cara menaikkan penjualan online


cara menaikkan penjualan online
Kemajuan teknologi khususnya internet di era modern seperti saat ini membuat banyak perubahan yang sangat pesat. Perubahan tersebut bisa kita lihat dalam kehidupan sehari – hari, seperti perubahan gaya hidup sampai kepada perubahan cara berbisnis dan berbelanja. Dengan adanya internet sangat memudahkan bagi kita yang suka berbisnis dengan pangsa pasar yang luas.Berbisnis melalui internet memang sangat menguntungkan, tetapi ada banyak faktor yang harus kita ketahui bagaimana cara meningkatkan penjualan online kita nantinya.

Sebelum Anda jatuh terlalu dalam ke dunia bisnis online, Anda harus bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu ” Apakah saya cocok untuk menjadi entrepreneur ? “. Seorang entrepreneur harus memiliki kapasitas yang lebih besar daripada orang – orang biasanya. Yang dimaksud dengan kapasitas yang lebih besar disini adalah Anda harus bekerja secara independen dan fleksibel, termasuk memiliki toleransi terhadap ketidakpastian finansial.

Berbisnis melalui internet atau biasa disebut dengan bisnis online tidak jauh berbeda dengan cara berbisnis offline pada umumnya. Semua cara harus kita pelajari untuk menentukan strategi apa yang paling efektif untuk di implementasikan pada bisnis online yang akan kita jalankan nantinya. Semua cara harus kita coba dan harus selalu kita ukur, apakah cara tersebut cocok atau tidak jika diterapkan pada model bisnis online yang kita jalankan.

Perkembangan teknologi khususnya internet memberikan dampak yang positif bagi orang – orang yang memiliki jiwa enterpreneur. Jika dulu para enterpreneur selalu mengandalkan sebuah gerai / toko saja dalam menjalankan bisnisnya, lain hal nya ketika internet mulai ramai digunakan. Dengan internet Anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli dengan mudah. Kita bisa memanfaatkan website, forum jual beli, blog, dan sosial media dalam melakukan pemasaran produk kita.

Berikut ini beberapa strategi bagaimana cara meningkatkan penjualan online yang efektif bagi toko online Anda :

1. Nama Toko Online Harus Jelas
” Apalah arti sebuah nama ” Kata – kata tersebut tidak bisa kita terima begitu saja jika kita ingin menjalankan bisnis online secara serius. Karena sebuah nama merupakan elemen penting dalam melakukan sebuah branding produk Anda. Dengan nama yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, membuat produk Anda memiliki ciri khas tersendiri. Pemilihan nama juga harus mewakili produk yang Anda jual. Misal, saya bernama Amelia yang akan menjual produk berupa pakaian wanita, maka kurang lebih saya akan membuat nama Toko online seperti Amelia Fashion Store, Amelia Butik Online, dsb

2. Toko Online Harus Menarik Perhatian
Untuk membuat toko online menarik perhatian, cobalah untuk bekerja sama dengan para web design. Supaya mereka dapat membuat website, blog dan halaman sosial media kita lebih menarik perhatian.

3. Gambar Produk Harus Jelas
Ketika orang mengunjungi toko online kita, mereka pasti ingin melihat – lihat apa yang kita jual. Tidak berbeda jauh dengan toko offline, mereka pasti ingin mencari tahu lebih detail produk yang kita jual, seperti harga, bahan dan ukuran. Selalu upload foto – foto terbaik dan dari berbagai sudut produk yang ingin Anda tampilkan di toko online Anda.

4. Berikan Diskon
Cara lain dalam menarik perhatian adalah dengan memberikan diskon. Selalu lakukan hal ini, misalnya seperti menjelang liburan ataupun hari raya besar. Dan infokan diskon ini melalui facebook, twitter dan media online lainnya.

5. Transaksi Terjamin Aman
Walaupun ini penjelasan terakhir, tetapi ini termasuk penting. Karena para pembeli mengingikan sesuatu yang aman bagi mereka. Dalam hal pengiriman uang, selalu siapkan beberapa akun rekening bank terbesar. Jika Anda menyediakan pembayaran menggunakan kartu kredit, set up merchant account Anda, minimal dapat menerima kartu kredit berlabel visa dan master card, sehingga toko online Anda aman dan nyaman bagi pembeli.

Salah satu keuntungan mempelajari strategi pemasaran adalah menjaga bisnis Anda dalam hal finansial. Strategi pemasaran harus Anda ketahui dan ikuti perkembangannya. Dengan strategi pemasaran Anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan hal yang sia – sia, tetapi dengan adanya strategi pemasaran Anda, bisnis yang Anda jalankan tidak sia – sia, karena Anda dapat mengetahui ROI yang diharapkan nantinya.

Dengan adanya internet di era modern seperti ini, membuat bisnis online menjadi ladang yang paling menguntungkan bagi enterpreneur. Menurut lim Fahima Jachja, CEO virtual consulting dalam acara peluncuran E- Commerce dan M-Commerce ( 12/9 ) mengungkapkan bahwa hasil dari survey payment solution di seluruh dunia bahwa Indonesia merupa negara dengan transaksi online tertinggi se asia pasifik.
Melihat hal ini, tidak salahnya jika kita mencoba memulai bisnis online untuk mencari penghasilan tambahan dan tidak menutup kemungkinan juga berbisnis online merupakan sumber penghasilan utama kita.
Berikut beberapa tips cara meningkatkan penjualan online Anda :

1. Niat Berbisnis Yang Baik
Pastikan niat Anda dalam berbisnis adalah memberikan keuntungan dan memberikan kepuasaan bagi pelanggan. Jangan pernah melakukan penipuan, karena itu akan memberikan efek negatif bagi diri Anda dan bisnis Anda lainnya.

2. Harga Relatif Murah
Memang sih tujuan kita berbisnis untuk mendapatkan keuntungan, tapi jangan pernah tergoda untuk mendapatkan keuntungan tinggi secara instant.Usahakan harga yang Anda berikan masuk akal. Dengan memberikan harga yang murah dan masuk akal dapat menjadi sarana awal untuk menjaring pelanggan tetap dan setia. Saat ini toko online murah merupakan kata kunci yang sering dicari oleh pembeli melalui search engine seperti google.
3. Jangan Terpaku Pada Satu Suplier
Lebih banyak suplier yang kita miliki akan lebih banyak barang yang bisa kita jual. Selain itu pembeli juga dapat memilih berbagai produk yang kita jual melalui toko online.

4. Manfaatkan Fans Page Facebook
Facebook dengan pengguna lebih dari 1 milyar di dunia bisa jadi salah salah satu strategi pemasaran kita. Di facebook kita dapat memanfaatkan fitur Facebook Commerce , yaitu fans page. Dengan fans page kita dapat lebih mudah mengelola bisnis yang kita jalankan. Fans Page juga menjadi salah satu media marketing yang dapat digunakan untuk mendapatkan calon pembeli yang tertarget.

5. Buka Kesempatan Menjadi Reseller
Jika toko online Anda sudah mulai berkembang, buka keempatan bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari produk yang kita jual, bisa dengan cara sistem reseller maupun dropship. Dengan adanya reseller dan dropship berarti kita memiliki affiliasi toko online yang dapat menunjang kinerja bisnis online kita nantinya.

Nah, semoga dengan adanya artikel ini sangat membantu Anda dalam mengatur bisnis yang Anda kelola dan Anda mengerti bagaimana cara meningkatkan penjualan online bisnis Anda. Sebenarnya ada berbagai macam cara, tapi disini saya hanya memberikan secara garis besarnya saja.
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment