Toko Online Tampil Menarik Dan Elegant

Toko Online Tampil Menarik Dan Elegant

Seberapa bagus tampilan website anda?, apakah tampilan webite tidak penting?, apakah anda termasuk salah satu yang tidak memperhatikan bagaimana design tampilan dari website anda?.

Bagi anda yang menjawab tampilan website tidak terlalu penting, sekarang waktunya untuk merubah mindset anda. Tampilan sebuah website adalah salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli yang datang ke sebuah website atau toko online. Mengapa?, baik mari kita menggunakan perbandingan real seperti ketika kita akan berbelanja di sebuah toko real (offline store).

Bandingkan 2 pilihan di bawah ini...
  • Toko dengan harga barang / produk yang sangat murah, tapi toko tersebut terlihat berantakan, banyak barang-barang berserakan, cat dinding toko sudah terlihat sangat kusam dan retak. Fasilitas seperti kursi dan lainnya yang ada di toko tersebut sudah tidak terawat.
  • Toko dengan harga yang cukup tinggi dari toko sebelumnya, tapi toko terlihat sangat rapi, design toko sangat modern, fasilitas yang ada di toko tersebut sangat bagus dan terlihat sangat terawat.
Dari 2 pilihan diatas saya yakin kebanyakan dari anda akan memilih toko yang kedua, ya visual akan sangat mempengaruhi pikiran kita, semakin kita merasa nyaman, maka semakin tinggi pula tingkat kepercayaan yang kita berikan. Perbandingan tersebut tentunya juga akan dilakukan kebanyakan orang ketika berbelanja secara online. Saya pernah melakukan survey terhadap beberapa orang (termasuk istri saya sendiri), ada alasan yang sama dari mereka ketika saya tanyakan “mengapa belanja di toko online tersebut?”, jawabanya adalah "webnya bagus".

Berikut adalah alasan-alasan mengapa memiliki website dengan design yang baik atau menarik…
  • Membuat pengunjung merasa betah dan nyaman berada di website tersebut dan menambah nilai trust calon pembeli dan tentunya perusahaan atau usaha yang kita jalankan akan dianggap bonafit.
  • Menghipnotis para pengunjung untuk membeli produk yang kita jual (sudah terbukti pada beberapa website yang saya miliki).
  • Pengunjung yang merasa nyaman dengan design website kita ditambah lagi kualitas pelayanan kita yang baik akan membuat pengunjung tersebut merekomendasikan website kita ke teman-teman mereka (free marketing) Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara meningkatkan tampilan sebuah website?. Baik mari kita lihat cara-cara general untuk meningkatkan design website yang kita miliki. Berikut adalah langkah-langkahnya…
  • Gunakanlah perpaduan warna yang tepat (jangan sesekali menggunakan warna yang mati atau terlalu ramai). Usahakan warna pada website kita cukupunik sehingga akan menjadi ciri khas tersendiri untuk website yang kita miliki.
  • Gunakan warna tulisan yang sesuai dengan perpaduan warna theme yang digunakan.

“Bolehkah saya menggunakan tulisan warna-warni agar menarik”?, ya boleh saja asal tidak terlalu banyak.
  • Saya sering menghimbau kepada teman-teman agar menggunakan design yang enak dimata, jangan pernah membuat mata pengunjung anda "sakit". Terkadang ada pemilik website yang menggunakan warna secara berlebihan, dan warna tersebut tidak sesuai dengan tema produk yang dijualnya. Hal ini tentunya akan menurunkan kualitas dari website tersebut.
  • Saya pernah menemukan beberapa website dengan tulisan yang sangat besar pada website mereka, seperti tulisan nomor telepon, dan lainnya. Hmm...saya rasa hal ini kurang baik karena pengunjung akan terganggu dengan tulisan yang besar tersebut. Anda cukup menggunakan ukuran tulisan yang normal atau yang sesuai saja.
  • Selalu seleksi atau pilih kata-kata yang akan digunakan pada website anda. Gunakan bahasa yang tepat dan jangan sesekali menggunakan bahasa singkat atau pengucapan yang tidak lazim.
  • Gunakan gambar yang menarik pada website yang kita miliki, tapi perlu anda ingat, perhatikan size dari gambar tersebut (jangan terlalu besar) karena akan membuat website kita menjadi berat. Anda juga bisa menggunakan slide untuk gambar-gambar yang ada serta menggunakan gambar untuk latar belakang website anda. Gambar latar belakang yang digunakan dapat berupa gambar yang sesuai dengan topik usaha anda.
  • Perhatikan penggunaan fitur-fitur yang ada di website kita. Jangan pasang hal-hal yang tidak berguna seperti yang pernah saya temukan di beebrapa website, yaitu kalender, jam dan lainnya (pengunjung ingin belanja bukan mau nanya jam berapa sekarang hehe).
  • Penempatan yang tepat untuk fitur-fitur yang digunakan adalah salah satu faktor penting juga untuk meningkatkan tampilan dari website yang kita miliki.
  • Pasang link navigasi pada website anda. Link navigasi berguna untuk mempermudah pengunjung menemukan apa yang mereka cari.
  • Anda dapat menambahkan menu drop down pada link navigasi website yang anda miliki.
  • Berpikirlah bahwa anda adalah pengunjung website anda, jangan menggunakan ego sendiri tapi mintalah pendapat beberapa orang tentang design website anda.
  • Gunakan theme wordpress yang premium untuk website anda. Themes premium ini bisa anda beli di tempat-tempat penyedia themes (lihat di bagian bawah) atau anda juga bisa membelinya melalui forum-forum webmaster seperti ads-id.com dan lainnya.
Berikut adalah beberapa contoh website online store dengan tampilan yang menarik dan sesuai dengan topik produk yang mereka jual. Contoh : organicsupermarket.ie, merrell.com, etsy.com, hmv.com, tastebook.com, bloomingdirect.com, northerntool.com, gazibu.com, dan lainnya.

Bagi anda yang sudah ahli dalam photoshop tentunya akan sangat mudah untuk melakukan pemilihan dan pembuatan design website. Namun bagi anda yang belum ahli, anda bisa mencoba melakukan pencarian theme yang menurut anda baik dan kemudian lakukan percobaaan pengeditan dengan perbandingan contoh-contoh webite di atas. Anda juga bisa mempekerjakan website designer untuk hasil yang lebih baik. Harga dari pembuatan + design website biasanya beragam tergantung dari design dan spesifikasi yang anda inginkan.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment