kira hal apa yang pertama menarik perhatian Anda? Headline nya kah? Isi tulisanya kah? Atau gambarnya?

Tidak tahu dengan Anda, tapi sebagian besar orang akan tertarik dengan gambarnya dahulu. Lalu dia akan mencari tahu tentang apa sih gambar itu, lalu baru berlanjut ke isi artikelnya. Jadi dalam suatu postingan desain gambar yang menyertai postingan bertugas untuk menangkap perhatian dari si pembaca Anda.

“Emang setiap postingan harus ada gambarnya Bung?”

Tidak harus, tapi akan lebih maksimal jika setiap postingan disertai oleh sebuah gambar karena ya seperti yang sudah Saya jelaskan tadi di atas, gambar itu untuk menangkap mata si pembaca agar tertarik lebih jauh ke dalam postingan yang kita kirim.

“Gimana caranya bikin desain gambar yang bisa menarik mata, Bung?”

Kalau desain sendiri sebenarnya tidak ada ketentuan yang pakem. Terserah Anda saja. CUMA, kalau Saya sih menyarankan seperti ini:

1. Desain nya kalau bisa berbentuk square, karena akan lebih enak dipandang. Bisa beresolusi 1.000x1.000 pixel sampai 500x500 pixel. Yang penting resolusinya bagus dan high quality deh pokoknya. Jangan memposting gambar dengan kualitas rendah, apalagi yang pecah – pecah, alasan = bikin sakit mata.
2. Desain gambar harus sesuai dengan konten yang kita tulis. Jika kontenya tentang hutang, maka mungkin desainya bisa bergambar uang atau yang lain yang menggambarkan isi materi. Tahu kan maksudnya?
3. Untuk meningkatkan tingkat share dari postingan Anda, Saya punya triknya nih. Jika dari segi desain, ternyata, setelah penelitian Saya mengepoin facebook para mastah, postingan yang paling banyak di share adalah postingan yang di dalamnya menyertakan desain yang terdapat kata – katanya. Karena banyak orang yang sebenarnya hanya ingin menshare gambarnya saja, namun itu justru membuat personal branding kita terkenal. Nah kata – kata yang ada dalam gambar ini biasanya Saya isi dengan kutipan yang paling powerful dari konten yang Saya tulis.
4. Usahakan desain yang Anda buat mempunyai style. Jadi setiap Anda membuat desain, ada hal atau tema yang sama. Jadi walaupun Anda tidak menyertakan nama Anda di dalam desain tersebut, orang lain sudah bisa menebak jika itu buatan Anda. Itu lah style. Bisa di tandai dari warna yang sering digunakan, font, dan bentuk.
5. Ini tak kalah pentingnya. WATERMARK. Apa itu watermark? Jika Anda perhtikan setiap gambar yang Saya post pasti ada logo Billionaire Store kan di pojokan, nah itu, selain sebagai logo, juga sebagai sebuah watermark. Jadi walaupun Anda – Anda ini mengambil gambar dari Bung Billy, logo itu terbawa juga. Sudah jelas kan fungsinya? Selain sebagai identitas, watermark juga sebagai sesuatu yang menandakan hak cipta. Nah disini, karena fungsi itu,kita harus bisa memanfaatkanya dengan baik, seperti menyertakan alamat website kita, atau menyertakan media sosial lain yang kita punya.
YANG PALING PENTING adalah jangan sampai membuat watermark terlalu besar atau terlalu kecil. Buatlah yang sekiranya dapat terbaca oleh orang lain. dan letakanlah di pojok atau bagian atas atau bawah, yang penting jangan menutupi desain Anda ya.

Nah sekarang, Saya mau membahas kapan ni waktu yang tepat untuk mengirim post? Kadang dalam satu hariterdiri dari 3 – 4 postingan yang terdiri dari konetn edukasi (bisa berjumlah dua), konten quote dan konten soft selling atau hard selling. Jadi kita harus membagi waktu dengan baik. Untuk itu, kita harus tahu nih, waktu – waktu yang sekiranya banyak orang yang sedang santai dan berkemungkinan besar untuk membaca postingan kita. Kitra – kira waktu kapan ni yang efektif? Menurut banyak buku dan ditambah Saya kepoin Facebooknya Kang Dewa dan mastah – mastah yang lain, waktu yang tepat untuk memposting postingan Facebook adalah sebagai berikut:\
KONTEN MARKETING
Nah jadwal seperti itulah jadwal yang Saya gunakan setiap harinya dalam memposting tulisan Saya di Facebook. Diluar itu semua, kadang update status untuk membangun interaksi dengan pengguna Facebook. Jika interaksi, lebih bersifat spontan. Tidak terpaku dengan jadwal di atas. Misalkan jika ada suatu berita yang HOT Anda bisa update status mengenai hal itu dan mengakhirinya dengan pertanyaan, agar apa? Tentu agar Anda bisa berkomunikasi dengan pengguna Facebook yang mengikuti postingan Anda, jadi ada komunikasi dua arah.

Pasti repot jika setiap hari Anda harus menulis konten yang menarik, belum lagi membuat desainya, belum lagi interaksinya, belum lagi jika Anda mempunyai sesuatu untuk dikerjakan, BELUM LAGI jika Anda sedang dalam mood yang tidak begitu bagus. Jangan salah loh, menulis juga membutuhkan ketenangan hati dan mood yang bagus, repot juga kan ternyata?. Maka dari itu, mungkin cara kerja Saya dalam menjadwalkan postingan Facebook bisa sedikit mencerahkan permasalahan ini.

Yang harus Anda tahu adalah Saya selalu mengerjakan konten 1 minggu pada 1 minggu sebelumnya. Misalnya minggu ini, Saya akan menyiapkan materi untuk minggu depan dan akan Saya akan kerjakan pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. 3 hari Saya harus menyelesaikan sekitar 21 hingga 25 konten dan desain. Berat? Memang iya awalnya. Namun Anda tidak boleh memanjakan diri Anda sendiri, karena jika Anda sudah mmebiasakan kebiasaan ini, maka kedepanya akan jauh lebih enak.

Memang butuh waktu pertama – tamanya. Mungkin Anda bisa pelan – pelan dalam mengerjakanya sebelum sampai kesitu. Misalnya, hari pertama, tulislah 3 konten dan buatlah 3 desain. Jika sudah hari kedua, buatlah 6 konten dan 6 desain, terus ditambah hingga Anda bisa menyelesaikan semua konten satu minggu dalam 3 hari.Sekedar tips, jika Anda merasa berat mengerjakan konten dan desain dalam waktu yang bersamaan, maka Anda bisa mempekerjakan seseorang dalam bidang desain grafis jadi Anda dan dia tinggal membagai pekerjaan. Karena sanagat tidak mudah loh, menulis dan membuat desain adalah dua jenis pekerjaan yang membutuhkan daya kretif yang tinggi.

Nah Saya mempunyai suatu alat untuk membantu menjadwalkan konten Anda agar Anda tidak perlu mempostingkan setiap konten dan desain Anda secara manual. Ingat, bisnis sudah berkembang, teknologi juga sudah berkembang, jadi bisnis yang menggunakan teknologi menuntut seseorang untuk tidak menjadi GAPTEK. Ada dua tool yang sudah Saya gunakan selama ini, mungkin sebenarnya masih banyak di luar sana tool untuk menjadwalkan postingan Facebook, Anda bisa mencarinya sendiri jika Anda tidak nyaman menggunakan kedua tool yang akan Saya jelaskan. Tool ini disebut dengan Hootsuite dan Facebook Multi Post.Silahkan Anda pilih tools yang Anda lebih nyaman untuk digunakan. Yang jelas, jika hootsuite itu tool yang gratis, sedangkan tool Facebook Multipos adalah tool yang berbayar.

Jadi setelah Anda membuat konten yang Anda telah buat selama ini Anda bisa langsung menjadwalkanya dengan menggunakan tool tersebut. Jadwalkan konten tersebut sesuai dengan jam seperti jadwal yang telah Saya beritahukan di atas sebelumnya. Maka setelah itu, Anda bisa memikirkan kembali produk apa yang harus Anda keluarkan selanjutnya, lalu pelajari produk tersebut, dan buatlah konten dan desainya, lalu jadwalkan, lakukan itu kembali.

CATATAN : Perlu diingat jika setiap orang tidak selalu pas dengan pola Saya yang satu ini. Saran Saya, temukanlah pola Anda sendiri. Jangan takut untuk mencoba. Misal, Anda ingin postingan sehari harus 5 kali, silahkan atau ingin postingan setiap hari Anda harus ada hiburanya, silahkan. Facebook Anda, Anda yang menentukan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment