5 LANGKAH MUDAH MELIPAT GANDAKAN ORDER!

5 LANGKAH MUDAH MELIPAT GANDAKAN ORDER!

1. JURUS #1 : TARGET MARKET 
Saya selalu suka kata-kata Coach Dewa berikut ini : “Target market lebih penting dari penawaran” Kenapa begitu? Contoh simpelnya…

Ada wajan keluaran terbaru, wajan canggih yang bisa memasak 5x lebih cepat, hemat minyak goreng dan bahkan menghemat bahan bakar gas. Produk terbaru ini, keluaran pabrik dari Jepang. Betul-betul produk luar biasa. Kebetulan Anda kenal langsung dengan importirnya, maka Anda dapat harga spesial plus hak jual eksklusif. Di Indonesia, wajan itu hanya bisa dibeli melalui Anda.

Lalu Anda bikin penawaran yang menarik. Setelah jadi, kemudian Anda pergi ke sebuah tempat yang begitu ramai. Kebetulan dari kantor Anda ada sebuah kampus dengan ribuan mahasiswanya. Anda mulai beraksi, menawarkan wajan, mendemokan kecanggihannya kepada mereka lalu memberikan diskon yang menarik. Pertanyan saya, kira-kira mereka pada beli ga? Kira-kira laku banyak ga? Saya yakin ga! Kenapa bisa begitu? Betul sekali, mereka tidak membutuhkannya. Anda salah bidik orang. Orang-orang menyebutnya dengan target market. Meskipun produk Anda luar biasa, lalu Anda berusaha mati-matian memberikan penawaran, ketika mereka ga butuh ya kemungkinan ga akan beli. Kalau belipun pasti mereka karena kasihan dengan Anda. Hahaha… Lalu sampai di rumah mereka nyesel setengah mati karena sudah beli wajan itu, nah buat apa? Mereka ga butuh kok. Lain cerita…

Anda pergi ke komplek perumahan, kebetulan hari itu pas sekali ada arisan ibu-ibu. Hampir seratus orang kumpul disana. Anda bawa wajan canggih itu plus dengan bekal penawaran dan diskon yang menarik? Kira-kira pada beli ga? Saya yakin banyak yang beli. Ya karena mereka butuh.

Simpelnya : TARGET MARKET adalah mereka yang membutuhkan produk Anda.

Jadi… Kunci pertama untuk membuat produk Anda laku keras adalah bidiklah target market yang tepat. Kalau target marketnya tepat, ketika misalnya Anda broadcast tiap hari (karena jualan via Blackberry) semua yang menerima broadcast Anda alih-alih merasa terganggu, mereka akan berterima kasih kepada Anda. Anda menjadi dewa penolong mereka. Usaha Anda tidak akan lagi ekstra, karena ya emang produk Anda dibutuhkan oleh mereka. Mereka terbantu dengan produk Anda, Anda dapat duit karena jualan Anda laku Sip!

Lalu gimana menemukan target market yang tepat? Apapun produk Anda, caranya mudah. Biasakan selalu bertanya : “Siapa yang butuh produk saya ini?” Jawaban yang Anda temukan itulah yang disebut dengan target market. Siip? Jika sudah ketemu, cari tuh tempat kumpulnya mereka, lalu jualan disana. Yah bayangin aja, kalau Anda di tengah ribuan orang yang semuanya membutuhkan produk Anda? Bukan Anda yang kejar orderan tapi mereka yang akan mengejar-ngejar Anda. Tugas Anda adalah mengedukasi sebanyak mungkin orang agar mereka tahu betapa bermanfaatnya produk Anda untuk mereka.

Penerapannya dalam BB Marketing… Nah kalau diterapkan dalam Blackberry, caranya ya bikin mereka ngumpul di Blackberry Anda.

JURUS #1 : PENUHI KONTAK BLACKBERRY ANDA DENGAN MEREKA, TARGET MARKET ANDA. 

 Bagaimana target market produk Sadarhati.com? Pertanyaan yang bagus. Karena produk-produk kita adalah buku-buku edukasi bisnis dan pengembangan diri, orang yang butuh ini adalah rata-rata pengusaha, online shop dan siapapun yang berhubungan dengan dunia penjualan. Nah inilah nikmatnya… Sekarang ini tuh bejibun dan sama sekali tidak sulit menemukan orang yang jualan. Kita juga dengan mudah bisa menemukan dimana mereka berkumpul. Gampang sekali!

Kalau saya melakukan dua cara ini…

Cara pertama : Ikut pin train Sekarang tuh banyak banget, bejibun orang-orang yang sibuk jualan produk mereka. Add in mereka semua, lalu kalau mau ya ikutan broadcast. Nah mereka tuh semua “mangsa empuk” kita. Hahahaha….

Cara kedua : Kebetulah saya hanya aktif di socmed facebook, twitter juga jarang-jarang. Enaknya nemuin grup yang isinya online shop dan pengusaha, sama sekali tidak susah. Cari aja dengan keyword : bisnis, pengusaha, usaha, online shop dst. Bejibun tuh!

Kalau sudah ketemu, giring mereka untuk add blackberry Anda. Lalu nanti di blackberry, mulai edukasi mereka tentang pentingnya produk Anda untuk mereka, lalu… Jualin deh. Haaap! Kena!

Btw ada banyak yang sakit hati dan merasa terganggu dengan broadcast yang diterima setiap hari. Paling simpel end chat, paling parah langsung delcont. Betul?

Yah gimana tidak, sekedar sharing aja bahkan tidak jarang tengah malam dan shubuh saja sudah banyak yang broadcast ke BB saya. Tang ting tung terus bunyinya. Ramenya ga karuan. Kalau satu dua sih ga rame, tapi kalau penuh isinya online shop semua, sudah kaya kerusuhan. Hehe..

Apakah saya terganggu?

Kalau saya jadi Anda, saya akan coba berpikir positif aja. Mereka semua tuh lagi usaha, cari duit halal buat keluarga mereka dengan cara jualan. Lalu kenapa harus terganggu?! Lagian kalaupun terganggu ya kan tinggal delcont saja keleeeus! Gitu aja kok repot. Wkwkw

Lagian saya tuh malah mikirnya, kalau blackberry saya makin rame, makin banyak tuh orang yang butuh produk saya. Makin besar peluang saya dapat duitnya.

Ya semakin rame, saya seperti makin banyak ngeliat duit ajah. Gitu.. Hehe.. Sip?!

Tiap hari entah berapa puluh kali sehari mereka broadcast. Makin banyak broadcast saya terima, makin semangat juga saya ikutan jualan. Ikutan donk, masak cuma mau nontonin doank?

Oh ya, Kalau ada orang masih mudah marah, mudah tersinggung, apalagi hanya karena dapet broadcast doank sebelnya seharian, bisa jadi karena itu dia itu lagi kurang penghasilan. Hahaha… santai aja keles! Lagi-lagi kalau emang terganggu kan ya tinggal delcont, gitu aja kok repot!

LOGIKA BODOH 
Kenapa kontaknya harus banyak kalau perlu sampai penuh?

Simpelnya… Anggap aja persen closing Anda adalah 10%. Kontak di BB Anda ada cuma 200 orang. Kalau closing 10% dari 200 hasilnya adalah? 20 penjualan.

Nah beda di kasus kedua.. Dia sudah baca artikel ini dan langsung praktek banyakin kontaknya. Dia fokus nambahin kontak BB nya dg kontak targeted sampai dengan full 2.000 kontak. Karena masih pemula, belum belajar ilmunya, teknik closingnya belom memadai, persen closingnya kecil. Anggap saja cuma bisa closing sebesar 5% doank. Hasilnya? 5% x 2.000 kontak = 100 transaksi.

Beda apa beda? Beda bangeeet gilaaa. Orang yang bodoh teknik closing ini ada kemungkinan closingnya bisa lebih baik.

Bayangin lagi seandainya jika si pemula ini kemudian selain fokus praktek JURUS #1 : MENUHIN KONTAK, dia belajar lagi TEKNIK CLOSING -nya (yang di ebook ini ada di JURUS #3).

Lama kelamaan dia makin pinter, akhirnya persen closingnya meningkat jadi 10%. Hasilnya adalah… 10% dari 2000 kontak = 200 penjualan bos. 10 kali lebih banyak dari omset penjualan Anda. Apalagi Anda yang sudah terlatih dan jago jualan? Omsetnya bisa naik gila-gilaan.

Intinya, hanya dengan praktek jurus nomor 1 ini saja penjualan Anda akan meningkat.

Cara ketiga: Anda males melakukan itu semua? itu juga kabar baik. Manfaatkan kemalasan Anda, nikmati yang Anda suka. Caranya? Karena tidak mau repot, akhirnya jadi kreatif kan? Ternyata saya juga baru tau ada cara paling mudah dan cepat untuk menambah kontak dengan memakai JASA TAMBAH KONTAK.

Tinggal bayar, tunggu dan kontak blackberry Anda penuh. Wkwkwkwk.. Ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot seperti saya. Murah kok biayanya, mulai dari yang 10 ribuan dan mau dibayar pulsa, sampai dengan 100 ribuan dan kontak Anda sudah langsung penuh. Mahal?

Kalau saya sih sebagai pengusaha mikirnya gini. Duit yang saya keluarin bakal balik ga? Bakal berlipat ga? Kalau kontak Anda full 2.000 dan sekali jualan produk Anda yang harganya 100.000 misalnya. Profitnya 20%, closing 5 aja kan sudah balik modal. Apalagi kalau Anda produknya lebih mahal, marjinnya lebih besar, teknik closingnya udah mantap. Makin yahud tuh.

Jangan pelit buat investasi. Termasuk buat nambah kontak di bb Anda. bb itu aset. Nah seru kan?!

Ada Kelemahannya… Hanya saja ada sedikit kelemahannya ketika memakai 3 cara di atas. Karena mereka tidak mengenal Anda maka Anda harus membangun kedekatan dengan mereka terlebih dahulu ketika mereka sudah add pin Blackbery Anda. Ingat, tidak ada kedekatan, tidak ada kepercayaan, maka tidak ada penjualan!

Jika Anda mau bersabar, ini dia cara yang lebih powerful untuk Anda lakukan :
1. Infokan ke semua teman dan kenalan untuk add pin Blackberry Anda.
2. Jika aktif twitter, infokan disana.
3. Tidak aktif twitter? Minimal saya yakin Anda aktif di facebook seperti saya, Tuliskan sering-sering status seperti misalnya berbagi peluang bisnis : “Silakan add pin xx untuk silaturahmi lebih intens dengan saya!”
4. Bikin kartu nama dg 2 sisi. Sisi pertama adalah bisnis Anda, sisi yang kedua tuliskan sama persis seperti di poin nomor 3. Bagikan ke sebanyak mungkin orang yang Anda temui.
5. Dateng ke seminar, acara, event dst, tempat berkumpulnya orang-orang yang berkaitan dengan produk Anda. jalinlah silaturahmi dengan mereka.
6. Dateng ke JNE atau Pos terdekat dan bertukarlah pin BB Anda dengan mereka. Btw banyak online shop yang tentu saja sering mondar-mandir kirim barang disana. Saya beberapa kali melakukannya dan alhamdulillah closing tuh setelah mereka banyak dapet broadcast an info dari saya. Asik kan?
7. Cari akun twitter dg follower terbanyak dan nyambung dengan produk Anda. jangan salah target, percuma follower banyak isinya anak abg alay semua. Capeeek cyiiin…
8. Cari grup facebook tentang bisnis, online shop atau multi level marketing. Bagi-bagi pin Anda disana, atau add mereka semua. ingat, kalau mau mereka Add jangan tunjukin Anda jualan tapi buatlah seolah-olah Anda sedang membutuhkan produk mereka. Rameee tuh yang nge add pasti!
Mau praktek dari yang mana?

2. JURUS #2 : PENAWARAN YANG BIKIN PENASARAN. BELAJAR COPYWRITING 

Jurus kedua inilah yang terus perlu Anda lakukan sambil memenuhi kontak Blackberry Anda dengan target market Anda. Bikin mereka tahu dengan jualan Anda. Percuma kontak Anda penuh tapi mereka ga tau kita jualan, yang beli siapa? Caranya? IKLAN. Jadi ya harus ngiklan, harus promosi, biar mereka tau kalau Anda itu jualan. Kalau penerapannya di Blackberry, media yang bisa kita gunakan untuk iklan adalah :
1. DP atau foto profil
2. Display name
3. Status
4. Personal mesej
5. Broadcast

Saya sendiri masih belajar, dari berbagi guru, buku dan seminar. 5 hal itu bisa kita manfaatkan untuk membuat iklan yang bikin penasaran yang bisa menghasilkan penjualan. Tentang bagaimana membuat penawaran iklan yang menawan dan menghasilkan penjualan ini, saya kira saya tidak akan menuliskan di ebook ini terlalu banyak. Lagian kalau Anda gabung di tim Sadarhati.com kan Anda tinggal copas aja script broadcast, DP dan marketing kit lainnya. Saran saya, jika Anda ingi belajar lebih banyak tentang bagaimana membuat iklan yang menjual atau COPYWRITING saran saya baca buku-buku bagus dari mas Dewa Eka Prayoga yang yang saya rekomendasikan ini :
 Buku Tembus Omset 100 juta modal bb by Dewa eka prayoga
 30 hari jago jualan
 Baca juga Ebook copywriting -nya
Belum punya? Silakan kontak saya dan akan saya bantu pesankan!

Apalagi kalau Anda adalah tim reseller saya di Sadarhati.com, pastikan deh Anda juga baca bukunya!

Btw ini adalah komentar bu Christine, dosen Swastika Prima setelah 2 x nerima penawaran dari broadcast saya. Hasilnya saya langsung jualan 4 buah buku senilai hampir 1 juta rupiah. Padahal blackberry saya baru saja saya beli dengan kontak tidak ada 100. Ya itu tadi, meski dikit kontak saya targeted banget. Sekali broadcast, blackberry nya balik modal!
5 LANGKAH MUDAH MELIPAT GANDAKAN ORDER
3. JURUS #3 : RAHASIA BIKIN CUSTOMER NGILER PENGEN SEGERA TRANSFER, BAHKAN NYESEL SETENGAH MATI JIKA TIDAK TRANSFER HARI INI 

 Nah ini dia jurus terpenting, percuma kontak Blackberry Anda banyak, Anda bisa bikin iklan keren yang menarik banyak pelanggan tapi Anda tidak bisa bikin mereka membeli. TEKNIK CLOSING Anda memble. Payah. Bisa susah. Ga dapet duit karena tidak ada penjualan. Btw, gimana caranya saya bisa membuat orang langsung order dan segera transfer bahkan ketika jam 10 malam sekalipun? Kuncinya adalah NILAI TAMBAH yang gila-gilaan. Berikan nilai tambah sebanyak-banyaknya yang tidak mungkin ditolak. Bikin customer Anda TAMPAK BODOH jika sampai menolak penawaran Anda. Dan jika menolak, nyeselnya ga karuan!

POLANYA : 
BONUS EDAN + BATAS WAKTU Ini dia syarat nilai tambah Anda, biar bisa disebut sebagai BONUS EDAN. 

Agar berhasil menggunakan pola ini, pastikan nilai tambah Anda memenuhi 4 hal ini :
1. Bermanfaat untuk calon customer
2. Bikin kesan nilainya jauh lebih besar dari produk yang mereka beli. Manfaatnya bener-bener gila-gilaan. Kalau nolak, nyeselnya ga karuan
3. Tidak merugikan Anda
4. KASIH MEREKA BATASAN WAKTU

JIKA MEREKA TERTARIK, BIKIN MEREKA NGILER PENGEN SEGERA ORDER. JIKA SUDAH, BIKIN MEREKA GILA PENGEN TRANSFER SEGERA. LALU BIKIN MEREKA NYESEL SETENGAH MATI JIKA TIDAK TRANFER HARI INI!

TENTANG NILAI TAMBAH 

Eh, Apa sih yang dimaksud NILAI TAMBAH? Simpelnya, NILAI TAMBAH bisa dijawab dengan pertanyaan ini : “Kenapa mereka harus beli di saya bukan di yang lain?” 

Jawaban itulah yang disebut dengan NILAI TAMBAH. Berikan sebanyak mungkin alasan mengapa mereka harus beli melalui Anda. BIKIN CUSTOMER TAMPAK BODOH JIKA TIDAK MEMBELI DARI ANDA. Ya karena Anda memberikan nilai tambah yang luar biasa. Ini dia contoh NILAI TAMBAH yang bisa diterapkan untuk jualan online di Blackberry.
 GRATIS ongkos kirim. Ini akan jadi nilai tambah ketika yang lain harus bayar ongkirnya.
 GRATIS produk Y ketika yang lain jualan produk X dan cuma dapet x
 GRATIS konsultasi setelah beli produk ini senilai 1.000.000 padahal produk Anda harganya cuma 100.000
 GRATIS 10 ebook senilai Rp. 1.000.000 ketika beli buku Tembus Omset 100 Juta Modal Blackberry dst

Oh ya, semua orang suka gratisan. Jadi manfaatin sebaik-baiknya kata-kata gratis itu. Inget, berikan nilai tambah yang luar biasa namun tidak merugikan Anda. Kalau sampai rugi, buat apa Anda jualan? Banyak kata-kata gratis yang bernilai fantastis itu lalu kombinasikan dengan… 

Masih ingat kan syarat nilai tambah yang ke 4? Ya, kasih batasan waktu sampai kapan BONUS EDAN itu berlaku. Coach Dewa bilang sebutannya Teknik Closing Now Or Never. 

Prakteknya… 

Setelah ngobrol dengan prospek, basa basi dan menjalin kedekatan. Saya mulai mengetahui bahwa dia mulai tertarik, hal ini bisa dilihat dari dia yang : tanya-tanya tentang bukunya, berapa harganya, berapa ongkirnya dst. Saat itulah saya mulai beraksi. Ini dia contoh penawaran saya :
“Jika mba beli bukunya akan saya berikan ebook x senilai Rp 295.000 ” 

Jika belum terlalu ngefek, saat itulah saya bisa terus menggali kebutuhan dia lalu bikin penawaran lagi : 
“Saya tambahin mba bonusnya, jika mba beli di saya sekarang saya kasih bonus ebook a, b, c, d senilai Rp 695.000 ” 

Biasanya mereka akan segera transfer. Tapi, ada kalanya juga, sudah tertarik sih, tapi kok belum transfer-transfer juga? Saatnya Anda remind dia, kadang dia memang sibuk sampai lupa transfer. Saat itu jika dia belum ada tanda-tanda mau transfer juga, keluarin jurus pamungkas : 
“Oke deh mba, ini penawaran terakhir dari saya. Jika mba beli bukunya sekarang, saya kasih 10 buah ebook senilai Rp 975.000 + GRATIS mentoring bareng saya selama seminggu penuh senilai Rp 1.000.000. Tapi, penawaran ini hanya berlaku untuk transfer hari ini maksimal jam 21.00 wib. Setelah jam x itu, apalagi besok, bonus tidak lagi berlaku. Semoga manfaat!”

Silakan modifikasi dan Anda bisa menerapkan ke dalam apapun bisnis Anda. Intinya berikan nilai tambah yang bermanfaat sebanyak mungkin kepada calon pembeli Anda. Bukankah jelas, siapa yang paling banyak bermanfaat itulah sebaik-baik manusia? 

SEMAKIN BANYAK MANFAAT DAN NILAI TAMBAH YANG ANDA BERIKAN SEMAKIN BANYAK UANG YANG AKAN DATANG KEPADA ANDA.

4. JURUS#4 :FOKUS 

Banyak reseller yang beranggapan bahwa katalog di Sadarhati.com tidak banyak. Lalu mereka mengeluhkannya. Saya pribadi berkeyakinan, semakin spesialis, semakin spesifik, semakin fokus akan semakin memudahkan kita. Sebagai catatan saya fokus untuk menjul hanya 1 judul buku saja yaitu Tembus Omset 100 Juta Modal Blackberry. Karena fokus itulah saya tidak kebingungan harus menjual yang mana. 

Hasilnya, 70 transaksi penjualan dalam 5 hari. Btw inilah menurut saya kelebihan ketika kita fokus :
 Lebih sedikit produk yang harus kita kuasai product knowledge -nya
 Lebih fokus, lebih mudah jualan, jualan itu terus menerus.
 Tidak membingungkan pelanggan harus beli yang mana duluan 
 semakin fokus, semakin ahli lah kita terhadap produk yang kita jual
Jadi, makin fokus, makin mudah! Saran saya, ya fokus aja!

5. JURUS #5 : ISTIQOMAH 

Konsistenlah untuk mempraktekkan setiap hari. Dengan praktek Anda akan ketemu masalah, lalu bisa mulai belajar dengan masalah yang Anda temukan agar ketemu solusinya. Lama-lama, makin ahli juga Anda. makin hari akan makin peka gimana caranya menghadapi keberatan konsumen yang berbeda-beda.
Memang iya, bisa jadi Anda seperti mas Ardi yang hari ini saya ajarkan tekniknya besok langsung pecah telor. Kadang-kadang Anda harus bersabar lebih ekstra.
5 LANGKAH MUDAH MELIPAT GANDAKAN ORDER
Sabar selalu ada buahnya. Kapan? Ya sabar aja. Hahaha… 

Saya yakin dan percaya bahwa tantangan terberatpun asal bisa kita lalui ketika kita istiqomah. Bahkan Anda bisa memindahkan 1 truk penuh berisi pasir dengan 1 buah sendok? 

Beneran. Sangat bisa. Kalau Anda konsisten dan mau istiqomah setiap hari melakukannya. Yakin kan? Itu sih hanya ilustrasi, kalau emang mau coba Anda lakukan saya yakin pasti….. 

Pasti kurang kerjaan! Hehehe ….. 

Semoga artikel ini manfaat untuk bikin omset Anda melesat!
Aamiin….
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment