MENCARI KONTEN VIRAL

Kali ini kita akan membahas bagaimana mencari konten yang bagus. Konten yang bagus adalah konten yang sudah terbukti viral atau konten yang sedang menjadi tren. Kita kadang menganggap suatu konten itu bagus akan tetapi kita tidak bisa hanya memandang dari sudut pandang kita, konten yang bagus menurut kita belum tentu bagus menurut pengunjung.

Maka dari itu kita sebisa mungkin menghindari konten yang hanya menurut kita sendiri bagus saja. Kita harus menggunakan konten yang sudah terbukti disukai banyak orang atau konten yang sedang dicari banyak orang.

Maka inti dari modul ini adalah sebenarnya hanya mengemukakan tentang bagaimana mencari konten yang sudah terbukti viral dan mencari konten yang sedang tren.

Berikut saya jelaskan bagaimana mencari konten-konten viral.

1. Konten yang bagus adalah konten yang sudah terbukti menjadi viral.
Maka dari itu kita tinggal mengambil tema dari konten tersebut. Untuk mencari konten yang sudah terbukti viral kita tinggal memanfaatkan situs-situs penyedia layanan pencari konten viral.

Situs-situs tersebut di antaranya adalah:
1. Buzzsumo.com
2. renoun.io
3. http://www.ruzzit.com

Ini adalah studi kasus di mana satu konten ternyata menjadi konten yang paling populer di beberapa situs website.

Saya memakai fasilitas trending dari buzzsumo (app.buzzsumo.com/ research/ trending), dan menemukan ada tiga website yang mempunyai konten yang sama yang paling banyak dishare pada satu hari.
KONTEN VIRAL
Dan ternyata... konten tersebut juga menjadi trending di situs berita liputan6.
MENCARI KONTEN VIRAL
saya yakin liputan6 juga menggunakan cara yang sama, yakni dengan mengintip apa yang sedang trend di dunia lalu dipublish ulang di websitenya.
Dengan cara yang sama tentu kita bisa menirunya.

Tetapi... mungkin kita bertanya, iya kan itu situs besar, tentu mudah mendapat trafik, apalagi dari search engine. Akan tetapi kita tidak sedang menggunakan konten yang viral itu mendatangkan trafik dari search engine. Bukan itu pointnya.

Pointnya adalah yang penting kita menambahkan konten yang bagus (yang terbukti viral) ke website kita. Dengan konten yang bagus tersebut kita jadikan sebagai bonus bagi pengunjung kita yang sedang membaca konten lain.

Dengan harapan bahwa pengunjung kita akan tertarik dengan konten tersebut. Setelah pengunjung tertarik lalu membaca konten tersebut maka peluang dia menshare post tersebut besar.

Dengan adanya post kita yang dishare membuat website kita menjadi semakin bagus di mata google. Selain itu juga akan membuat pengunjung lebih lama browse di website kita dan menurunkan bounce rate. Rendahnya bounce rate adalah salah satu faktor yang akan menaikkan posisi kita di google search.
Saya yakin alur tersebut juga sama dengan yang terjadi di liputan6. Orang yang menshare post tersebut bukan sedang mencari post tentang penguin, akan tetapi karena sedang membaca berita lain lalu merasa tertarik dengan judul post tersebut.

Karena merasa bagus dan merasa tersentuh (ingat tentang jenis post yang bagus adalah yang bisa mengaduk emosi pembaca) dengan kisah pinguin tersebut maka pengunjung tersebut pun menshare kisah itu.

2. Cari trending tags di sebuah website berita, atau situs-situs populer.
Inilah situs-situs berita paling populer di indonesia
1. Detik.com
2. Kompas.com
3. Liputan6.com
4. Viva.co.id
5. Tribunnews.com
6. Merdeka.com
7. Kapanlagi.com
8. Suara.com
9. Okezone.com
10. Republika.co.id
Ini adalah contoh mengambil trending tags dari liputan6.com.

 VIRAL
Setelah dapat kata kunci dari trending tags lalu kita akan menulis apa? Nah ide atau contohnya bisa seperti ini:

Cucu Jokowi Jadi Topik Hangat di Media Sosial (http://tekno.liputan6.com/read/2455461/cucu-jokowi-jadi-topik-hangat-di-media-sosial)
 
Atau seperti ini:
Cucu Jokowi Lahir, Kaesang Pangarep Umumkan Jadi Om di Twitter (http://tekno.liputan6.com/read/2455312/cucu-jokowi-lahir-kaesang-pangarep-umumkan-jadi-om-di-twitter)

Nah sekarang kita jadi punya ide kan bagaimana kita mencari angle berita dari suatu trending.

3. buka facebook, lalu lihat iklan yang nongol.

Klo kamu pakai adblock, matikan sementara biar iklan terlihat.
MENCARI KONTEN VIRAL
Kenapa mengambil konten itu, karena itu adalah konten yang sudah pasti bagi mereka menarik pengunjung untuk diklik, dan memang menurut saya konten yang mereka iklankan sangat menarik untuk diklik, dan ini sangat berpotensi untuk viral.
4. Ambil langsung dari website-website viral baik luar negeri maupun dalam negeri.
Seperti yang dilakukan liputan6 tadi yaitu mengambilkonten dari situ-situs viral dari luar negeri lalu kita tulis ulang untuk diterbitkan di situs kita. Dan
Berikut saya berikan situs-situs viral baik luar negeri maupun dalam negeri.
Luar negeri:
a. Buzzfeed
b. Viralnova
c. Upworthy
d. Distractify
e. 9gag

Dalam negeri:
a. Brilio.net
b. Hipwee.com
c. Selipan.com
d. Keepo.me
e. Cerpen.co.id
f. 1cak.com
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment