10 magnet untuk mendapatkan pelanggan potensial (2)


Memberikan solusi pada masalah yang dihadapi pengunjung websitetersebut. Kebanyakan pengunjung website mengunjungi website ini dengan melakukan pencarian di Google menggunakan kata kunci “find life
purpose” atau “what should I do with my life”. Kata kunci tersebut memberikan informasi mengenai masalah apa yang sebenarnya mereka miliki, dan tes gratis ini menanyakan hal-hal seputar masalah tersebut.
Pelajaran yang dapat harus dicatat: jangan hanya membuat kuis asalasalan. Bisnis dan website Anda adalah nyata, jadi buatlah tes yang nyata juga!

Jika Anda tidak paham masalah apa yang sebenarnya dihadapi calon pelanggan Anda dan tidak tahu solusi apa yang bisa ditawarkan, Anda masih belum berada di jalan yang benar. Cobalah berkomunikasi dengan
beberapa pelanggan Anda dan gali informasi terkait masalah dan solusi yang bisa Anda tawarkan.  Terkait dengan produk atau layanan Anda Bisa saja Anda membuat kuis “Apakah orang menganggap Anda seksi?”,
kuis tersebut bisa saja menjadi populer, tapi tidak akan efektif untuk menarik konsumen yang sesuai dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Idealnya, tes yang Anda buat hanya akan menarik orang yang sesuai dengan isi kuis tersebut. Jadi buatlah yang sesuai dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dalam contoh website T1Q, e-book, saran, dan kuis mereka sesuai dengan kursus kepribadian yang ditawarkan.

6. Tuliskan Testimonial dari Pelanggan yang Puas
Ketika Anda memberikan free trial kepada calon pelanggan Anda, ini bisa Anda gunakan sebagai uji coba. Jika mereka suka dengan produk tersebut, mereka akan melakukan transaksi dan tuliskan testimoni
dari mereka. Selama periode free trial ini, pastikan Anda mengirimkan email atau video berisi tips dan trik sukses yang akan membuat calon pelanggan tertarik untuk melakukan transaksi.

7. Buatlah Video Serial
Tujuan membuat video serial adalah sama dengan membuat e-mail berseri atau newsletter, yaitu untuk mengedukasi pelanggan potensial Anda mengenai bisnis mereka. E-mail dengan konten edukasi bisa dikiriman dalam sebuat serial pesan yang dikirm dengan bersamaan.

Namun tidak demikian dengan video. Video serial idealnya membutuhkan waktu dan perhatian lebih. Jadi buatlah jeda pengirimkan video serial tersebut.

Dalam video tersebut Anda bisa memuat hal-hal berkaitan dengan layanan yang Anda tawarkan, bisa juga demo produk. Anda bisa juga memasukkan testimonial pelanggan Anda. Salah satu kelebihan dari video ini adalah efek audio-visual yang menarik. Buatlah video ini secara professional dan memiliki konten
yang menarik dan berbobot.

Perluas jangkauan pemasaran Anda dan kurangi halangan Anda untuk menjadikannya sebagai magnet penarik pelanggan untuk mendapatkan kontak mereka. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:
• Perhatikan masalah visual
• Perhatikan setiap detail kecil
• Gunakan bagian dengan “syarat dan ketentuan berlaku”
• Berikan pertanyaan apakah dia mau berlangganan newsletter Anda
• Tanyakan informasi-informasi yang diperlukan saja, terutama nama dan alamat email
• Gunakan kata-kata yang spesifik dalam tombol call to action, seperti “Download e-Book” atau “Kirimi Saya Laporan Gratis”.

8. Sediakan White Paper
White Paper adalah e-book pendek yang mengandung konten edukasi, studi kasus, data statistik, diskripsi produk maupun cerita. White Paper bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan efektifitas penawaran Anda.

Apa yang harus Anda perhatikan dalam membuat White Paper? Gunakan desain dan konten yang professional. Pastikan white paper Anda dapat memecahkan masalah yang dihadapi para pelanggan potensial Anda. Pelanggan potensial mencari jawaban dari permasalahan mereka. Jadi pastikan mereka mendapatkan jawabannya. Cobalah berpikir seolah-olah Anda adalah pelanggan Anda. Permasalahan apa yang Anda ingin temukan jawabannya? Tulis jawabannya di white paper.

9. Buat Undangan Webinar
Buat juga undangan webinar ekslusif. Orang menyukai webinar karena gratis, interaktif, dan kontennya disampaikan secara cepat.

Cobalah membuat webinar sekali seminggu. Ini akan menjadi magnet untuk mendapatkan kontak calon pelanggan Anda. Anggaplah bahwa panggung Anda adalah di depan komputer Anda. Kepribadian dan
kemampuan Anda sedang dipertunjukkan.

10. Buatlah Seminar/ Talkshow
Selain itu, Anda bisa membuat sebuah acara seminar atau talkshow yang bisa menarik perhatian. Anda bisa juga menjadi sponsor acara yang terkait dengan bisnis Anda. Ini akan memberikan nilai baik pada perusahaan Anda dan membangun kontak dengan calon pelanggan Anda. Meskipun tidak selalu langsung menghasikan penjualan, namun ini adalah langkah yang baik.

Menjadi sponsor dapat membuka peluang dan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang yakin akan produk atau layanan Anda.

Tapi jangan lupa untuk mendapatkan kontak dari para peserta acara tersebut.

Studi kasus: Bagaimana cara Unbounce menggunakan webinar untuk meningkatkan pengguna Free Trial hingga 35%
Berikut ini cuplikan wawancara selama 28 menit ini kita akan mempelajari beberapa hal berikut ini:
• Mengapa fokus pada pelanggan yang sudah Anda adalah strategi terbaik dari webinar dari Unbounce
• Bagaimana mereka mengatasi rendahnya angka orang yang melakukan pendaftaran / signup
• Bagaimana mereka melakukan peningkatan sehingga calon pelanggan yang melakukan signups pada webinar mereka meningkat hingga 150%
• informasi-informasi lainnya

Pendekatan yang dilakukan oleh Unbounce adalah dengan mencari tahu apa yang menarik di mata calon pelanggan, dan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pelanggan, serta menjawab beberapa pertanyaan tentang rilisan terbaru (atau yang akan segera dirilis).

Setelah calon pelanggan mereka mulai menanyakan pertanyaanpertanyaan berkaitan dengan pemasaran, maka calon pelanggan mulai menyadari bahwa webinar dari Unbounce sangat menarik dan berguna.
Dengan demikian bisa menghasilkan peningkatan rata-rata penggunaan Free Trial sebesar 35%.

Kesimpulan

Meskipun Anda sudah memiliki trafik kunjungan website yang banyak, pekerjaan Anda belum selesai sampai di sini. Anda harus menjadikan website Anda sebagai magnet penarik untuk mendapatkan kontak calon pelanggan Anda. Ini akan meningkatkan kesuksesan penjualan Anda. Jangan membuang banyak waktu. Lakukan perubahan sekarang juga!
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment