Musik Dan Sound Effect Pada Video

Musik Dan Sound Effect Pada Video

Musik dan sound effect adalah hal yang cukup penting pada video (baik video intro atau video secara keseluruhan). Coba saja bayangkan jika sebuah video yang kita buat itu bisu, ga ada musiknya. Hmm…sepertinya video tersebut akan sangat membosankan!.

Sound effect juga bisa membuat video menjadi lebih menarik dan lebih mengesankan, jadi saran saya jangan melupakan si sound effect ini ya.

Namun ada yang perlu diperhatikan nih, yang kita gunakan haruslah yang free atau gratisan. Jangan menggunakan yang berlisensi berbayar karena video kita akan dibatasi oleh youtube nantinya. Jangan khawatir, banyak kok tempat untuk mendownload musik dan juga sound effect gratisan. Berikut adalah beberapa diantaranya…
- FreshFx (Saya pakai yang ini untuk mencari music dan sound effect)
- FreeSound
- Kompoz
- AudioNautix
- Free Music Archive
- Ibeat
- AudioFarm
- Free Fx (Sound Effect Only)
- GrSites (Sound Effect Only)
Kita juga bisa langsung mendownload music dan sound effect di youtube. Pilih musik atau sound effect yang diinginkan, kemudian convert video tersebut ke mp3 dengan menggunakan Youtube Converter, lalu download.

Jika sudah mendapatkan musik dan sound effect yang diinginkan. Langkah selanjutnya adalah mengedit musik tersebut dengan menggunakan software Audacity atau Wavosaur. Tujuannya adalah agar musik tersebut lebih enak di dengar. (Maaf nih tutorial mengedit sound tidak saya jelaskan secara detail ya, silahkan dicoba-coba sendiri).

Oya dengan software sound editor tadi, kita bisa mengatur tempo, menambahkan suara (mungkin suara yang kita buat sendiri) dan lainnya.

Jika sudah selesai, masukkan musik dan sound effect tersebut pada video dengan menggunakan Windowns Movie Maker atau Adobe Premiere atau Imovie. Yang perlu diperhatikan ketika memasukkan musik atau sound effect adalah volume dari musik dan sound effect tersebut. Volume harus pas pada kadarnya. Saya sering mengalami hal yang kurang memuaskan, yaitu ketika musik dan sound effect dimasukkan pada movie maker. Awalnya musik dan sound effect terdengar sangat jelas. Tapi setelah videonya saya save atau saya publish, musik dan sound effect malah terdengar sangat kecil. Nah untuk mengatasi hal ini saya biasanya mengatur volume musik dan sound effect ke angka maksimal (100%). Ini saya lakukan ketika proses editing di movie maker. Selanjutnya saya akan memeriksa preview dari video yang sudah saya buat (volume laptop / komputer saya setting di angka 50%). Jika musik dan sound effect terdengar cukup jelas, berarti suara yang akan dihasilkan pun akan bagus nantinya ketika kita menyimpan / mempublish video tersebut.

Penting untuk diperhatikan… Musik dan sound effect tersebut digunakan untuk membuat pentonton menjadi lebih nyaman ketika menonton video kita. Jadi jangan menggunakan musik dan sound effect yang berlebihan dan tolong jangan gunakan musik dan sound effect yang aneh (hanya menurut kita sendiri bagus, menurut orang lain sih super aneh!) haha.

Saya pernah melihat video di youtube. Videonya sih ok banget, tapi musik dan sound effectnya berisik dan ga nyambung, pokoknya super aneh deh. Akhirnya banyak orang yang merasa risih dengan music dan sound effect tersebut. Mereka memberikan komentar negative dan bahkan men-dislike video itu. Sayang bangetkan videonya bagus dan sudah susah-susah dibuat malah tidak disukai hanya karena masalah kecil, yaitu karena musik dan sound effect. Menurut pembuat videonya sih musiknya bagus bagus. Tapi kalau didengerin oleh orang normal, anehnya tuh music dah kelewatan wkwkwk.

Kita ga mau kan orang yang menonton video kita malah merasa risih dan terganggu oleh permasalahan kecil. Kita juga ga mau kan mendapatkan banyak dislike atau komentar negavite untuk video kita. So gunakan imajinasi seninya untuk musik dan sound effect ini
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment