Cara mencari Suplier di Google

Mencari Supplier untuk toko online itu gampang-gampang susah. Gampang jika Kamu tau caranya, susah jika belum tau caranya..

Jadi, untuk Kamu yang masih kesulitan mencari supplier untuk toko online Kamu, entah itu untuk dropship atau stok sendiri, silahkan simak tutorial saya berikut ini..
Steb by Step Tutorial Mencari Supplier Toko Online Dengan Harga Paling Murah :

1. Langkah pertama,
tentukan dulu niche untuk olshop Kamu. Kemudian cari produk yang related dengan niche tersebut.

Misal niche Kamu tentang "baju couple". Search di Google tentang baju couple, kemudian masuk ke salah satu web yang muncul di SERP. Disini saya coba pilih secara acak, dan saya pilih produk dibawah ini dengan harga Rp. 75.000,-
Cara mencari Suplier di Google
Cara mencari Suplier di Google
Kemudian ambil image location (lokasi penyimpanan gambar) dari gambar produk
tersebut.
Cara mencari Suplier di Google
2. Lalu masuk ke Google Image, pastekan link image location tadi di mode
pencarian gambar.
Cara mencari Suplier di Google
Cara mencari Suplier di Google
Scroll kebawah hingga Kamu menemukan halaman ini :
Cara mencari Suplier di Google
Dari situ Kamu sudah bisa memilih harga yang paling murah dari SERP yang ditampilkan. Tinggal masuk ke tiap web yang ditampilkan dan bandingkan harganya.

Cara ini jauh lebih akurat daripada hanya menggunakan web search karena dengan pencarian image Kamu bisa memastikan bahwa hasil yang tampil benar-benar produk yang Kamu cari (karena hasil yang tampil di pencarian memiliki gambar produk tersebut).

Dengan menggunakan cara ini saya dapat menemukan penjual dengan produk yang sama namun dengan harga yang lebih murah.
Cara mencari Suplier di Google
Tidak sampai disini saja, untuk mencari harga yang lebih murah lagi, saya mencoba improvisasi dengan menambahkan keyword khusus disamping kotak pencarian gambar.
Cara mencari Suplier di Google
Keyword-keyword seperti grosir, murah, supplier, supplier tangan pertama dan sebagainya tidak berlaku disini. Alasannya, keyword tersebut sudah di optimasi oleh para pengguna SEO yang rata-rata malah kelas dropshipper. Jadi jika Kamu menggunakan keyword-keyword tersebut kemungkinan besar yang tampil bukan supplier asli, tapi dropshipper atau reseller. Kalaupun supplier, pasti supplier tangan yang kesekian kalinya..

Saya coba mencari harga yang lebih rendah dari 65rb, jadi saya coba masukkan rentang harga antara 50rb s/d 60rb, tapi hasilnya nihil, tetap web itu-itu saja yang nongkrong di SERP. Hingga akhirnya saya menemukannya di angka 45rb.
Cara mencari Suplier di Google
Saya klik webnya dan inilah hasilnya :
Cara mencari Suplier di Google
Harga 45rb sepasang dengan minimal pembelian 4 pasang. Cukup murah bukan ? Harga di web pertama yang saya temukan, 75rb. Di web kedua, 65rb. Dan yang terakhir ini hanya 45rb. Selisih harga dengan web yang pertama ? 30rb.

Saya tidak tahu apakah masih ada harga yang lebih rendah dari itu, karena sudah tidak saya search lagi. Yang penting disini Kamu sudah tau intinya, cara dan trik untuk mendapatkan supplier dengan harga paling murah.


Kamu bisa berimprovisasi sendiri dibagian keyword (disamping pencarian gambar) untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, karena kadang beda niche beda pula keywordnya.

Untuk produk-produk yang dipesan dalam jumlah banyak (seperti sarung, kain, dsb) Kamu juga bisa menambahkan keyword khusus seperti kodian, lusinan dan sebagainya.

Pengalaman saya, keyword-keyword seperti itu belum banyak terkontaminasi SEO
seperti keyword grosir ataupun supplier sehingga kesempatan mendapatkan
produsen asli semakin besar.

Semoga tutorial saya ini mudah dimengerti dan maaf kalau ternyata trik nya terlalu sepele. At least, untuk saya trik ini cukup powerful karena saya mendapatkan supplier pertama saya (dan masih langgeng kerjasama sampai sekarang) juga dengan menggunakan cara ini.

Saya orang yang paling malas kalau disuruh keluar rumah, jadi ketika memulai olshop dengan stok sendiri, saya lebih memilih mencari supplier secara online daripada survey langsung ke pasar-pasar grosir yang ada di sekitar tempat tinggal saya.

Salam 300 juta,
Andre Juragan
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment