Copywriting Cara Gendeng Meroketkan Omset Penjualan Toko Online Via Broadcast BBM

Copywriting Cara Gendeng Meroketkan Omset Penjualan Toko Online Via Broadcast BBM

Dear reseller dan marketer online yang dompetnya makin tebel , Amiinnn. Pada kesempatan ini Kami akan berbagi mengenai cara promosi broadcast BBM menggunakan teknik copywriting. Tips ini dibuat karena banyaknya reseller yang merasa kesulitan untuk melakukan promosi jualan melalui BBM. Padahal kontak yang ada di mereka bisa dikatakan cukup banyak, tapi konversi penjualan masih sangat rendah bahkan tidak ada sama sekali.

Sebelum memulai, kita pahami dulu apa sih yang dimaksud dengan teknik copywriting? Secara
bahasa sederhana, copywriting adalah teknik mempengaruhi pembaca menggunakan kata-kata agar
mau bertindak sesuai dengan harapan kita.

Menurut wikipedia, Copywriting is the use of words and ideas to promote a person, business, opinion or idea. Jadi pada dasarnya, copy writing merupakan tulisan biasa, yang dimanipulasi dengan teknik tertentu, sehingga orang yang membacanya memiliki kekuatan menggugah, baik logika maupun alam bawah sadarnya. Secara spesifik, copywriting adalah teknik mnghipnotis melalui tulisan agar pembaca mau membeli produk yang ditawarkan. Sudah paham kan?

Nah sekarang kita mulai deh, strategi broadcast BBM untuk meningkatkan penjualan toko online
Anda.

1. Jangan Terlalu Panjang
BBM itu media untuk chat atau ngobrol, bukan untuk berbagi novel fiksi. Jangan mengirimkan pesan
yang terlalu panjang, selain membosankan sudah pasti akan membuat si penerima pesan malas
untuk membacanya. Apalagiiiii.. broadcast yang di terima adalah promosi jualan onlineshop :(((
Rangkailah kalimat yang ringkas dan jelas. Langsung menuju topik yang ingin disampaikan. Pastikan
tulisan nyaman dipandang, gunakan spasi dan enter untuk tiap paragraf. Setiap paragraf usahakan tidak lebih dari 3 kalimat, yaaah maksimal 4 kalimat lah.

Selain jumlah kata dan kalimat, perhatikan juga pemilihan kata. Jangan menggunakan kata yang
tidak umum, sulit dimengerti oleh pembaca. Dan satu lagi, ini PENTING...!! jangan menggunakan
tulisan alay, karena itu akan M3mB1n9unGk4n d4n M3nYuL17Kan PeMb4Ca -__-

2. Jelaskan Manfaat dan Keunggulan
Jangan terburu-buru untuk langsung menjelaskan harga dan spesifikasi produk Anda. Tapi ungkapkan terlebih dahulu keunggulan dan manfaat dari produk Anda. Karena pada hakikatnya, seorang penjual harus bisa memberikan solusi kepada konsumen. Dan konsumen akan mendapatkan solusi itu jika produk yang Anda jual jelas manfaat dan kualitasnya.

Dalam menjelaskan manfaat bisa juga Anda menjelaskan dampak buruk jika pembeli tidak menggunakan produk Anda. Misalnya, Anda penjual obat herbal untuk penderita diabetes.

Maka sampaikan kepada mereka bahaya dari membiarkan diabetes yang mengurangi kenikmatan hidup.Secara naluriah alami, seorang manusia tentu menginginkan kenikmatan daripada kesengsaraan.

Dengan menjelaskan dampak buruk penyakit, itu berarti Anda sudah membantu mereka mengobati
atau menghindari kesengsaraan karena terjangkit penyakit.

3. Kalimat Pertama Sangat Menentukan.
Anda pernah menerima broadcast BBM kan? nah..ketika Anda masuk ke kategori chat, 3-4 kata pada
kalimat pertama pasti bisa dibaca oleh pemiliki BBM meskipun dia belum membukanya.

Celakanya, jika kalimat pertama Anda itu tidak
memberikan kesan, pastilah si pembaca akan langsung
"end chat" tanpa membuka terlebih dahulu isi BBM dari Anda. Mungkin Anda pun pernah
melakukannya kan, ketika tahu bahwa notifikasi masuk pada BBM Anda ternyata broadcast,
biasanya kita sudah enggan untuk membukanya apalagi untuk membaca isinya.
Oleh sebab itu, pilihlah kalimat awal yang tidak biasa dan dapat memicu rasa penasaran kepada si
pembaca. Tujuannya adalah agar si penerima broadcast mau untuk membuka chat bradcast dari
Anda.
"Lhaa kalau cuma dibuka tapi gak dibaca ya percuma donk?"
Tenaannng aja kakaaaks, itu akan kita bahas pada point selanjutnya. Lanjutkan saja untuk membaca tips ini sampai tuntas. Jika ada bagian yang masih belum dipahami, ulangi lagi sampai Anda benarbenar mengerti. Okey??

4. Kalimat Terakhir, Sesungguhnya Bukanlah yang Terakhir
Bingung baca sub judul point 3 ini? Hahahaa... mari kita kaji bersama. Maksud dari subjudul diatas
adalah, kalimat terakhir pada pesan broadcast Anda itu akan menjadi kalimat pertama yang  dibacaoleh penerima pesan ketika dia membuka isi chat dari Anda.

Coba perhatikan, saat Anda menerima broadcast BBM dari salah satu kontak Anda, kemudian Anda
membuka chat tersebut. Kalimat terakhir itu akan terbaca terlebih dahulu daripada kalimat
pertama, iyakan??
Oleh karenanya, pilih kalimat terakhir yang bisa memberikan rasa penasaran seperti pada kalimat awal. Sehingga pembaca mau scroll BBM katas dan membacanya. Tapi ingat, bedakan kata-katanya jangan dibuat sama persis, yaa terkecuali Anda lagi mentok ide.

5. Berikan Diskon Berbatas Waktu
Siapa sih yang gak suka dengan diskon, semua pembeli bahkan biasanya selalu minta diskon
meskipun produk yang akan dibelinya sedang tidak ada diskon. Iya kan?
Berikanlah potongan harga yang besarnya tergantung keberanian Anda memberikannya. Menurut
fakta di lapangan, diskon dibawah 10% itu tidak terlalu memberikan efek yang menggiurkan kepada
calon konsumen.

Berikan diskon 10-20% jika Anda kurang berani. Tapi gak ada salahnya memberikan diskon 50% juga, selama masih ada margin keuntungan yang diperoleh. Intinya sesuaikan diskon dengan margin
keuntungan Anda. Jangan sampai jualan tapi gak dapet untung. Kerja bakti itu namanya hehee.

Gak cukup cuma diskon, Anda harus memberikan batasan waktu. Misalnya diskon hanya untuk 3
hari kedepan. Dengan adanya batasan ini akan menggugah calon pembeli untuk bergegas melakukan
order. Apalagi jika produk yang Anda jual adalah produk yang fast moving, atau produk terlaris.
Tentu saja mereka tidak mau sampai kehabisan waktu dan kehabisan stock.

Nahh.. dari 5 tips diatas Kami berharap bisa memberikan pencerahan kepada Anda untuk
meningkatkan penjualan melalui broadcast BBM. Memang, tidak mudah untuk melakukannya. Anda
perlu latihan terus-menerus agar terbiasa dalam menyusun kalimat yang powerful dan bombastis
dalam mempromosikan produk jualan online Anda.

BINGUNG????
Jika masih bingung, berikut ini Kami berikan contoh kata-kata broadcast BBM menggunakan teknik
copywriting berdasarkan ketagori produk tertentu.

1. Produk Kesehatan
 
Awas!! Gizi buruk mengintai Anda.
Anda yakin setiap hari sudah mengkonsumsi makanan bergizi?
Anda yakin gizi yang diserap tubuh Anda sudah seimbang?
VITAMAX adalah suplemen gizi dengan kandungan terlengkap.
Memenuhi kebutuhan gizi Anda setiap hari.
Cocok untuk Anda yang super sibuk agar asupan gizi tetap terkontrol dengan baik.
Beli hari ini, dapatkan diskon 35% untuk semua varian.
Kami tunggu order Anda sampai pukul 17.00, stock LIMITED. jangan sampai
kehabisan!!
Info lebih lanjut PING!!! aja
“INGAT..! DISKON HANYA HARI INI”

Pilih Gizi terbaik, sayangi diri Anda dan keluarga.

2. Produk Fashion

Buat Kamu, Aku kasih Diskon Sekarang
Udah tau? fashion baju batik modern sedang sangat populer saat ini
dikalangan para selebriti. Bergaya dengan budaya Indonesia menjadi
kebanggaan para putri-putri bangsa.
Batik Busana, menyediakan koleksi baju batik trendy dengan harga
terjangkau.
Ooops, tunggu!! Jika Anda order sebelum tanggal 20 Juni 2014, dapatkan
diskon 50% untuk semua kategori batik casual. Minat? PING!!
Wanita pintar itu yg bisa tampil Cantik dan Anggun tapi ga pake
MAHAL!!
Fashionable, tp tetap disayang suami

Semoga contoh kata-kata promosi broadcast BBM diatas bisa memberikan bayangan yang lebih
nyata kepada Anda. Silahkan sesuaikan dengan produk yang Anda jual. Oiya.. mohon diingat bahwa
sebelum Anda melakukan broadcast, ganti dulu display picture dengan produk yang Anda tawarkan.
Jangan tunda..!!! Lakukan sekarang sebelum Anda lupa atau tidak sempat melakukannya. Simpan artikel ini sebelum saya hapus, agar bisa Anda baca lagi dikemudian hari.
Terima kasih
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment