5 Jurus jitu Dongkrak Profit, bagian II

5 Jurus jitu Dongkrak Profit

3 Transaksi / Bulan
Nilai Konversi (%). Berapa prosentasi Calon Pelanggan (CP) menjadi Pelanggan? Bagaimana cara menaikkannya?

• Layanan yang lebih bagus. Pastikan orang-orang terdepan Anda punya senyuman yang alami dan pelayanan dalam hati, bukan lips service.

• Memberikan lebih dari yang dijanjikan. Bukan OVER promise UNDER deliver!

• Mengenal dan menyapa para pelanggan. Jika mereka sudah beberapa kali datang, pastikan orang-orang terdepan mengenal mereka. Ikat emosional mereka.

• Cadangan Stok yang cukup. Apa jadinya jika pelanggan sering kecewa karena stok Anda kehabisan? Mereka akan mencari ke toko sebelah.

• Toko yang buka terus. Bukan 'Grup Tempo', tempo-tempo buka, tempo-tempo tutup, ‘ sakpenake dewe'(seenaknya sendiri).

• Tambah variasi produk. Masa'... mau makan rawon terus tiap kesana sih. Tambah variasi, punya
pilihan saat datang lagi.

• Minta pelanggan untuk kembali. Hanya dengan kata-kata yang diucapkan dari hati, seolah tidak rela mereka pergi. Tambah tuh Omsetnya!

• Member Card. GRATIS, bukan saatnya bayar lagi... tapi bisa dikhususkan untuk amount atau kunjungan tertentu.

• Spesial diskon/promo untuk pelanggan. Berikan hak istimewa kepada mereka, agar loyalitas terbangun.

• Sms ucapan selamat Ulang Tahun. Makanya database mereka harus disimpan. Jadikan Anda yang mengucapkan pertama kali.

• Kontrak pembelian. Untuk produk atau jasa tertentu bisa diberikan diskon besar, asalkan selama 1 tahun (misalkan) kontrak dengan jasa Anda.

• Terima tukar tambah. Tentu tidak semua produk bisa.

• Ikatan Emosional. Jika Anda punya ikatan emosional terhadap mereka secara mendalam, tidak ada alasan bagi mereka ke tempat lain.

• Buat mereka mengenal Anda juga. Kunci mengikat emosi mereka adalah membuat mereka juga mengenal siapa Anda. Bertukar informasi.

• Jual barang yang sering dibeli. Agar pelanggan juga sering-sering datang, selanjutnya terserah Anda.
• Undian bulanan. Jadi punya alasan untuk sering-sering membeli ke tempat Anda kan.

• Point Pembelian. Bisa ditukar dengan hadiah-hadah tertentu, tapi pastikan hadiah-hadiah tersebut menarik pelanggan untuk sering beli.

Jika Anda perhatikan, kebanyakan taktik-taktik diatas adalah tentang PELAYANAN, yang tidak mengeluarkan biaya lebih, kecuali training! Jika bagian depan 'salah orang', gantilah dengan yang 'tepat'. Memoles kelebihan lebih mudah daripada memahat kekurangan.

Sudahkah Anda hitung, setelah belajar taktik 3? Jika Transaksi/bln naik dari 2x ke 4x, berarti omset dan profit akan Double!

Ingat! Tidak semua upaya itu memerlukan uang tambahan! Cukup dengan servis dan kreativitas Anda, dengan bujet minim, hasil maxi!

Sekali lagi, taktik 3 dan 4, hanya efektif jika jumlah pelanggan telah mencukupi. Indikasinya, 'bangku' Anda 75% penuh!

4 Rata – Rata Pembelian Rata-rata Pembelian atau kunjungan. 


Berapa jumlah pembayaran rata-rata mereka belanja di toko Anda tiap kunjungan? Bagaimana mendongkraknya?

• Naikkan Harga. Jika pelanggan sudah berdesak-desakkan, harga dinaikkan bertahap, tidak menjadi masalah.

• Batasan waktu Diskon. Agar pelanggan terpacu untuk belanja lebih.

• Jual Renteng. Pembelian kedua diskon 30%, beli 2 gratis 1.

• Boleh bayar kredit. Jamannya kartu kredit, gak sah kalo dagang gak punya gesekan... apalagi kalau bisa cicilan 0%!

• Hadiah untuk pembelian tertentu. Kenali dan tabur gulanya (gimmick), apa yang membuat pelanggan mau belanja lebih?

• Paket Hemat. Kebanyakan pelanggan mau praktis, bingung milih. Paket hemat, yang mungkin belum tentu hemat pun, dipilih.

• Delivery service. Memberikan gratis pengantaran kepada pembeli dengan jumlah tertentu. Misalnya, furniture, elektronik.

• Penjual yang pandai menawarkan lebih. "Minumnya mau apa bapak? Ada jus mangga, durian..." tawarkan dari yang mahal dulu!

• Insentif untuk penjual. agar mereka juga terpacu untuk mengejar OMSET!

• Berhentikan diskon! Yup, ada saatnya Anda harus memanjakan diri Anda. Tentu setelah 'warung' Anda laris manis.

• Tawarkan Kualitas dan Value, bukan harga. Hindarilah jebakan komoditas, yang membuat barang Anda berharga 'kiloan'.

• Minimum order quantity. Bisa diterapkan di bisnis grosiran.

• Katalog dan gambar-gambar promosi. Kebanyakan orang lapar mata. Belajar dari hypermarket, katalog promonya membuat orang beli lebih.

• Beli 2 dapat 3. Tetap masih lebih untung dibanding cuma beli 1 kan?! Intinya adalah segala upaya agar pelanggan mau membelanjakan lebih tiap kunjungannya.

5 Margin

Segala upaya untuk menambah pemasukkan dan menekan pengeluaran

• Naikkan Harga. jika memang semutnya sudah berdesak-desakkan dan ikatan emosi dengan pelanggan sudah kuat, inilah saatnya naikkan harga.

• Promo untuk produk yang marginnya besar. Terutama untuk produk yang tidak bisa dibandingkan dengan kompetitor.

• Hapuskan Diskon. Inilah saat yang tepat jual mahal, bukan jual obral! Capek kan diskon terus.

• Jual kualitas, hindarkan perang harga. Perlu diimbangi dengan promo menaikkan image merk Anda.

• Minimumkan stok. Just In Time! Tahukah Anda bahwa stok Anda adalah duit yang mengendap
dan sia-sia jika tidak terkontrol?!

• Tingkatkan produktivitas kerja. Cek apakah staff Anda bekerja dengan efektif? Atau masih banyak main hp?

• Efisiensikan biaya operasional. Saatnya polisi penghematan bekerja, tapi jangan sampai berdampak kepada loyalitas karyawan.

• Kurangi karyawan yang tidak dibutuhkan. Ini adalah pilihan agar perusahaan Anda mampu bersaing di tengah gilanya kompetisi.

• Cari bahan-bahan yang lebih murah. Tentu saja dengan kualitas yang bisa diterima.

• Daur ulang yang memungkinkan. Perusahaan sekelas Astra saja menggunakan kertasnya bolak-balik, kenapa kita tidak!

• Hindari pembelian dari tangan kedua cari supplier yang lebih kompetitif, dengan support yang lebih bagus atau setidaknya sama.

• Investasi teknologi; CCTV bisa menggantikan satpam Anda, barcode bisa menggantikan
hapalan Anda. Kenapa harus kerja lebih?

• Kurangi biaya telepon, listrik, pasang timer di telepon dan sensor-sensor untuk mematikan lampu dan AC secara otomatis. Pasang juga penghemat listrik.

• Intinya, naikkan produktivitas dan tekanlah segala pos pengeluaran, tanpa mengurangi kenyamanan dan loyalitas karyawan.

• Ajak seluruh tim terlibat dalam proses ini dan jelaskan KENAPA mereka perlu melakukan itu. Kompensasi dengan bonus lainnya!

Itulah ke 5 Cara Menaikkan Keuntungan Usaha! Jika Anda baca dengan jeli dan teliti, Anda bisa mendongkrak Profit 1000% dengan mudah!
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment