Cara saya mendapatkan Cost $0,00 FB Ads! (3)

III. Ad Copy
Apa itu Ad copy? Ad copy adalah “Copywriting is the act of writing copy for the purpose of advertising or marketing a product, business, person, opinion or idea. The addressee of the copy is meant to be persuaded to buy the product advertised for, or subscribe to the viewpoint the text shares.” (sumber : http://goo.gl/QwZnTC). Bisa disimpulkan sendiri bahwa Ad copy adalah kata-kata yang digunakan pada iklan tersebut.
Untuk Ad Copy sendiri gunakan kata-kata ajakan, kata-kata bombastis, atau berikan kata-kata yang membuat penasaran, intinya membuat audience kita tertarik dengan iklan yang kita berikan.
Contoh :
“Jangan ngaku pecinta Fotografi sejati, kalau belum gabung disini!”
“Diskon Gila! Baju kamera cuman 50rban??!!”

...dan masih banyak lagi, silahkan berkreatifitas dengan kata-katamu sendiri. Anda perlu ingat, perhatikan target audience anda juga dalam pemilihan Ad Copy yang tepat. Karena beda umur, gender, latar belakang, atau interest akan berbeda pandangan dalam menyikapi kata-kata yang anda buat.

IV. Graphics Design
Oke, setelah tadi tentang pembahasan Ad Copy, saatnya kali ini kita membahas graphic yang tepat dalam pembuatan Iklan FB Ads. Intinya, buat desain gambar yang eye catching. Sehingga mata target audience anda langsung terarah pada iklan anda.

Inilah beberapa tips membuat desain gambar :
1. Simple
2. Eye Catching
3. Jelas
4. Lebih baik tambahkan kata-kata secukupnya
5. Maksud & Tujuan tersampaikan
Biasanya disini kita pake image sebagai tambahan menambah cantik iklan yang saya pakai. Selain itu saya juga menambah beberapa kata “Call to Action” terhadap iklan saya. Anda bisa melihat contonya pada study case 2 di BAB selanjutnya.



V. STUDY CASE
Study Case 1 : Post Engagement
Oke, kali ini memasuki tahap study case pada ebook kali ini. Nah, ini yang sudah saya lakukan pada beberapa iklan saya.
1. Target Audience
Jenis Iklan : Bahaya Softlens
Negara : ID (broad)
Gender : Female
Age : 16-31 (ini asal aja karena masih split test :p )
Nah, sekarang mulai pada Interest. Kali ini saya menargetkan pada 2 merk softlens yang cukup terkenal. Logika saja, jika orang sudah LIKE pada sebuah merk tentunya dia menyukai produk yang ditawarkan oleh merk tersebut, bahkan sering membeli dan memakai produk tersebut.

Kira-kira seperti ini target Audience saya pada waktu itu :
Oke, terlihat pada spedometer diatas masih belum spesifik target Audience dari saya.
Dan tetep saya hajar aja! Hahahaa :D

2. Ad Copy
Untuk ad copy sendiri saya menggunakan yang bombastis. Seakan-akan dunia akan hancur jika si target audience tidak membaca iklan dari saya. Hahahaa :D

Inilah Ad Copy yang saya pakai :
“[WARNING] Ternyata Softlens Dapat Menyebabkan BUTA?
Ternyata Softlens Dapat Menyebabkan Kebutaan? Baca beberapa ulasan Bahaya Softlens yang Wajib Kita Ketahui. Karena ini penting!”
Bayangkan saja, dengan target Audience yang notabene sebagian besar adalah pemakai produk dan saya mengiklankan bahaya pemakaian berlebihan akan produk itu. Ok, saya kali ini tidak menyarankan untuk merusak pasaran produk orang lain ya?
Karena ini hanya study case dan juga isinya juga hanya tentang Informasi bukan penyerangan terhadap suatu merk produk.

3. Image
Untuk Image sendiri tak kalah penting dengan Ad Copy, kali ini saya menggunakan image yang eye catching dengan border warna merah. Sudah terbukti pada kehidupan sehari-hari bahwa anda pasti lebih melirik cewek berbaju merah yang kelihatan lebih eye catching daripada cewek berbaju lainnya. Yup, silahkan simpulkan sendiri. :p
Dan inilah hasil menggunakan teknik diatas :




Study Case 2:
Page Like
Nah, sekarang
saatnya anda siapkan target audience anda yang akan di grab UID nya memakai Tools diatas. Nah, untuk pemilihan target audience ini juga sama seperti apa yang sudah saya katakan diatas. Kali ini saya berpacu pada Interest dan hal-hal fanatik.

Ok, kali ini saya pakai niche Interest “Hijab”, dan sebisa saya membuat mereka yang interest menjadi fanatik dan bisa di-jejeli produk-produk yang tidak berkaitan langsung dengan hijab. Hemm, taukah anda produk apa yang saya pikirkan? Coba buat PR aja ya.. Hahahahaa :p

1. Grab UID Target Audience
Pertama-tama masuk pada https://www.facebook.com/search/users/all, lalu setting target yang akan anda grab UIDnya melalui panel setting yg paling kanan. Lihat jelasnya dibawah ini :
Nah, disitu tinggal sesuaikan dengan Informasi calon target audience anda. Misal : Gender = Male, Relationship = Single, dan masih banyak lagi. Kalo saya sendiri cuman biasa memakai kolom “Like and Interest” untuk mencari target Audience.
Disitu kita bisa mencari target audience yg menyukai fanspage tertentu, follow orangorang tertentu, admin grup/fanspage tertentu, member dari grup tertentu, dan aplikasi yang sering mereka gunakan. Nah, dari situ kita bisa menemukan banyak yang mereka sukai. Lalu gunakan tool grab UID pilihan anda, seperti yang saya sarankan diatas.

Gunakan saja tool http://mbendoll.net/toolsfb (Kupon Diskon: MBENDOLL45) untuk mempermudah pekerjaan anda.

2. Upload UID Target Audience
Nah, setelah tadi grab UID target Audience kita sekarang saatnya kita upload UID tersebut. Begini caranya :
1. Masuk ke https://www.facebook.com/ads/manage/, kemudian klik pada panel “Audiences” paling kiri.
Kemudian klik tombol “Create Audience” di paling kanan.
2. Akan muncul Pop-up seperti di bawah ini lalu pilih “Data File Custom Audience”.
3. Lalu isikan data dan upload UID pada form berikut ini :
Penjelasan :
Nama : isi nama UID yang dikehendaki
Deskripsi : Isi deskripsi audience yg dikehendaki
Data Type : Pilih “Data Type” yang dikehendaki, pada tutorial kali ini
menggunakan UID maka pilih “User IDs”.
Choose File : Upload file txt yg berisi UID disitu
4. Klik “Create Audience”, dan tunggu hingga Audience anda di approve pihak FB.
3. Pemasangan Iklan
Klik Tombol “Create Ad” seperti tutorial sebelumnya. Lalu isikan form sesuai seperti tutorial sebelumnya, hanya bedanya kali ini isikan pada kolom “Custom Audiences” sesuai nama Audience yg sudah kita upload tadi.
4. Penargetan
Kali ini ini saya menggunakan Target seperti ini :
Target Audience : Hasil Grab UID

Location : ID
Gender : Female
Age : 17 <
Karena ini udah pake Grab UID sebagai target Audience tentunya sudah tertarget jadi gak usah ribet lagi pada bagian Interest atau yg lainnya, kalo mau diutek-utek lagi silahkan.
5. Ad Copy
Untuk ad copy yang saya pakai disini berisi ajakan untuk bergabung pada fanspage yang saya iklankan. Simple, tapi harus memiliki power tersendiri. Silahkan berkreatifitas membuat kata-kata sendiri hanya dengan “90 karakter”. Intinya : simple, ngena, call to action
6. Image
Kali ini saya menggunakan image yang simple dan eye catching dengan perpaduan warna hijau & pink cerah. Dengan dipadukan kata-kata ajakan di dalamnya, dan disertai tanda panah berwarna merah menunjuk pada tombol like fanspage. Oke, katanya orang-orang kan tanda panah dilarang oleh facebook ya? Saya sudah buktikan sendiri dan itu masih aman. Jadi, kalo anda pake tanda panah ternyata kenapa-kenapa berarti itu faktor face. Hahahaa :p

Nah, berikut ini adalah contoh image yang saya pakai dalam campaign Page Likes.
Terlihat simple, eye catching dan to the point! Tambahkan beberapa kata dan image “call to action” untuk menambah konversi anda.
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment