Manfaat Pertemuan Offline

Manfaat Pertemuan Offline

Mengapa perlu mengikuti pertemuan offline (lebih umum disebut kopi darat atau kopdar)? Pertanyaan ini tidak tepat jika diberikan kepada blogger pemula yang belum pernah kopdar. Justru Anda yang sudah pernah bertemu face to face akan sepakat mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang ditawarkan acara kumpul-kumpul para blogger. Diantaranya adalah:
1. Ajang bertukar ilmu dan pengalaman seputar ngeblog.
Jika selama ini Anda banyak mengandalkan Google dan buku cetak sebagai referensi ilmu-ilmu tentang ngeblog, hal yang unik akan Anda dapatkan dari kopdar. Mungkin bukan berupa teks tertulis dengan struktur kata baku yang sering memusingkan kepala. Tetapi berupa tips dan trik kecil namun menjadi pemecahan masalah yang Anda alami.

2. Sarana menunjukkan eksistensi diri.
Ingatlah ilmu „Setiap Blogger Adalah Artis‟. Kopdar menjadi bukti keberadaan Anda. Misalnya Anda memajang sesi foto bersama ke dalam posting blog. Tanpa diminta, gambar tersebut seolah berbicara “Ini lho wajah blogger Sukabumi yang paling cakep di dunia dan akherat”. Apakah narsis? Memang iya. Tapi tidak masalah kok. Justru blogger yang tidak berani nampang di depan kamera yang biasanya bernyali ciut dan susah beranjak dari keterbatasan dirinya.

3. Membuka peluang bagi proses brainstorming yang efektif.
Saya sering mengalami luapan ide-ide penulisan saat mengikuti kopdar dengan rekan-rekan blogger Surabaya. Sudah dapat dipastikan saya selalu membawa buku catatan kecil sebagai pengingat poin-poin penting yang terlempar dari benak saya. Maka tak mengherankan begitu sampai rumah saya akan menjadi kesurupan menulis artikel blog. Mulai dari sekedar menceritakan rincian acara, sampai kepada hikmah terselubung yang tersisa dalam otak saya.

4. Media promosi yang efektif bagi bisnis Anda.
Bisnis dan pertemanan bedanya tipis sekali. Itu yang saya alami dalam pekerjaan offline. Tidak terkecuali dalam bisnis online. Dari percakapan ringan dengan sesama peserta kopdar sering saya dapati pertanyaan-pertanyaan kecil seputar jasa penulisan artikel yang saya geluti. Padahal saya belum memulai pembicaraan tentang hal itu lho. Keberanian menceritakan bisnis yang Anda tekuni setidaknya akan membuka peluang bagi datangnya order dari kawan blogger terdekat.

5. Meningkatkan motivasi ngeblog.
Meski Anda sudah sering bolak-balik mengunjungi beberapa blog dengan tema motivasi, namun saya yakin Anda belum sepenuhnya mendapat suntikan motivasi yang mampu menggerakkan langkah Anda ke dalam action nyata. Lain halnya jika Anda bertatap muka dengan kawan blogger. Hampir semua panca indera dilibatkan dalam interaksi ini. Plus penggunaan indera keenam bila Anda sadari.

6. Terbuka peluang bagi potensi bisnis online yang lain.
Pulang kopdar dan mendapat order proyek bisnis online? Apakah hal tersebut mungkin? Jawabnya: sangat mungkin. Ada kalanya para webmaster bergerilya dari mall ke mall untuk mendapatkan blogger berbakat yang mampu menjadi freelancer andal untuk menghandle layanan konsumen mereka.


Nah, itu baru beberapa manfaat yang terlihat dari pengamatan saya. Masih ada manfaat-manfaat lain yang bersifat pribadi dan ini bersifat optional. Misalnya: kopdar sebagai acara penghilang stress, ajang mencari jodoh, pencerahan spiritual, mendiskusikan hobby dan minat dan lain-lain.

Bagaimana mengetahui kalau ada acara kopdar? Disinilah kemampuan bergaul Anda diuji. Peran sosial media seperti Facebook dan Twitter menjadi penting dalam hal kemudahan penyebaran informasi. Jadi, kalau buka akun Facebook jangan cuma dipakai buat ngegame saja. Perhatikan juga informasi yang tertulis di timeline.

Nggak lucu dong kalau Anda beralasan nggak pernah ikut kopdar cuma karena alasan “Wah, sudah ada kopdar ya? Aku ketinggalan info nih…” Kalau mendengar komentar seperti itu, saya lebih suka menjawab ”Kemana aja loe, habis berburu dinosaurus ya?”

Hambatan yang umumnya terjadi kepada blogger pemula untuk ambil bagian dalam kegiatan kopdar adalah rasa minder, nggak pede, nervous ketemu master blogger dan sejenisnya. Mulai sekarang buang jauh-jauh racun pikiran tersebut. Mereka juga manusia sama seperti Anda yang membutuhkan interaksi timbal balik dan saling berkepentingan.

Percaya deh, begitu Anda sukses mengikuti kopdar pertama, saya yakin Anda akan ketagihan untuk mengikuti kopdar-kopdar berikutnya. Hal ini akan menjadi permulaan yang baik untuk melengkapi status Anda sebagai seleblogger yang tidak sekedar mengandalkan popularitas, tapi juga mampu menilngkatkan nilai tambah (added value) dan membawa manfaat bagi pengunjung blog Anda.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment