Menjual Shoutout Secara Personal

Cara Menjual Shoutout

Metode terakhir ini adalah metode yang paling menghasilkan banyak uang. Alasannya? Pertama, tidak ada potongan atau komisi. Kedua, kita bisa menentukan sendiri harga jual.

Kelemahannya, untuk yang baru mulai, sedikit sulit mendapat klien. Namun biasanya, jika follower akun Anda sudah mencapai 50K, akan ada beberapa orang yang menghubungi untuk membeli shoutout.

Kalau follower Anda sudah mencapai 100K atau bahkan 1M, kita tidak perlu menawarkan shoutout. Tawaran akan datang dengan sendirinya SETIAP HARI.

Ya, Anda tidak salah membaca. Memiliki akun Instagram dengan banyak follower aktif dan tingkat engagement tinggi seperti memiliki ladang uang pribadi. Akan ada banyak orang yang berebut memberi uang pada Anda hanya agar akun mereka dipromosikan. Sebuah bisnis yang menyenangkan! :)

Saran saya, sebelum melakukan metode ini, cobalah jual shoutout melalui Fiverr dan tiga marketplace yang saya sebutkan terlebih dulu. Hal itu akan membuat kita memiliki sedikit pengalaman berhubungan dengan klien. Bagi saya, cara terbaik untuk memulai adalah dari Fiverr. Nanti, ketika jumlah follower semakin banyak, dan kita merasa harga $5 sudah tidak layak untuk satu shoutout selama setengah jam sekalipun, itulah saatnya untuk meninggalkan Fiverr.

Anda bisa langsung mengontak beberapa klien terdahulu melalui e-mail. Anda bisa mendapatkan e-mail ini pada bagian bio akun Instagram klien Anda. Kenyataannya, tidak semua bio memajang e-mail. Yang bisa Anda lakukan adalah kontak via DM untuk meminta e-mail.

Silakan Anda gunakan template yang sudah saya sediakan. Sebagai contoh:

Hi Marrie,
It’s been a while! How is it going on?
I just want to tell you that my followers have increased a lot over
several months. Now I have 145K followers. My engagement ratio
has been increased too. Averaging 2,500 likes and 100 comments
every post. All followers are active and highly engaged.
In other word, my Instagram account will definitely help you
grow your business. Please let me know if you need some more
shoutouts from me.
My price-point is $45 per shoutout per hour.
I look forward to your reply,
John Doe
Tunggu beberapa saat. Kalau klien tertarik, selamat! Langkah berikutnya adalah follow up e-mail itu dengan memberi alamat Paypal untuk pembayaran. Beritahu pula pada klien untuk mengirim gambar dan teks
yang akan dijadikan materi shoutout. Anda bisa gunakan template ini:

Hi Marrie,
Thank you so much for you reply! I appreciate it!
Here is my Paypal account: alamatpaypal@gmail.com
Please send me your image and caption. I will shoutout your page
once you have made the payment.
Best regards,
John Doe

Cukup sesederhana itu. Kalau klien sudah melakukan pembayaran, dan memberikan gambar serta teks, segera lakukan shoutout. Saran saya, selalu beri bonus. Misal, beri tambahan 1 jam. Saya sering
memperpanjang waktu hingga 24 jam. Dengan cara itu saya bisa mendapatkan repeat order berkali-kali. Toh yang saya lakukan sama sekali tidak berat :)

Setelah Anda melakukan shoutout, tunggu sampai waktu tayang yang dijanjikan habis. Setelah waktu shoutout berakhir, segera hapus shoutout tersebut dari akun Anda.

Sebelum menghapus, ambil screenshot postingan shoutout tersebut terlebih dahulu. Kirimkan screenshot kepada klien sebagai bukti bahwa shoutout telah selesai kita laksanakan.

Pemasukan Selain Shoutout
Sebagai pemilik akun Instagram, ada banyak metode lain untuk mendapat pemasukan. Anda bisa bergabung dengan program CPA (cost per action), dan memajang link pada bio.

Contoh kasus, Anda membuat akun Instagram dengan niche hot babes.

Anda bergabung dengan sebuah affiliate network, khususnya CPA, dan mengambil vertical berupa dating. Anda pilih offer yang paling sesuai untuk follower Anda, dan pasang link affiliate Anda pada bio.

Pastikan offer tersebut membolehkan traffic dari social media.

Alternatif lain, ketika follower mulai menyentuh angka 100K, beli hosting dan domain, lalu buat blog sederhana memakai Wordpress. Isi blog dengan 10 artikel sebagai permulaan, lalu promosikan setiap artikel pada akun Instagram Anda.

Pajang link artikel pada setiap postingan yang Anda buat di Instagram.

Kalau dari seluruh follower Anda, separuhnya saja mengunjungi blog Anda setiap hari, itu sama dengan traffic sebesar 50,000/day. Kalau orang lain membutuhkan waktu berbulan-bulan, Anda bisa mendapatkan traffic sebanyak itu di hari pertama blog diluncurkan.

Untuk monetizing, saran saya hindari Adsense. Agak riskan jika Anda hanya mengandalkan traffic dari social media. Anda bisa memakai advertising network lain. Anda juga bisa memakai affiliate network seperti Amazon, Clickbank, dan sebagainya. Ada banyak produk dengan berbagai niche yang bisa Anda promosikan.

Kalau Anda memilih bermain pada pasar lokal, Anda dapat membuka online shop pada akun Instagram Anda. Kalau ini yang Anda pilih, jangan hanya posting foto produk. Akan sangat sulit mendapat follower. Posting segala hal yang disukai follower Anda. Baru setelah itu, sesekali Anda
selipkan postingan berupa informasi produk.

Alternatif lain lagi, Anda juga bisa melakukan jual-beli akun Instagram. Tentu ini dilarang keras, dan kalau ketahuan akun bisa banned permanen. Tapi pilihan ada di tangan Anda. Beberapa marketplace terang-terangan membuka kategori jual-beli akun Instagram. Kalau ini yang Anda pilih,
usahakan untuk lebih berhati-hati.

Intinya, fokuslah membangun follower tinggi dan engagement ratio yang bagus. Kalau kedua hal itu Anda miliki, mencari uang sangat mudah.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment