Instagram Marketing

Jualan di Instagram

Saat ini sudah sangat banyak yang menggunakan media online untuk memasarkan produk mereka, baik produk fisik maupun jasa. Salah satu media yang digunakan yaitu Instagram, aplikasi dan situs share foto & video
- Saat ini masih masa jaya Instagram, Jumlah penggunanya mencapai 400 juta dan akan terus meningkat seiring popularitasnya
- User IG itu sebagian besar senang belanja. 44% pengguna IG berusia 18-29 tahun, yang artinya hampir separuh pengguna IG masih berusia muda dan produktif bekerja sehingga memiliki daya beli tinggi
- Pengguna instagram merupakan kalangan menengah keatas Mari kita perhatikan kebiasaan para pengguna instagram. Kebanyakan yang di upload adalah foto travelling, selfie dengan baju baru, foto makanan di restoran mewah, nongkrong di tempat keren dan sebagainya. Atau ajang pamer lifestyle Dari sini, bisa disimpulkan bahwa pengguna instagram sebagian besar merupakan kalangan menengah ke atas yang sangat-sangat berpotensi menjadi pembeli.
- Instagram menggunakan social sharing, yang memungkinkan foto yang sama di Instagram untuk di-share di Facebook. Jadi jika Anda juga menggunakan FB untuk jualan, maka anda tidak perlu capek memposting berulang kali. Cukup posting di IG saja maka otomatis akan terposting juga di FB personal Anda, dengan syarat akun IG anda sudah disetting/dihubungkan dengan akun FB anda.

MEMBUAT AKUN IG
 
Membuat akun IG bisa dari app di smartphone Anda atau dari laptop di web instagram.com
Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Akun :

1. Nama Akun/ User Name : Adalah nama akun Anda yang akan muncul saat user mencari/mengetikkan nama kita atau barang yang dibutuhkan
Sebaiknya gunakan nama yang familiar, yang banyak dicari atau hastag yang popular di hastag
2. Judul Bio : Biasanya diisi dengan keterangan yang berhubungan dengan isi postingan.
Judul akan muncul saat user mencari/mengetikkan nama kita atau barang yang dibutuhkan
Ke
3. Bio : Bisa diisi dengan keterangan lengkap tentang isi postingan
CARA MENINGKATAN FOLLOWER
 
1. Pastikan foto yang diposting sudah banyak, minimal 30 foto
2. foto yang anda posting menarik & bermanfaat. Bermanfaat dalam arti berguna, menghibur, lucu, informatif, dan lain-lain. Intinya, orang lain harus mendapatkan ‘nilai’ dari post anda.
3. SFS (Shoutout For Shoutout) Grup kumpulan olshop yang dsana smua olshop saling bertukaran promosi barang sesamaa olshop di instagram
4. Keroyokan Yaitu perkumpulan 1grup yg smua os post os lainnya didalam grup yg sama di instagram
5. Endorse artis terkenal yang seniche dengan produk anda
6. Buat Kontes atau Undian Berhadiah
7. Follow orang yang kemungkinan bakal tertarik dengan postingan Anda, atau follow followers akun lain yang seniche dengan akun/produk anda. Misal anda menjual kosmetik, maka follow followers akun penjual kosmetik yang sudah besar (banyak followersnya).
Alasannya setiap kali di-follow kita akan mendapatkan notifkasi
8. Menyukai (LIKE) sebanyak mungkin foto orang lain. dengan harapan orang yang belum mengikuti Anda akan mengikuti Anda kemudian.
9. Berkomentar pada postingan orang, agar followersnya melihat anda dengan harapan dia akan kepo atau tertarik memfollow anda. Cara ini juga bermanfaat untuk membangun interaksi dengan calon pelanggan kita.

Namun yang akan kita bahas lebih detail adalah point 7, 8 dan 9

POSTINGAN
 
Yang harus diperhatikan saat memposting adalah :

1. Judul : nama produk anda atau judul informasi yang di post
2. Keterangan : keterangan tentang produk anda, seperti harga, bahan, ukuran dsb
3. Hastag : Gunakan hastag yang relevan dengan produk anda. Misal jual jilbab, maka gunakan hastag jilbab, hijab, pashmina, dsb

 Aplikasi Yang Banyak digunakan untuk edit foto di gadget yang cukup lengkap & mudah digunakan adalah Photo Grid

 Cara Menemukan Hastag yang banyak digunakan oleh pengguna Instagram : websta.me
Caranya :

1. Masuk ke www.websta.me
2. Ketikkan di kolom search kata kunci yang akan dicari hastagnya, maka akan muncul hastag yang ramai digunakan seperti ini :
 Jam Posting

Jam posting yang umum digunakan adalah :
Ibu rumah tangga:
- 6-11 siang
- 19-22
Wanita karier, anak kuliah :
- 6-8 pagi
- 12-13
- 14-17
Bapak2
- 22-2 dinihari
Tapi Jika ingin mengetahui secara spesifik jam berapa followers anda banyak online, gunakan Iconosquare.com

STATEGI PEMASARAN DI INSTAGRAM
 
1. Berikan value lebih pada bisnis anda. Misal fast respon, pelayanan ramah dll
2. Bangun kepercayaan pada pelanggan anda dengan memposting capture testimony pelanggan
3. Memberikan bonus/kejutan pada pelanggan
4. Memberikan Voucher dengan syarat tertentu
5. Free ongkir utk wilayah/waktu2 tertentu
6. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) akun lain yang sejenis dengan produk Anda

CARA MENHUBUNGKAN AKUN IG dengan FB

Untuk mengaktifkannya :
1. Klik titik 3 di pojok kanan atas pada halaman profil anda.
2. Lalu scroll ke bawah dan pilih “share settings/ Akun Tertaut,”
3. lalu pilih “Facebook,”
4. setelah itu izinkan Instagram untuk mengotorisasi postingan atas nama anda.
5. Maka secara otomatis IG akan menghubungkan dengan akun FB yang sedang aktif di gadget anda.

Sekian sedikit ulasan tentang Instagram. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment