OPTIMASI BLACKBERRY MESSENGER UNTUK JUALAN

Catatan: Dalam penjelasan ini kami akan menampilkan screenshoot salah satu tampilan BBM client kami yang sudah menerapkan Rahasia BBM Marketing yakni sodara Desy MH yang sudah menghasilkan omset puluhan juta rupiah dalam satu bulan dengan hanya menggunakan 1 Hp BB. Gambar screen shoot ini hanya sebagai contoh saja dan ilustrasi Anda bisa menirunya maupun sedikit memodifikasi.

Dalam Aplikasi chat BBM ada beberapa fitur yang dapat anda manfaatkan dan Anda optimalkan untuk
Jualan. Oke mari kita bahas satu per satu:

1. Nama Profil BBM
OPTIMASI BLACKBERRY MESSENGER
Nama profil BBM adalah nama profil BBM yang akan tampil di kontak BBM orang lain. Pastikan nama profil Jualan Anda mengikuti peraturan optimasi sebagai berikut ini:

 Nama profil Anda harus mudah diingat dan gampang di search.

 Hindari penggunaan syimbol-symbol yang tidak perlu karena akan menyulitkan untuk disearch dan selain itu sulit untuk mudah diingat.

 Nama profil Anda menggambarkan produk yang Anda jual, misal jika anda menjual tas Anda bisa menyisipkan kata “tas” tersebut supaya kontak-kontak BBM Anda tahu kalau Anda jualan Tas. Misal nama profil Anda “Grosir Tas Murah”.

 Nama profil Anda sisimple mungkin, jangan terlalu panjang.

 Jika nama profil Anda sebuah nama Olshop pakai nama Olshop yang sekiranya mudah
diingat, disarankan yang menggambarkan suatu benda yang sudah umum. Karena jika menggambarkan sebuah benda yang umum otak akan mudah megingatnya. Coba Anda bandingkan antara nama profil berikut ini : “Sandal Unik Shop” dengan “Navakasa Shop” mana yang mudah diingat kira-kira?

 Pada nama profil jangan lupa cantumkan no HP yang bisa dihubungi. PENTING. Usahakan
no hp yang dicantumkan adalah no HP yang nomornya tidak satu HP dengan Blackberry atau BBM Anda. Alasannya karena jika ada gannguan komunikasi baik itu karena HP Anda yang lowbat atau HP customer Anda yang lowbat, nge-hang, gannguan server BBM dan gangguan lainnya maka customer Anda tetap bisa berkomunikasi dengan Anda via SMS atau telefon. Coba bayangkan jika smartphone BB Anda mati, dan no kontak Anda juga yang dipakai BB maka otomatis kedua komunikasi (BBM, SMS dan telefon) juga akan terganggu. Jadi baiknya Anda mencantumkan no kontak yang tidak se-HP dengan BBM Anda. Berlaku juga untuk Android atau Iphone. Lihat contoh berikut ini:
OPTIMASI BLACKBERRY MESSENGER
2. Personal Messege
Personal Messege berfungsi untuk menjelaskan atau sebagai keterangan baik itu kata-kata promo, keterangan harga dan keterangan gambar display (DP). Sering-seringlah Anda menggonta-ganti Personal Messege walaupun cuma satu kata atau satu huruf karena setiap kali Anda merubah Personal Messege akan ada notifikasi atau pemberitahun ke “recent update” para kontak BBM Anda. Kuncinya semakin Anda gonta-ganti Personal Messege semakin sering ada notif ke recent update ke para kontak BBM Anda, artinya seamkin sering pula kemungkinan para kontak Anda melihat notif tentang Anda di recent update mereka. Itu artinya secara ilmu promosi atau iklan, akan semakin bagus. Karena secara teori semakin sering profil BBM Anda dilihat dan dibaca itu akan masuk ke dalam otak bawah sadar mereka sebagai pesan promosi. Sehingga Anda akan mudah diingat.
OPTIMASI BLACKBERRY MESSENGER UNTUK JUALAN
OK, understand? 
Berikutnya tentang Personal Messege ini akan mempelajari bagaimana membuat personal messege yang berubah secara otomatis. Saya akan bahas kjusus pada bab selanjutnya.Ok, Lanjut...

3. Display (DP)
Untuk Display (DP) mempunyai peran penting dalam promosi, karena orang akan melihat pertama
kali profil kita adalah dari DP. Berikut ini poin-poin penting tentang optimasi DP:

 Seperti halnya personal messege, DP juga haru sering kita ganti (update) maksimal 2 jam sekali.

 Jangan terlalu lama mengganti DP jangan sampai 2 hari baru gnti DP. Kenapa? Karena kesannya Anda kurang orderan, kesan lainnya Anda tdak memiliki stok model yang banyak. Sering-sering lah ganti DP idelanya 1 jam sekali ganti DP karena semakin sering Anda ganti DP semakin sering juga ada notif ke
recent update, dan kontak-kontak Anda akan tahu model apa saja yang Anda jual. Karena bisa saja model yang ditampilkan pada DP 1tidak cocok tapi bisa saja pada model yang ditampilkan pada DP ke-2 ada yang merasa cocok dan tertarik.

 Jangan terlalu sering DP Anda diisi oleh produk, selingi dengan DP yang bernuansa “joke”, kata mutiara, kata motivasi dll.

 Gunakan DP yang jelas dan menarik, hindari DP yang tidak bagus dipandang.

 TRIK tambahan buatlah DP berformat .GIF sehingga DP anda akan terlihat bergerak, Jadi satu DP bisa untuk beberapa gambar yang bisa berubah-ubah. Untuk cara membuat gambar berformat .GIF Anda bisa search di google ya.. kalo dijelaskan disini nanti ebooknya ketebalan hee
OPTIMASI BLACKBERRY MESSENGER UNTUK JUALAN
4. Status
bbm
Nah salah satu fasilitas BBM lainnya adalah “Status”. Biasanya status default BBM adalah “Available “ dan
“Busy”. Yang sudah tahu dan biasa pasti sudah bisa cara menggunakan status ini karena bisa di personalize atau dibuat secara manual. Fungsinya status ini sebagai “keterangan” tambahan karena status ini akan tampil di depan sebelum Personal Messeg. Berikut ini beberapa contoh status hasil “personalize”:
bbm
Anda bisa membuat status sesuai keinginan Anda
sendiri misal:
 Ready
 Pre Order
 Open Order
 Pleas Cek DP
 Dahsyat
 GRATIS
 Ngabisin Stock
 Dan lain-lain.
Gunakan status-status yang membuat para kontak Anda tertrik dan penasaran untuk membaca/membuka profil BBM Anda.

5. Kategori Kontak
Untuk orentasi Bisnis Kategori kontak ini penting karena untuk mengelompokkan kontak-kontak BBM Anda. Sehingga tidak bercampur aduk apalagi yang kontak BBM nya suah ribuan. Anda bisa membuat kategori seperti berikut ini:
 Family
 khusus kontak-kontak BBM keluarga Anda
 Friend
 khusus kontak-kontak teman Anda
 Reseller
 khusus kontak-kontak Reseller Anda
 Supplier
 khusus kontak-kontak para supplier barang produk Anda
 Olshop
 khusus kontak-kontak para pebisnis Olshop namun bukan reseller Anda
 Customer
 khusus kontak untuk para
konsumen Anda yang beli ritel bukan reseller
 Broadcast
 khusus untuk kontak yang bersedia dan dengan sukarela menerima BC dari Anda

Nah untuk Kategor Kontak Reseller Anda bisa membuat lagi menjadi beberapa Kategori, misal:
 Reseller Produktif
 Artinya reseller yang rajin order kepada Anda
 Reseller Semi Produktif
 khusus untuk reseller yang tidak terlalu sering order. Reseller yang sering tanya-tanya tapi sedikit ordernya bisa dimasukan ke dalm kategori ini.
 Reseller Pasif
 Reseller yang sering tanya-tanya tapi jarang atau bahkan ga pernah order.

Nah pengelompokkan ini penting fungsinya :

1. Untuk memantau perkembangan jumlah reseller dan customer Anda.
2. Memudahkan kalau Anda mau bersih-bersih kontak apalagi kalau kontak Anda sudah full.
Anda gampang untuk memilah-milahnya.

Berikut contoh yang digunakan oleh salah satu client kami:
bbm

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment