5 Jurus Jitu Dongkrak Profit

5 Jurus Jitu Dongkrak Profit

1 Calon Pelanggan (CP)

Calon Pelanggan adalah orang-orang yang datang atau telepon atau sekedar bertanya ke tempat usaha, dikarenakan promosi secara langsung ataupun tidak langsung.

Bagaimana cara menaikkan jumlah calon pelanggan tersebut? Berikut adalah tips dan paduan kreativitas
dari tim YEA.

• Iklan di koran. Buat liputan HEBOH jika memungkinkan gratis dan pasti dibaca. Ingat! Space terbaik di koran? L terbalik di kanan!

• Spanduk, Umbul-umbul. Cari spot terbaik yang akan banyak dibaca semut lewat. Ingat! Pegang spanduk di traffic light? Kenapa tidak?

• Radio. Kirim lagu gratis, kerjasama event agar dapat murah.

• Membuat Gosip Sendiri. Jangan kalah dengan Depe dan Jupe dong! Twitter salah satu media yang cocok dan murah.

• Brosur. Untuk produk atau jasa yang perlu penjelasan lebih. Brosur adalah personal copy, pertimbangkan cost dan benefitnya.

• Iklan di Angkot. @Denni_Delyandri berhasil menarik perhatian dalam kampanye Kek Pisang Villa Batam.

• Memasang iklan di Gedung Sendiri. Jangan biarkan ada space kosong sia-sia. Pajaknya? Kalau mendatangkan banyak semut, pajakpun terbayar!

• Pasang Stiker di mobil sendiri. Apalagi kalau sering keliling kota. Banggalah terhadap produk Anda!

• Buat Acara, disponsori sendiri. Lomba memasak, disponsori oleh kursus masak Anda. Pemenangnya jadi gurunya.

• Seragam dengan banyak Logo dan gambar Produk. Pokoknya tidak ada space yang tersisa. Ingat efektivitas, bukan sekedar estetika.

• Cari Salesman Lepas. Bayarnya kalau ada penjualan, sistem komisi saja. Low risk, gain more.

• Kerjasama dengan Merk lain. belanja 50rb di Lele Lela, dapat voucher 50rb di Hollycow.

• Buka Cabang disampingnya. Coba Anda buka 5 gerobak yang sama sekaligus sederetan, apa gak orang penasaran akan mencoba?!

• Internet, Milis. tapi bukan iklan cara kasar. Kirim artikel-artikel menarik dan bubuhkan autosignature dibawahnya. Iklan tidak langsung.

• Kartu nama yang menarik. Dalam size, desain, warna dan bentuk yang tidak umum, membuat
orang selalu ingat dan sering dapat doorprize.

• Pelanggan yang puas. Bagaimanapun pelanggan yang puas adalah marketer gratis yang powerful buat kita.

• Voucher Bernilai Rupiah. Saya lebih memilih ini, karena voucher diskon sudah terlalu umum. Cara ini menimbulkan buying experience.

Jika kondisi 'warung' Anda sudah ramai tiap harinya (80%) kapasitas, tidak perlu gunakan taktik 1 untuk menarik pelanggan baru lagi.

Taktik 2, hanya berlaku jika hasil dari taktik 1 telah maksimal untuk mendatangkan Calon Pelanggan. Jika tidak, siapa yang akan dijuali?

2 Nilai Konversi

Nilai Konversi (%). Berapa prosentasi Calon Pelanggan (CP) menjadi Pelanggan? Bagaimana cara menaikkannya?

• Memberikan Jaminan Uang kembali. Untuk produk atau jasa yang bernilai tinggi, CP perlu jaminan "Apakah produk ini benar....?

• Produk yang unik dan dibutuhkan. unik berarti beda atau sesuatu yang baru, namun akan kurang laku jika demandnya kecil.

• Membidik sasaran yang tepat. jangan-jangan promonya sudah efektif, mendatangkan trafik, tapi salah pasarnya? Gagal closed deh.

• Memberitakan BENEFIT. Kebanyakan pembeli bukanlah orang yang tau teknis(komposisi), tapi mereka akan bertanya, "Apa manfaat produk ini bagi saya?"

• Menaikkan variasi produk. Memangnya bapaknya suka rawon, tapi kalau ibu dan anaknya tidak suka, sedangkan pilihannya hanya rawon? Closed gak?

• Adanya kesaksian pengguna lain. CP lebih percaya jika ada referensi dari pelanggan lain. Ngecap dengan tidak langsung.

• Memberikan Jaminan Uang kembali. Untuk produk atau jasa yang bernilai tinggi, CP perlu jaminan "Apakah produk ini benar....?

• Produk yang unik dan dibutuhkan. unik berarti beda atau sesuatu yang baru, namun akan kurang laku jika demandnya kecil.

• Membidik sasaran yang tepat. jangan-jangan promonya sudah efektif, mendatangkan trafik, tapi salah pasarnya? Gagal closed deh.

• Memberitakan BENEFIT. Kebanyakan pembeli bukanlah orang yang tau teknis(komposisi), tapi mereka akan bertanya, "Apa manfaat produk ini bagi saya?"

• Menaikkan variasi produk. Memangnya bapaknya suka rawon, tapi kalau ibu dan anaknya tidak suka, sedangkan pilihannya hanya rawon? Closed gak?

• Adanya kesaksian pengguna lain. CP lebih percaya jika ada referensi dari pelanggan lain. Ngecap dengan tidak langsung.

• Gambar-gambar sebelum dan sesudah. Untuk produk tertentu seperti kesehatan, pelangsing, visual before dan after membantu meyakinkan.

• Diskon dan Harga yang menarik. Batas antara TIDAK MAU dan MAU seringkali adalah HARGA.

• Kemasan yang meyakinkan. produk yang bagus akan terasa kemahalan jika kemasannya tidak representatif. 60% orang adalah tipe visual.

• Penataan barang dan ruang yang nyaman. Nyaman untuk psikologi CP bukan Anda lho.. Tergantung produk dan kelas CPnya.

• Terima bayar cicil. Produk yang mahal tidak akan jadi masalah jika 'terbayar' kan?

• Demo produk. untuk produk tertentu, bukti itu penting!

• Boleh mencoba sebelum beli. Terutama untuk produk yang berhubungan dengan rasa (makanan) dan penciuman, tester paling penting.

• Bonus pembelian pertama. tidak ada salahnya kan, memanjakan keluarga baru agar mau masuk rumah Anda.

• Pelayanan yang RAMAH. Ini yang TERPENTING dan TERMURAH, namun berdampak besar. Ingat: "83% transaksi....."

• Banyak bertanya dan mendengar. Bagaimana Anda tau apa yang mereka inginkan jika Anda tidak bertanya? Anda bukan dukun dan jangan sok tau!

• Memberikan Solusi. Memang itulah yang mereka perlukan. SOLUSI!

• Libatkan Emosinya. Karena yang kita hadapi adalah manusia, bukan robot. Suka atau tidak suka
sering karena emosional, bukan rasional.

Pengantar: Jika halangan-halangan diperkecil, CP akan bergulir menjadi P (pelanggan). Ingat! Tugas Anda belum selesai, pastikan mereka menjadi pelanggan yang permanen, bukan sekali datang langsung jera dan menyumpahi Anda!

Misalnya, Anda beriklan di beberapa media, kemudian berhasil mendatangkan CP=1000 (tuliskan di sebelah kanan CP) di bulan tersebut. Anggap dari CP tersebut, 20% (tuliskan disamping Nilai Konversi(NK)) menjadi Pelanggan. Jadi di bulan tersebut, Anda memiliki 200P. Tetap tulis yaa... Dr 200P tersebut, rata-rata P kembali 2x/bln (#Transaksi/bln). Dalam istilah lain namanya Repeat Order. Selanjutnya..rata-rata P belanja sejumlah Rp.20.000 (Rata-rata Pembelian tiap kunjungan). Didapat total omset=Rp.8jt. Jika Marginnya 20%, maka didapat Profit sebesar Rp.1,6jt. Dapat gambaran dari materi ini? Pastikan Anda catat angka-angka tersebut sesuai rumus.

Semoga setelah materi ini Anda dapat menaikkan NK hanya dengan training pelayanan, menjadi 40%,
maka Omset dan Profit Anda akan Double!

Sekarang kita masuk ke taktik berikutnya, agar income Anda lebih berlipat. Namun sebelumnya
pastikan angka P Anda cukup!


BERSAMBUNG KE 5 Jurus Jitu Dongkrak Profit, bagian II
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment