MEMBUAT KATEGORI KONTAK BBM YANG POWERFUL

Tidak bisa dipungkiri, kontak BlackBerry Anda adalah database Anda. Kalau Anda mampu menggunakannya secara maksimal, maka Omset yang Anda dapatkan pun akan maksimal. Pertanyaannya,
bagaimana caranya agar bisa maksimal dalam menggunakan kontak BlackBerry tersebut?

Mereka Berbeda…
Prinsip pertama yang harus Anda pegang adalah bahwa setiap customer itu berbeda. Karena mereka berbeda, kita harus mengelompokkannya berdasarkan perbedaaan tersebut. Bukan bermaksud untuk mengkotak-kotaki, tapi ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam melakukan promosi.
Bagaimana cara mengelompokkannya? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Buat berdasarkan Kota
Misalnya customer Anda tersebar di beberapa daerah atau kota di Indonesia, mulai dari kota Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Pontianak, dan lain-lain. Andamengelompokkan mereka berdasarkan domisili, daerah, atau kota mereka tersebut. Cara seperti ini akan memudahkan Anda
dalam menyusun strategi distribusi produk.

2. Buat berdasarkan Minat
Misalnya customer Anda adalah para penggemar sepak bola. Anda bisa mengelompokkan mereka berdasarkan tim favoritnya, seperti Manchunian (Manchester United),
Madridista (Real Madrid), Cules (Barcelona), Juventini
(Juventus), Laziale (Lazio), dan lain-lain. Ini akan memudahkan
Anda dalam membidik market yang paling sesuai.

3. Buat berdasarkan Profesi
Misalnya Anda berteman dengan beberapa orang, misalnya pengusaha, trainer, motivator, OL shop, kompetitor, dan atau profesi lainnya. Anda bisa mengelompokkan mereka agar memudahan siapa saja yang harus Anda bidik dan siapa saja yang tidak perlu. Seperti Kompetitor, ini PENTING! Anda jangan
broadcast mereka yang ada dalam kategori kontak ini. Kenapa? Nanti kalau Anda broadcast mereka, mereka kemungkinan akan nyontek cara broadcast Anda. Ini sudah sering terjadi.

4. Buat berdasarkan Alumni
Jika Anda bergerak di industri jasa pelatihan seperti Saya, Anda bisa gunakan kategori kontak berdasarkan alumni. Misalkan alumni training A, alumni seminar B, dan lain-lain. Atau, Anda juga bisa gunakan cara ini untuk mengkategorikan temanteman lama Anda, misalkan alumni SMA A, alumni SMA B, dan lain-lain.

Selain 4 cara di atas, ada satu cara lagi yang lebih powerful dan sangat efektif. Inilah cara yang saya gunakan di semua bisnis saya. Apa itu?

Tangga Loyalitas
Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar istilah tangga loyalitas? Istilah ini sering digunakan untuk menunjukkan tingkatan loyalitas market suatu bisnis. Kabar baiknya, ini pun bisa Anda gunakan untuk mengkategorikan market Anda. Caranya?

Buatlah 6 kategori kontak dengan nama berikut ini:
MEMBUAT KATEGORI KONTAK BBM YANG POWERFUL
1. Market
Orang-orang yang menjadi target market Anda di BlackBerry. Mereka adalah yang menginvite pin BB Anda.
2. Prospect
Orang-orang yang sudah memiliki minat beli produk Anda, walaupun pada kenyataannya belum pernah beli sama sekali. Ciri-cirinya, BANYAK TANYA.
3. Buyer
Orang-orang yang sudah beli produk Anda, tapi baru BELI 1X saja.
4. Customer
Orang-orang yang sudah beli produk Anda berkali-kali, atau sudah melakukan REPEAT ORDER.
5. Member
Orang-orang yang menjadi customer Anda secara khusus. Mereka bisa jadi member dengan cara membayar uang membersip. Mereka bisa mendapatkan fasilitas khusus, seperti bonus, diskon, hadiah, atau hal-hal spesial lainnya yang tidak diberikan oleh Anda ke customer lain.
6. Reseller
Orang-orang yang membantu Anda dalam menjualkan produk Anda. Mereka beli produk Anda dalam jumlah cukup banyak dengan tujuan untuk dijual kembali.

Berdasarkan penjelasan diatas, Anda bisa menggunakan tangga loyalitas ini dalam mengkategorikan kontak BB Anda.

Cara Mengkategorikan Kontak
Bagaimana cara menerapkan tangga loyalitas tersebut untuk kategori kontak BB Anda?
Berikut adalah caranya….

 Setiap kali ada yang invite pin BB Anda, masukkan dalam kategori “Market”. Untuk memudahkan, gunakan tanda hastag (#) diawal kata “Market” agar kategori tersebut berada di urutan teratas. Contoh: #Market
 Setiap kali ada yang tanya-tanya mengenai produk Anda, dan sebelumnya dia berada di kategori “Market”, pindahkan mereka ke kategori “Prospek”.
 Setiap ada yang baru pertama kali beli produk Anda, dan sebelumnya dia berada di kategori “Prospek”, pindahkan dia ke kategori “Buyer”.
 Setiap ada buyer Anda yang beli lagi ke Anda, atau melakukan Repeat Order, pindahkan mereka ke kategori “Customer”.
 Siapapun yang membayar fee membership dan berhak mendapatkan fasilitas khusus dari Anda, pindahkan mereka ke kategori “Member”.
 Siapapun yang ingin menjadi reseller produk Anda, dan sudah melakukan transfer pembayaran produk, pindahkan mereka ke kategori “Reseller”

Cara Memperlakukan Mereka…
Materi ini SANGAT PENTING! Silakan Anda lakukan…

 Kirimkan ucapan selamat invitation untuk seluruh kontak yangberada di kategori “Market” yang baru invite pin BB Anda. Silakan buat ucapan tersebut di autotext. Edit sesuai namanya masing-masing. Misalnya: “Salam silaturrahim mas Dewa. Semoga kedepannya kita bisa bersinergi dan bertemu langsung
 “. Kalau namanya Andi, ya ganti Andi. Kalau namanya Sarah, ya ganti Sarah.
 Jika Anda tidak ingin ribet dalam menyapa “Market” Anda, Anda bisa buat autotext salam invitation yang umum. Misalnya:
MEMBUAT KATEGORI KONTAK BBM YANG POWERFUL
 Setiap ada Broadcast yang masuk ke BB Anda, jika Anda benarbenar tidak tertarik dengan isi broadcastnya, balasnya dengan tanda senyum  . Tanda ini memberikan banyak makna. Biarkan mereka yang memberikan persepsi sendiri.
 Follow up mereka yang berada di kategori kontak “Prospek”. Ingatkan mereka untuk segera beli produk Anda
 Sapa satu per satu mereka yang sudah menjadi Customer
Anda. Buat program one day one contact. Itu minimal banget!
 Sering-sering berkomunikasi dengan teman-teman BB Anda
yang berada di kategori “Customer” atau “Member”. Salah satu
caranya dengan komen saat dia mengganti status dan personal
messagenya.
 Minta tetimoni ke orang-orang yang berada di kategori “Buyer”. Minta kritik dan sarannya juga. Kalau testimoninya positif, Anda bisa screen grabber dan bisa dijadikan tampilan Display Picture Anda suatu saat nanti

Delcont…
Kalau ada teman BB Anda yang tidak pernah berkomunikasi dengan Anda, entah itu menyapa, say “hi”, tanya kabar, beli produk, dan lain sebagainya, lebih baik Anda DELCONT saja!

“Wah kejam banget coach? Apa nggak memutuskan silaturrahmi?”

Nggak.. Nggak ada hubungannya delcont dengan memutus silaturrahmi. Toh Anda masih bisa saling komunikasi lewat telepon, SMS, WhatsApp, Twitter, Facebook, dan media lainnya. Anda katakan
saja bahwa BlackBery adalah media promosi. Katakan juga bahwa Anda ingin memberi kesempatan kepada teman-teman lainnya untuk bisa berkomunikasi dengan Anda. Jika mereka tidak kontak sama sekali, hanya buat penuh kontak BB saja. Mubadzir…
“Nggak pernah Sapa, nggak pernah Nanya, nggak pernah Beli, DELCONT…”
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment