Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram

Mendapatkan follower sangatlah mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya tiga hal:

1. Posting konten terbaik (kualitas)
2. Posting secara rutin (kuantitas)
3. Follow orang yang tertarik dengan konten Anda

Cuma itu caranya.

Anda tak perlu membeli follower. Membeli follower adalah hal yang siasia.

Jangan percaya kata-kata jasa penambah follower bahwa follower mereka 100% real dan aktif. Itu omong kosong. Follower yang akan Anda dapatkan adalah akun-akun palsu.

Membeli follower semacam itu tidak akan bermanfaat. Membeli follower justru bisa merusak bisnis kita. Bayangkan jika kita memiliki satu juta follower dengan cara membeli. Setiap kita posting, hanya ada 1 atau 2
like. Tak ada komentar sama sekali. Hal itu tentu akan menimbulkan kecurigaan.

Tak akan ada klien yang mau membeli shoutout dari kita. Kalaupun ada, mereka hanya mau membayar sangat murah. Itu semua karena tingkat engagement yang rendah. Soal engagement ini bisa Anda baca lagi pada bagian awal e-book.

Pada bagian sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang bagaimana membuat posting yang berkualitas. Anda bisa mencari konten melalui Google Images, Reddit, atau scrape konten dari akun populer. Kombinasikan semua cara untuk membuat follower Anda terpukau.

Saya juga sudah menjelaskan bagaimana cara posting secara rutin. Nanti saya akan menjelaskan hal ini secara lebih terperinci.

Pada bagian ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mem-follow orang yang tertarik dengan akun kita. Ya, kita harus follow duluan.

Menunggu follower datang adalah pekerjaan yang sia-sia.

Ada dua cara yang bisa Anda pakai:

Cara #1: Follow Para Follower Akun Populer

Pertama, cari akun paling populer di niche Anda. Cari yang memiliki follower di atas 10K. Akan lebih baik kalau di atas 100K.

Caranya, klik tombol dengan simbol kaca pembesar. Lihat gambar:
1 Juta Follower Instagram
Tap kata Search di bagian atas.
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Ketik niche umum akun Anda. Sebagai contoh, saya mengetik manga.
Follower Instagram
Pilih akun teratas. Lihat berapa banyak follower. Kalau di atas 10K, akun ini bisa kita manfaatkan. Followers akun ini 27.7K. Bagus!
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Selanjutnya, Lihat tingkat engagement akun tersebut. Caranya, lihat beberapa posting. Perhatikan ada berapa banyak like dan komentar pada setiap posting. Kalau ada banyak, itu adalah sinyal positif.
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Kesimpulannya, akun ini sangat bisa kita manfaatkan. Pertama, klik followers pada bagian atas akun ini.
 Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Kedua, follow semua akun yang ada dalam daftar tersebut. Caranya sangat mudah. Cukup tap tombol + Follow pada bagian kanan.
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Kalau warnanya berubah menjadi hijau, tandanya akun tersebut sudah kita follow.
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Kalau warnanya menjadi abu-abu dan ada tulisan REQUESTED, segera tap
sekali lagi tombol abu-abu tersebut.
instagram
Ini adalah jenis akun yang di-private oleh pemiliknya. Untuk menjadi follower, kita harus mendapat persetujuan dari si pemilik akun. Kita tidak perlu mem-follow akun private semacam ini.
Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Hanya follow akun yang tombolnya berubah menjadi warna hijau.
Dalam beberapa menit, atau bahkan detik, Anda akan mendapat follower pertama.
Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Cara #2: Follow para Follower yang Aktif pada sebuah Akun Populer

Cara kedua tidak kalah ampuh dari cara pertama. Jika cara pertama adalah cara cepat mendapatkan follower, cara kedua adalah cara efektif mendapatkan PENGGEMAR FANATIK.

Cara kedua tidak akan berhasil jika konten yang Anda miliki masih sedikit. Anda harus memiliki setidaknya 100 postingan, dan 100 sampai 200 follower (yang didapatkan dengan cara pertama) terlebih dahulu.

Pemilik akun yang akan kita follow ini adalah mereka yang sangat selektif. Tapi, sekali saja mereka jatuh cinta pada akun kita, mereka akan sangat aktif memberi like, komentar, bahkan mention. Dan kabar baiknya, membuat mereka jatuh cinta sangatlah mudah. Kuncinya: kualitas, kuantitas, dan jumlah follower yang banyak.

Sekarang, buka akun populer pada niche Anda. Lalu, lihat postingan terakhir. Sebagai contoh, saya kembali memanfaatkan akun @love_manga tadi.
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Lihat siapa saja yang memberi like. Tap tulisan 1,558 likes. Angka itu akan bervariasi tentunya, sesuai jumlah like yang didapat sebuah postingan.
Follower Instagram
Ini adalah semua akun yang memberi like pada postingan tersebut.
1 Juta Follower Instagram
Follow semua akun yang memberi like tersebut.
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Ingat, kalau tombol berubah menjadi abu-abu, segera tap sekali lagi. Anda tak perlu mem-follow akun semacam ini.
1 Juta Follower Instagram
Anda juga bisa follow semua akun yang berkomentar.
Cara Mendapatkan 1 Juta Follower Instagram
Cara ini menghabiskan lebih banyak waktu, karena Anda harus membuka profil tersebut satu per satu dan menekan tombol follow. Tapi usaha yang Anda lakukan akan berbuah manis. Dengan melakukan cara ini, biasanya tingkat follow back meningkat tajam.

Ini semua adalah akun yang jelas tertarik dengan niche Anda, dan sangat aktif berinteraksi. Mem-follow dan mendapat follow back dari akun seperti ini adalah cara ampuh menaikkan tingkat engagement.
Cara mana yang paling bagus?

Dua-duanya sama-sama bagus. Ketika sedang following banyak akun, saya membagi metode following menjadi dua. 50% memakai cara pertama, 50% memakai cara kedua. Dengan memakai cara tersebut, Anda akan mendapat follower tertarget dengan cepat dan efisien.

Sekarang Anda sudah tahu rahasia saya :) Tentang Rasio Follow Back Ketika Anda mem-follow banyak akun, akan ada sebagian yang melakukan follow back. Kalau persentase yang melakukan follow back berkisar antara 30% sampai 50%, berarti akun Anda memiliki rasio follow back yang bagus.

Sebagai contoh, jika Anda mem-follow 100 orang, maka seharusnya Anda mendapatkan 30 sampai 50 follower. Di awal, biasanya persentase masih berkisar pada 30%. Semakin banyak konten menarik yang Anda miliki (kuantitas dan kualitas), persentase itu akan meningkat.

Beberapa akun saya bahkan memiliki persentase follow back di atas 70%. Kuncinya seperti yang sudah berulang kali saya tegaskan: buat konten HEBAT, buat konten yang BANYAK, dan follow orang-orang yang berminat dengan niche kita.

Jadi, harus follow berapa banyak untuk dapat follower sebanyak 100K? Anggaplah rasio follow back kita 50%. Otomatis kita harus mem-follow 200K akun. Tapi sayangnya, kita tidak bisa mem-follow sebanyak itu. Kenapa? Jawabannya ada di artikel selanjutnya.

Tentang Limit Following

Pada pertengahan tahun 2015, Instagram membuat peraturan baru. Mereka membatasi sebuah akun hanya bisa mem-follow sebanyak 7.500 akun. Itu adalah angka maksimal yang bisa kita follow. Artinya, kalau rasio
follow back kita 50%, kita hanya bisa mendapat 3.750 follower.

Itu bukan jumlah yang sedikit, memang. Namun masih kurang untuk memulai bisnis shoutout. Setidaknya kita harus memiliki follower sebanyak 20K. Semakin banyak tentu semakin baik.

Beberapa saat yang lalu di sebuah forum, saya membaca berita tentang seorang anak usia 16 tahun di Amerika Serikat membeli mobil mewah dari uang yang ia hasilkan hanya dari Instagram. Ia bahkan belum bisa menyetir mobil. Tebak berapa follower yang ia miliki? 2M!!!

Benar, 2 juta follower! Dia mematok ratusan dolar untuk sekali shoutout.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment