MANFAAT FITUR LINE@ UNTUK JUALAN

OLEH ANDRE JURAGAN (disadur daei Ebook  ngroketin Omset lewat LINEat)

# BROADCAST MESSAGE
LINE@ UNTUK JUALAN
 Pada menu ‘Manage,’ klik tombol broadcast untuk masuk ke menu broadcast message. Berbeda dengan timeline post broadcast, yang akan mengirimkan pesan langsung ke chat personal followers Anda. Sedangkan timeline post, akan masuk pada timeline followers Anda.
 Menu ini untuk membuat broadcast message baru di LINE@. Sistem yang digunakan LINE@ adalah membuat sebuah template untuk kemudian di-broadcast. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan broadcast berulang kali dengan konten yang sama.
 Scheduled artinya message yang Anda set waktu kirimnya. Drafts adalah pesan yang sedang dalam perombakan dan sent adalah message yang sudah dikirim sebelumnya.

Perbedaan BC di Line@ Dengan BC di BBM
Jika di blackberry Messager, broadcast hanya bisa berupa teks. Kamu tidak bisa broadcast mengirimkan gambar. Dan lagi, teks broadcast di BBM berbeda dengan chat biasa. Setiap broadcast yang terkirim teks nya berwarna ungu.

Akhirnya, banyak juga customer yang enggan membaca broadcast Kamu. Karena mereka tahu notifikasi yang diterimanya adalah pesan broadcast. #nah Sedangkan di LINE@, Kamu bisa broadcast teks dan gambar sekaligus. Jadi enak banget nih untuk meningkatkan aware mereka ketika ada produk varian
baru toko online Kamu yang baru release. Kirim broadcast bergambar saja, maka mereka semua akan menerima gambarnya.

Dan broadcast di LINE@ berbeda dengan broadcast BBM. Di LINE@, pesan broadcast yang terkirim sama saja dengan pesan personal. Sehingga Kamu tidak perlu sungkan untuk membuat kalimat yang ditujukan secara personal. Misalnya begini : "Hai kak, lagi apa nih?"

Setiap customer yang menerimanya bisa saja tidak menduga bahwa pesan yang mereka terima sesungguhnya adalah pesan broadcast. Dan akhirnya apa, kemungkinan mendapatkan respon dari customer Kamu sangat tinggi sekali. Siap-siap aja jari keriting balas chat setiap habis broadcast. Hehehe Yuk Lanjut Ke Fitur Broadcast . . .
LINE@ UNTUK JUALAN
EDIT MESSAGE untuk mengatur kata-kata yang akan Anda kirimkan ke followers Anda. Setelah itu, Anda dapat save draft untuk menyimpannya terlebih dahulu atau submit untuk mengirimnya. RESERVE FOR SENDING berguna untuk timing waktu pengiriman POST TO HOME berguna untuk dikirim ke Timeline/Home. Jika non-aktif berarti dikirim ke chat, jika aktif berarti dikirim ke timeline. Posting ke timeline
hanya boleh satu balloon chat..
SAVE DRAFT berguna untuk menyimpan tanpa mengirim SUBMIT berarti posting sudah selesai..

Tips Mengirim Broadcast yang cantik
A. BC Bergambar
1. Siapkan Copywriting yang menarik
2. Kasih gambar/foto belakangan saja
> Karena dengan nempatin Foto belakangan pas kita kirim BC di Line@, notif pengiriman yang muncul adalah laporan pengiriman Foto/gbr.
> Kebanyakan orang pasti akan ‘kepo’ kalau mendapat pesan bergambar. . .”Gambar apa ini ya?” . . . setelah pesan dibuka, tampilan akan seperti gbr dbwh
> Jadi sebelum mereka melihat gambar pasti akan baca text BC nya dulu.
> Jadi sebelum mereka EndChat, minimal mereka membuka text kita 
LINE@ UNTUK JUALAN
A. BC Text
Notes :
 Di BC Line@. . . Kolom paling bawah itu yang akan muncul pertama kali di Notifikasi.
 Berbeda dengan BC di BBM. . .Orang tidak bisa membedakan mana BC, mana Chat biasa. Karena di BC Line@ tidak ada logo atau warna BC seperti yang ada di BBM.

Jadi apabila kirim BC berupa text pastikan kalimat terakhir adalah kata-kata/ kalimat yang bisa membuat orang-orang membuka BC kita. Misal: DISKON HARI INI, GRATIS, LUAR BIASA, dll dll. . .

# REPLY MODE
LINE@ UNTUK JUALAN
Ini adalah tampilan REPLY MODE.. 1-on-1 CHAT MODE berarti kita bisa melakukan chat dua arah, baik dari pengguna line@ ke pengguna line, atau sebaliknya.

AUTO REPLY MODE berarti pesan yang dikirimkan otomatis ke pengguna line, karena kita mematikan fitur 1-on-1 chat mode. Sebagai contoh, ada seseorang yang chat saya sesuatu menggunakan line@, maka pesan itu tidak akan saya terima jika saya matikan 1-on-1 chatmode, dan digantikan dengan auto reply message.

KEYWORD REPLY MESSAGE berarti pesan yang akan dikirimkan otomatis jika seseorang mengetik kata-kata kunci yang telah kita buat sebelumnya GREETING MESSAGE berarti pesan yang akan diterima seseorang sesaat setelah bergabung dengan akun kita secara otomatis.

1-on-1 CHAT MODE
Fitur ini digunakan saat Toko kamu masih sepi, kalo sudah ramai baru deh
seringin pakai Auto Reply.

Dengan Fitur ini kamu bisa langsung Chat dengan teman / customer , namun jika di OFF kan otomatis kamu akan masuk Auto Reply Mode. TIPS: Tentukan saja jam-jam tertentu untuk mengaktifkan 1 on 1 Chat Mode, saat kamu ada waktu luang untuk membalas chat customer

LINE@ UNTUK JUALAN

AUTO REPLY
Ini adalah tampilan layar dari AUTO REPLY.. Klik BASIC untuk bisa mengganti chat auto reply, atau klik CREATE NEW MESSAGE jika ingin buat baru.

Auto Reply adalah sebuah pesan yang kalau kamu setting orang kalau chat apa, jawabannya sudah dipersiapkan, apapun chet mereka.

Ini berfungsi saat toko kamu sedang TUTUP, atau kamu sedang tidak online di line@. Misal: “ Mohon Maaf saya sedang tidak bisa membalas pesan anda saat ini, tolong hubungi saya lagi pukul 20.00 WIB. Terimakasih  “





LINE@ UNTUK JUALAN
Yuh, coba kita aktifkan itur ini. . . Anggaplah klik BASIC, tampilan layarnya adalah sebagai berikut..
LINE@ UNTUK JUALAN
EDIT MESSAGE adalah pesan yang akan dikirimkan otomatis jika ada seseorang yang chat kita.
MANAGEMENT TITLE adalah judul auto replynya.
SPECIFY DATE AND TIME berarti kapan kita akan mengirimkan pesan itu, jika Non-Aktif berarti
pesan tersebut akan langsung dikirimkan sesaat setelah chat diterima.
Jangan lupa di SAVE.
LINE@ UNTUK JUALAN
Klik EDIT MESSAGE, maka akan muncul tampilan seperti ini..
Delete chat balon yang sudah ada dengan mengklik chat tersebut agak lama, kemudian pilih yang akan dihapus dan DELETE.
Ketik baru autoreply yang anda inginkan, lalu ketik SEND.
Anda bisa menambahkan sticker yang disediakan line.
Jika sudah selesai, ketik DONE.

Jika ada orang yang mengchat kita, maka seperti itulah yang akan diterima oleh mereka..
Kembali ke Menu Sebelumnya, yakni REPLY MODE.. Sekarang kita akan bahas Keyword Reply Message
LINE@ UNTUK JUALAN
KEYWORD REPLY berarti pesan yang akan dikirimkan otomatis kepada follower jika follower mengetik kata kunci yang telah disediakan.
Tampilannya ada di sebelah ini. Menambah baru klik ADD KEYWORD, kemudian EDIT REPLY MESSAGE.
Sesuai gambar, jika ada follower yang mengetik kata "paid promote", chat yang akan muncul adalah sebagai berikut.

Cara settingnya sama seperti dengan GREETING MESSAGE di atas
LINE@ UNTUK JUALAN
KEYWORD REPLY MESSAGE berfungsi untuk memisahkan mana pembeli yang serius, mana pembeli yang cuman nanya-nanya harga.
Kenapa kita capek-capek ngladenin pembeli yang cuman nanya-nanya harga, tapi saat kita tawarin mau beli ato kaga, malah ga dijawab T.T
LINE@ UNTUK JUALAN
Dengan memaksimalkan Fitur ini orang – orang yang pengen tahu dan nanya harga produk, mereka akan jadi tahu dengan sendirinya info produk yang kamu tawarkan dan mereka juga akan mendapatkan harganya langsung dari kamu.
Yuk, lebih jelasnya. . . liat gambar berikut:
TIPS : Cara Menyaring Konsumen
LINE@ UNTUK JUALAN
Keterangan:
1. Orang Nanya Info Harga lewat message Toko
2. Di Keyword Reply ini, kita Edit Reply Message seperti ini: “ Jika anda berminat dengan harga yang kami tawarkan, anda bisa dapatkan langsung dengan add link berikut ini: LINK “
3. LINK tsb di arahkan ke LINK CS kamu (line@ yang berbeda lagi). CS ini khusus melayani customer yang sudah tersaring. Customer yang serius beli
4. line@ CS tsb tidak menggunakan keyword Reply Message juga, karena langsung adminnya yang menjawab.

Keyword lain bisa ditambahkan dengan mengklik ADDITIONAL KEYWORDS
LINE@ UNTUK JUALAN
Kembali ke menu sebelumnya lagi, REPLY MODE. Ada satu yang belum dibahas, yakni GREETING MESSAGE. Greeting message adalah pesan yang dikirim sesaat setelah follower mengadd kita. Caranya sama, maksimal balloon chat adalah 5. Modify dengan klik agak lama chat tersebut, lalu pilih yang akan dihapus, lalu DELETE. Kalau sudah selesai klik DONE..
LINE@ UNTUK JUALAN
Dengan Greeting Message ini. . .begitu orang meng ADD / FOLLOW akun kamu, mereka akan langsung mengetahui ringkasan info Toko. Tentang produk yang dijual itu apa sih, juga bisa digunakan untuk menyapa langsung.
Misal dengan ucapan :
“ Halooo. . .terimakasih karena sudah memfollow akun kami . kami menjual produk ABC blb blb bla “
LINE@ UNTUK JUALAN

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment