Cara Riset Kata Kunci di Google Adwords

 Google Adwords

Bicara tentang Google Adwords maka Anda mau tidak mau juga akan membahas tentang kata kunci.
Kata kunci dapat meningkatkan kinerja iklan yang Anda pasang. Pilihlah kata kunci yang relevan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Ada 3 cara untuk meriset kata kunc/keyword, yaitu :

1. Secara Manual
Berikut kiat meriset kata kunci secara manual :
- Cobalah berpikir dari sudut pandang customer Anda.
- Pikirkanlah kata-kata atau frase yang digunakan customer Anda untuk menggambarkan produk yang Anda jual atau jasa yang Anda tawarkan.
- Pilihlah kata kunci yang umum ataupun yang lebih spesifik sesuai kebutuhan. Keyword yang umum akan menjangkau lebih banyak orang, biasanya tingkat persaingan lebih tinggi dan berarti budget yang dikeluarkan akan lebih besar.

- Cobalah berbagai kata kunci, nanti Anda akan menemukan kata kunci-kata kunci yang lebih potensial untuk menjaring pengunjung dibandingkan kata kunci lainnya.

2. Dengan Data Statistik Web (AWstats)
Jika website Anda sudah Anda jalankan sebelum Anda menggunakan Google Adwords maka Anda dapat menggunakan data AWstats sebegai cara untuk mencari kata kunci.

AWstats merupakan software analisis pengunjung website. Bagi Anda pengguna layanan hosting, software ini telah tersedia pada cpanel yang Anda miliki dan Anda bisa akses pada bagian menu logs.

Sebelum Anda menggunakan data AWstats sebagai keywords, sebaiknya Anda juga melihat dan membandingkan hasil riset dari Google Keywords Planner.

3. Dengan Google Adwords Keyword Planner
Google Adwords Keywords Planner merupakan tools gratis yang disediakan Google untuk memenuhi pencarian kata kunci/keywords. Gunanya untuk meneliti kata kunci dan mendapatkan data statistik serta mendapatkan perkiraan traffic. Google Adwords Keyword Planner akan menampilkan data statistik berupa volume penelusuran, taksiran konversi, klik terprediksi dan estimasi biaya per klik.

Dengan begitu Anda akan melihat besarnya penawaran yang diberikan dan budget iklan yang akan ditetapkan. Untuk menggunakan Google Adwords Keyword Planner Anda harus login menggunakan akun Google Adwords atau mendaftar terlebih dahulu.

Hasil yang tampil pada Google Adwords Keyword Planner adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata kunci yang sama persis diketikkan oleh pengguna Google.

Terkadang kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Adwords Keyword Planner.

Tool pencari keyword dari Google Adwords ini tujuan awalnya adalah untuk memudahkan para pemasang iklan agar tahu keyword apa saja yang banyak dicari dan diketikkan oleh pengguna Google, sehingga para pengiklan bisa dengan tepat menargetkan pengunjung dari iklan yang mereka pasang di berbagai website/blog. Yang membutuhkan riset kata kunci bukan hanya advertiser (pengiklan), tapi juga para publisher dalam menargetkan jumlah kunjungan di website/blognya.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment