Riset Keyword Google

Riset Keyword Google

Keyword menjadi langkah awal dalam Rahasia Search Engine di google. Untuk keyword research, Anda dapat menggunakan layanan online gratis dari: https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
http://freekeywords.wordtracker.com

Dalam kasus kali ini, saya mentarget keyword: Rahasia Search Engine. Sebelum saya membangun halaman untuk mentarget keyword Rahasia Search Engine, saya akan mengamati dulu kompetitor saya di google, mari kita cari tahu siapa top 1 di google untuk keyword Rahasia Search Engine?
Aha! kita udah ketemu lawan kita, sekarang mari kita pelajari kelebihan dan kelemahan kompetitor kita.

ANALISA KOMPETITOR ANDA!
Langkah pertama kita lihat source code website kompetitor kita, untuk ini kita lakukan view source pada browser, jika Anda menggunakan Firefox, Anda dapat melihat source code sebuah website dengan menekan kombinasi tombol keyboard CTRL+U. Apa yang perlu diamati dari source code?

1. TITLE Tag <TITLE>judul halaman</title>
2. Headline tags <H1>, <H2>
3. META Description dan META keywords tag, meski sebagian besar search engine tidak menggunakan tag META, tapi sejumlah search engine lain masih menggunakannya, jadi masih ada alasan bermain-main dengan META tag
4. Amati penggunaan ALT tag pada setiap gambar/image yang digunakan
5. Apakah halaman kompetitor yang menempati posisi 1 pada Google adalah halaman utama atau tidak?

Langkah selanjutnya untuk mengungkap rahasia sukses kompetitor mendapatkan posisi TOP 1 di search engine adalah menganalisa Back Link-nya, untuk pekerjaan ini kita bisa meminta bantuan sejumlah website yang memberikan layanan analisa back link, diantaranya yang sering saya gunakan adalah:
http://www.marketleap.com/publinkpop/
http://siteexplorer.search.yahoo.com/
http://webconfs.com/anchor-text-analysis.php
http://www.linkdiagnosis.com/
Satu lagi tool yang cukup baik sebagai tambahan untuk menganalisa kompetitor Anda: http://www.compete.com

Ok silakan bereksperimen. Satu catatan untuk membangun backlink adalah pasang back link pada website yang memiliki Page Rank tinggi!

BANGUN SEO ON PAGE!
Sekarang mari kita optimalkan website kita untuk SEO, langkah ini disebut juga SEO ON PAGE, untuk langkah ini cukup mudah, optimalkan penggunaan target keyword Anda, , dalam kasus ini saya mentarget keyword Rahasia Search Engine, maka cara terbaik menyebarkan keyword adalah meletakkannya di:
1. TITLE tag
2. META tags
3. Penyebaran Keyword pada halaman/konten

Pastikan penyebaran keyword Anda disana, perbandingan yang baik persentase keyword pada sebuah halaman adalah 3% dari keseluruhan konten, untuk mengecek persentase penggunaan keyword dalam konten website, gunakan tool ini:
http://www.seochat.com/seo-tools/keyword-density/
4. Letakkan keyword pada ALT image
5. Sertakan keyword pada footer, dapat berupa link
6. Internal link yang relevan dengan keyword, misal artikel Anda berjudul “Rahasia SEO”, maka URL Anda yang baik adalah www.websiteAnda.com/rahasia-seo.html

BANGUN SEO OFF PAGE!
SEO Offpage dapat juga diartikan bagaimana mendapatkan back link ke website Anda sebanyak-banyaknya dari website yang populer.

Hal yang menjadi pertimbangan Google sebagai mesin pencari yang sangat disukai terhadap kualitas back link yang baik adalah:
1. Backlink
Backlink berasal dari website yang populer dan relevan dengan topik website Anda, semakin tinggi Page Rank (PR) website yang memberikan back link pada Anda, semakin baik popularitas website Anda dimata Search Engine.
2. Utamakan Anchor Text
Anchor text adalah teks yang menjadi link/link yang mengarah ke website Anda dengan target keyword di dalamnya, misal jika target keyword Anda adalah “Rahasia Search Engine”, maka gunakan trik HTML berikut pada tiap link Anda:
<a href=”http://www.WebSiteAnda.com/rahasia-seo.html” TITLE=”Rahasia Search Engine”>Rahasia Search Engine</a>
Untuk koleksi backlink berkualitas, silakan kunjungi:
http://www.socialseo.com/500-contest-post-online-profiles-that-offer-back-links.html

Ok hal yang tidak kalah penting dan bahkan cukup dahsyat efeknya pada SEO adalah Rajinlah Menulis dan Mempublikasikan Artikel Anda, baik melalui blog Anda atau website yang menyediakan ruang untuk Anda meletakkan artikel Anda.

So selamat berjuang kawan…
Jika pekerjaan Anda telah selesai, jika Anda ingin menganalisa kualitas SEO pada website Anda, silakan gunakan bantuan:
http://raven-seo-tools.com/seo-analyzer/
http://rankingtoday.com
Ingin belajar lebih banyak dengan informasi yang uptodate seputar SEO? gabung aja di http://forums.digitalpoint.com/, Anda bisa dapatkan informasi berharga, tip dan trik menaikkan posisi Anda pada Search Engine atau yang terpenting dari semua itu adalah MENINGKATKAN TRAFFIC WEB SITE ANDA, so happy learning.
Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment